TAMAN KYAI LANGGENG Tiket & Wahana Februari 2024

TAMAN KYAI LANGGENG

  • Harga Tiket Masuk: Rp40.000
  • Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: 02933192642 / +6282325050444
  • Alamat: Jl. Cemp. No.6, Kemirirejo, Magelang Tengah, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56122

Wisata alam memang tak ada habisnya menarik pesona setiap insan. Begitu pula dengan Taman Kyai Langgeng, wisata alam yang ada di Magelang. Dengan luas 27,36 Ha, taman ini menjadi salah satu yang terbesar di Magelang.

Aneka koleksi pohon langka dan setengah langka menjadi keunikan yang ditawarkan taman wisata ini. Selain itu pemandangan Gunung Sumbing menjadi bagian eksotis yang tak ternilai. Meski dibangun pada tahun 80an, taman ini terus berkembang dan menjadi primadona.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang berkunjung ke taman rekreasi ini akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp40.000. Tiket masuk tidak dibedakan berdasarkan hari kedatangan. Harga tiket masuk akhir pekan sama dengan tiket masuk hari biasa.

Jenis Tiket Harga Tiket
Tiket MasukRp40.000
Komidi Putar, Taman SatwaRp5.000
Flying Fox, Dragon Coaster, Omah Terwelu, Shinkansen, Anjungan Dirgantara, Bioskop 6 Dimensi, Kereta AirRp10.000
Kolam Renang, Jurang KacaRp15.000
UFO Car Weekday / WeekendRp15.000 / Rp20.000
Harga Tiket Masuk Taman Kyai Langgeng

Baca: KETEP PASS Magelang Tiket Masuk & Pesona

Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian pengunjung: 

  • Anak usia 3 tahun ke atas wajib memiliki tiket masuk.
  • Harga tiket masuk mendapat gratis wahana: Bianglala, Sepeda Air, Becak Mini, Sepur Mini, Komidi Layang, Omah Arwana, Ecopark Tower, Mahhon River View.

Jam Buka

Taman ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Wahana Seru

Dalam perkembangannya ke depan, taman ini juga akan dijadikan sebagai paru-paru kota. Hal ini tak lepas dari konsep hutan buatan dengan fasilitas penunjang untuk pengunjung. Tak hanya menyuguhkan keindahan alam, Taman Kyai Langgeng juga memiliki berbagai wahana permainan.

Wahana-wahana tersebut digolongkan menjadi beberapa tema, seperti petualangan, edukasi, air hingga religi. Dengan adanya wahana ini, taman rekreasi ini sangat pas dikunjungi bersama keluarga. Beberapa aktivitas rekreasi yang bisa dilakukan di taman ini antara lain:

Wahana Theme Park

wahana roller coaster
Salah satu wahana paling seru di Taman Kyai Langgeng yaitu Roller Coaster. Foto: Google Maps/ Sih Widyatmo

Selain berbagai wahana air dan edukasi di taman rekreasi ini juga tersedia berbagai permainan. Ada Roller Coaster, Komidi Putar, Ferris Wheel, Sepeda Udara, boom-boom car dan masih banyak lagi.

Meskipun rata-rata berukuran tidak terlalu besar namun sangat layak untuk dicoba. Tidak saja menguji adrenalin pengunjung namun juga akan menghibur.

Edukasi Tanaman Langka

Disebutkan di atas bahwa wahana di Taman Kyai Langgeng terbagi menjadi beberapa jenis. Tanaman langka tergolong sebagai wahana edukasi di taman wisata ini. Ratusan tanaman asli Indonesia yang menjadi koleksi di sini sebagian besar termasuk langka.

Saat ini tengah dilakukan pengembangan untuk dijadikan sebagai taman tematik. Areanya yang luas membuat banyak tanaman tersebar di seluruh taman. Luasnya area ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai penelitian serta edukasi bagi pengunjung.

Wahana Anjungan Dirgantara

wahana pesawat terbang di taman kyai langgeng
Bagi yang ingin melihat interior pesawat sampai ke kokpit bisa berkunjung ke wahana pesawat di taman wisata ini. Foto: Google Maps/edi pramono

Di dalam anjungan, pengunjung bisa melihat langsung kokpit, kabin penumpang hingga black box. Yang lebih mengasyikkan, efek suara mesin pesawat juga bisa dirasakan pengunjung. Tak perlu khawatir kepanasan di dalam pesawat, sebab sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan.

Untuk bisa menikmati wahana Anjungan Dirgantara ini, pengunjung diharuskan membayar tiket lagi. Harga tiketnya cukup terjangkau. Waktu operasional wahana ini juga dibatasi sampai jam 15.00 sore saja.

Baca: Candi Borobudur Tiket Masuk & Aktivitas Wisata

Melihat Hewan Di Taman Satwa

taman satwa burung merak
Burung merak salah satu koleksi di taman satwa, selain berbagai spesies lain. Foto: Google Maps/Rizal Eka

Masih wahana edukasi, selain tanaman langka dan anjungan dirgantara, ada juga taman satwa. Banyak hewan asli nusantara yang bisa dijadikan edukasi dalam rangka memperluas pengetahuan. Pengunjung bisa berinteraksi dengan beberapa satwa untuk diajak foto bareng.

Di lokasi ini terdapat kolam terapi ikan yang cukup manjur untuk relaksasi pengunjung. Masuk ke taman satwa juga dikenai biaya khusus. Sedangkan untuk jam operasional-nya mulai jam 09.00 – 16.00.

Baca: Punthuk Setumbu Magelang Tiket Masuk & Aktivitas

Wahana Water Park

water park di taman kyai langgeng dengan berbagai wahana
Salah satu area rekreasi bertemakan permainan air dengan berbagai jenis peluncuran. Foto: Google Maps/SM Sarah

Bermain air di water boom merupakan keasyikan tersendiri, terlebih bagi anak-anak. Untuk bisa mencoba water boom di sini, pengunjung akan dikenakan biaya tiket diluar tiket taman.

Di water park ini wisatawan bisa mencoba berbagai wahana permainan air. Mulai dari peluncuran lurus, spiral hingga berbagai kolam renang. Tidak hanya untuk anak-anak untuk dewasa pun bisa ikut bermain di water park Taman Kyai Langgeng.

Baca: Hutan Pinus Kragilan Tiket Masuk & Spot Selfie

Wahana Becak Air

Becak air di danau
Bermain becak air di danau bisa menjadi salah satu hiburan ketika berkunjung ke taman rekreasi ini. Foto: Google Maps/Aban Marhaban

Becak air termasuk dalam wahana bertema air di Taman Kyai Langgeng Magelang. Pengunjung yang ingin mencoba becak air tidak dikenai biaya tambahan alias gratis. Becak air ini berbentuk angsa dan bisa dinaiki satu hingga dua orang.

Meski keringat bercucuran, namun mengayuh becak air ini cukup mengasyikkan. Terlebih jika dinikmati bersama pasangan, keluarga atau-pun sahabat. Mengayuh becak sambil menikmati pepohonan rindang sekitar tentu menimbulkan kesenangan tersendiri.

Baca: Wisata Posong Temanggung Tiket Masuk & Aktivitas

Wahana Water Ball

Wahana yang termasuk dalam permainan bertema air berikutnya adalah water ball. Water ball merupakan bola besar yang bisa dimasuki seseorang, kemudian diletakkan di air. Pengunjung cukup berjalan atau menggerakkan bola dari dalam untuk menikmati permainan ini.

Dengan mencoba permainan ini, pengunjung akan merasakan sensasi berjalan di atas air.

Fasilitas

Fasilitas pendukung yang disediakan pengelola termasuk lengkap. Dimulai dengan area parkirnya yang luas, sehingga bisa menampung dalam jumlah banyak. Terdapat pula mushola, toilet, kedai suvenir hingga wifi gratis bagi pengunjung.

Lokasi dan Kontak

Menemukan lokasi taman ini tidaklah sulit, karena berada dekat dengan Kota Magelang. Alamatnya: Jl. Cemp. No.6, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122. Untuk  pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi (0293) 3192642.

Berikan Rating

4.3 - 55 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: