Taman Dewari Magelang menjadi salah satu tempat wisata bagi pecinta fotografi dan swafoto (selfie). Pesona hamparan bunga matahari dengan dominasi kuning memberikan kontras cerah dengan sekelilingnya yang berwarna hijau dan langit biru cerah. Penamaan Taman rekreasi ini diambil dari nama anak semata wayang pemilik.

Luas area taman  sekitar 2.800 meter persegi berisikan sekitar 8.000 tanaman bunga Matahari. Sejak dibuka untuk umum 10 Februari 2018, antusiasme wisatawan sangat tinggi. Kunjungan wisatawan berkisar 700-800 orang setiap harinya. Jumlah ini akan bertambah pada akhir pekan dan hari libur. Taman ini mengusung konsep unik dan kreatif selain taman bunga Matahari.

Harga Tiket Masuk Taman Dewari

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan Taman Bunga matahari ini tidak perlu membayar mahal. Harga tiket masuk ditawarkan mulai dari Rp10.000.

Harga Tiket Masuk Taman Dewari
Senin – MingguRp10.000

Baca: Hutan Pinus Kragilan Magelang Tiket & 10 Spot Selfie OK

Jam Buka Taman Dewari

Wisatawan bisa datang ke tempat ini setiap hari. Taman rekreasi ini buka dari pagi hingga sore hari.

Jam Buka
Senin – Minggu08:00 – 18:00 WIB

 Aktivitas Wisata di Taman Dewari

hamparan taman bunga matahari taman dewari magelang
Hamparan bunga Matahari Taman Dewari membuat wisatawan ‘tenggelam’ dalam pesonanya. Foto : Instagram/tamandewari

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan, pengunjung dapat berfoto di tengah ribuan tanaman bunga Matahari. Hal ini dimungkinkan karena disediakannya jalan setapak di sepanjang taman. Di beberapa titik juga tersedia bangku-bangku yang bisa digunakan sebagai atribut foto.

Tinggi tanaman bunga Matahari yang mencapai tinggi badan orang dewasa, membuat pengunjung dikelilingi bunga seolah tenggelam di dalamnya.

1. Taman Kitiran

Pada season 4, tepatnya sejak 13 Oktober 2018 Taman Dewari menghadirkan taman kitiran (kincir angin). Tersedia sekitar 10.000 kincir angin plastik beraneka warna. Saat angin berhembus, semua kincir angin akan berputar bersama dalam hamparan lahan yang begitu luas.

taman kitiran di taman dewari magelang jawa tengah
Sekitar 10.000 kitiran terhampar beraneka warna area taman. Foto : Instagram/tamandewari

Kincir warna-warni ini disusun sesuai warna sehingga menjadi bentuk matahari, pelangi, dan juga bentuk hati dengan gradasi warna. Menghampar pada lahan yang luas, ribuan kincir angin memenuhi dengan warna yang bervariasi. Di tengah taman kincir ini berdiri tegak kincir angin kertas raksasa.

Di sudut-sudut taman tersedia panggung kayu dan saung-saung. Sekeliling taman adalah area luas dengan hijaunya persawahan yang kontras dengan warna-warni kincir.

Taman Dewari juga menjadi taman kincir angin pertama dan terbesar di Indonesia. Bahkan disebut-sebut terbesar se-Asia Tenggara. Konsep yang unik dan sajian spot foto instagrammable membuat daya tarik tersendiri bagi taman rekreasi ini.

Baca: GEREJA AYAM Bukit Rhema Tiket & 5 Aktivitas Pilihan

2. Spot Foto Panggung Kayu

spot foto panggung kayu taman dewari
Wisatawan bisa memandang seluruh taman sekaligus berswa-foto di panggung kayu Taman Dewari. Foto : Instagram/tamandewari

Area ini menyediakan spot foto berupa panggung yang terbuat dari kayu dan bambu. Untuk mengaksesnya, kita dapat menaiki beberapa anak tangga. Di sana kita dapat berfoto dengan latar hamparan kebun bunga matahari yang luas. Dari tempat ini juga bisa mengambil latar hamparan kincir angin warna-warni.

3. Spot Foto Perahu Kertas

spot foto perahu kertas
Spot foto Perahu Kertas ini menarik bagi keluarga dan anak-anak untuk berfose. Foto : Instagram/tamandewari

Taman Dewari dapat menjadi salah satu tujuan wisata keluarga. Pengunjung dapat membawa serta keluarga dengan anak-anak untuk berlibur dan bersantai. Pengunjung bisa berpose dengan spot foto berbentuk perahu kertas.

Spot foto ini berada di antara hamparan kincir angin dengan latar hamparan persawahan dan jajaran pepohonan kelapa. Anak-anak tentunya akan sangat menyukai spot foto yang satu ini.

Baca: Candi Borobudur Magelang Tiket & 4 Aktivitas

4. Spot Foto Rumah Warna-warni di Taman Dewari

rumah warna warni
Rumah Warna-warni ini menjadi spot foto unik. Foto : Instagram/tamandewari

Taman Dewari dibangun berdasarkan kegemaran pemiliknya berburu spot foto bersama keluarga. Sehingga terciptalah ide untuk menciptakan spot foto baru di ladang milik  keluarganya.

Salah satu spot yang ada dalam taman rekreasi ini adalah Rumah Kertas Warna-warni. Pada spot ini tersedia tempat duduk dengan latar rumah kertas warna-warni yang dapat menjadi spot foto yang menarik.

5. Kuliner di Dapur Dewari

Tahun lalu Taman ini juga menyediakan wisata kuliner di Dapur Dewari sebagai tempat makan dan minum. Di sini pengunjung dapat menikmati menu nikmat sambil menikmati pemandangan taman kitiran dan hamparan bunga matahari.

Baca: PUNTHUK SETUMBU Magelang Tiket & 5 Aktivitas Top

6. Belanja Souvenir

Layaknya tempat wisata lain, di taman ini pun menyediakan kenang-kenangan bagi pengunjungnya. Tersedia berbagai souvenir berupa kaos, stiker, gantungan kunci, hingga biji bunga matahari. Bahkan dengan pembelian souvenir kaos, pembeli dapat memasuki area taman dengan gratis.

Dilansir dari media sosial resminya, Taman Dewari saat ini tutup untuk mempersiapkan season baru dengan variasi tema baru. Hal ini tentunya akan jadi kejutan patut dinanti.

Lokasi Tempat Wisata

Taman rekreasi ini terletak di Kradenan, Desa Baturono, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56484. Lokasinya berada sekitar 10 km dari taman wisata Candi Borobudur. Kontak lebih lanjut silakan mengikuti sosial media Instagram @tamandewari.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.