TAMAN HUTAN KOTA PENJARINGAN Area Asri ada Labirinnya Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Taman Hutan Kota Penjaringan: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Kepanduan II, RT.7/RW.16, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia, 14450

Taman Hutan Kota Penjaringan merupakan area terbuka hijau yang cukup terkenal di ibu kota. Memang sesuai namanya taman ini layaknya hutan dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh rimbun. Tak salah jika taman dengan luas hampir 14 hektar ini disebut sebagai paru-paru Kota Jakarta.

Selain areanya yang teduh beragam daya tarik juga ada di taman kota ini. Mulai dari lintasan joging sampai adanya labirin yang unik. Banyak pula aktivitas yang dapat pengunjung lakukan di lokasi tersebut. Baik sekadar bersantai, olahraga, maupun main dengan anak.

Harga Tiket

Taman kota ini tidak membebankan pengujung dengan tiket masuk atau gratis. Cukup siapkan uang parkir jika membawa kendaraan.

Harga Tiket
Tiket MasukGratis
Parkir2.000

Baca: HUTAN KOTA GBK Tiket, Jam Buka & Daya Tarik

Jam Buka

Tidak ada jam operasional yang berlaku di Taman Hutan Kota Penjaringan. Taman ini terbuka bagi selama 24 jam setiap harinya, sehingga bisa datang kapan pun. Jam terbaik mengunjungi taman ini ialah di pagi hari atau sore hari. Di saat matahari tidak terlalu terik agar bisa menikmati kesejukan udara sambil joging.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Wisata Populer Jakarta

Daya Tarik Taman Hutan Kota Penjaringan

Pemandangan taman hutan kota penjaringan
Suasana asri begitu terasa di sekitar area taman. Foto: google maps/Gusti Myono

Daya tarik utama dari hutan kota ini adalah suasananya yang sangat asri. Hampir setiap sudut taman berwarna hijau karena penuh dengan beragam jenis pepohonan. Bahkan pengunjung yang terbiasa tinggal di ibu kota, akan merasakan sensasi berbeda. Sensasinya seperti bukan berada di kota metropolitan, melainkan di pedesaan yang segar.

Taman Cocok Sebagai Tempat Berolahraga

Area tamannya yang luas cocok sebagai lokasi olahraga. Apalagi di taman ini sudah dilengkapi lintasan joging beralas paving block. Di pinggiran jogging track tumbuh rerumputan hijau dan pohon yang menyejukkan mata. Pohonnya rindang sehingga pengunjung yang jogging tidak akan merasa kepanasan.

Taman Hutan Kota Penjaringan juga sering menjadi pilihan area senam bersama. Hal itu karena tersedianya tanah lapang di area taman yang mampu menampung banyak peserta. Lokasi tersebut memang sangat cocok untuk menunjang aktivitas warga mencari kebugaran.

Baca: SENAYAN PARK Tiket Gratis Wisata Danau & Skywalk

Menyenangkan Untuk Tempat Bermain

Di taman ini juga menjadi tempat yang seru bagi anak-anak untuk bermain. Karena selain luas, taman ini juga lengkap dengan permainan ayunan. Fasilitas ayunan di Taman Hutan Kota Penjaringan yang tersedia sejumlah 4 buah. Selain main ayunan, anak-anak juga bisa membawa sepeda untuk bermain di taman ini.

Labirin di Taman Hutan Kota Penjaringan

Labirin Taman Hutan Kota Penjaringan-Nanang Samsir
Labirin yang terbuat dari susunan pohon pucuk merah. Foto: google maps/Nanang Samsir

Setelah berjalan 300 meter dari pintu masuk taman, wisatawan bisa melihat labirin cantik. Labirinnya terbuat dari rangkaian pohon pucuk merah pada area seluas 1000 meter persegi. Pemilihan tanaman hias berjenis pucuk merah sebagai tembok labirin adalah hal tepat. Karena tanaman hias tersebut akan menghasilkan corak warna yang cantik.

Labirin tersebut seru apabila dijadikan tempat bermain petak umpet. Namun tidak perlu takut tersesat sebab telah tersedia menara pengawas di luar labirin. Fungsinya untuk memantau situasi taman labirin dari atas.

Baca: TAMAN SAMBAS Taman Unik Banyak Wahana

Piknik di Taman Hutan Kota Penjaringan

Piknik di Taman Hutan Kota Penjaringan-Hotcamel Channel
Piknik bisa menjadi aktivitas seru selama berada di taman ini. Foto: google maps/Hotcamel Channel

Luasnya kawasan taman sangat cocok menjadi pilihan untuk kegiatan piknik dengan keluarga, sahabat, atau pasangan. Namun bila hendak melakukan piknik wisatawan perlu membawa alas sendiri berupa tikar atau karpet. Wisatawan bisa membawa makanan dari luar karena tidak ada pedagang di taman. Sebenarnya pada taman tersebut kurang fasilitas kursi sehingga pengunjung hanya lesehan di atas rumput.

Taman Terawat dan Nyaman

Jalan setapak di area taman
Tanaman dan pepohonan di dalam taman yang sangat terawat. Foto: google maps/Mitzya Talogo

Taman Hutan Kota Penjaringan dibangun di tahun 2010 dan rutin dirawat kebersihannya. Ada puluhan petugas kebersihan berbaju hijau yang siap siaga membersihkan taman. Kebersihan yang baik membuat pengunjung akan betah berlama-lama.

Ada juga petugas keamanan yang menjaga taman dari masuknya beberapa gangguan. Perihal seperti pedagang liar ataupun pengamen tidak akan pengunjung temukan di dalam taman. Sehingga area taman terasa sangat nyaman untuk bersantai.

Akses Masuk

Taman Hutan Kota Penjaringan memiliki akses masuk yang tersembunyi dari jalan utama. Letak taman berada di dekat pintu tol agak masuk ke dalam. Tepat di bawah kolong jalan layang Simpang Susun Tol Penjaringan. Sehingga pengunjung taman dapat melihat jelas kendaraan di jalan tol yang menuju ke Bandara.

Taman ini juga terletak di dekat aliran sungai. Untuk menuju ke sana, bisa dari seberang Kalijodo mengikuti jalan samping kali melewati perkampungan. Berkunjung ke taman ini lebih enak membawa motor. Karena jika membawa kendaraan besar seperti mobil, akses jalan agak sempit.

Fasilitas

Area taman sudah tersedia berbagai fasilitas misalnya musala untuk beribadah hingga toilet. Kemudian terdapat aula/pendopo untuk menggelar acara seperti buka puasa bersama, dan lainnya. Terdapat tempat parkiran bagi kendaraan mobil dan motor. Selain itu tersedia tempat sampah agar pengunjung tertib membuang sampah.

Lokasi Taman Hutan Kota Penjaringan

Hutan kota ini berlokasi di Jalan Kepanduan II, RT.7/RW.16, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Ulasan Pembaca

4.6 - 25 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *