Beranda Tiket Wisata

KEBUN TEH KALIGUA: Tiket & Aktivitas - Februari 2021

Kebun Teh Kaligua Harga Tiket: Rp20.000 Jam Buka: 10.00 - 15.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Kaligua No.6, Sawah,Ladang, Ragatunjung, Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia, 52276.

Kebun Teh Kaligua adalah area perkebunan yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Kebun teh seluas lebih dari 600 hektare ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX atau PTPN IX. Area perkebunan ini merupakan daya tarik utama dari Kawasan Agrowisata Kaligua.

Kebun Teh Kaligua menawarkan pengalaman tea walk atau berjalan mengelilingi area kebun teh. Di ketinggian hingga 2.050 mdpl, wisatawan dapat menikmati hawa sejuk lereng Gunung Slamet. Selain panorama yang indah, kebun teh ini juga melengkapi sejumlah fasilitas penunjang lainnya. Sehingga, Agrowisata Kaligua bisa jadi pilihan yang tepat sebagai destinasi berlibur keluarga.

Tiket Masuk Kebun Teh Kaligua

Kebun Teh Kaligua berada dalam kawasan agrowisata. Pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga 20 ribu rupiah untuk satu orang. Fasilitas lainnya yang tersedia di dalam area Kaligua menerapkan tarif tiket berbeda namun tetap terjangkau.

Tiket Masuk
Harga Tiket MasukRp20.000
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp5.000
Camping GroundRp25.000
Sewa KostumRp5.000 – Rp15.000
Odong-Odong per orangRp2.000
GuideRp25.000 – Rp50.000
Wisma penginapanmulai dari Rp300.000 atau Rp50.000 per orang

Baca: 7 Destinasi Wisata Terbaik di Brebes

Jam Buka

Objek wisata yang dikelola PT Perkebunan Nusantara IX ini dibuka setiap hari untuk umum. Di siang hari, biasanya area perkebunan akan ditutupi oleh kabut yang turun.

Jam Operasional
Setiap Hari10.00 – 15.00 WIB

Sejuknya Kebun Teh Kaligua

Agrowisata Kaligua di kawasan kaki Gunung Slamet
Kawasan Agrowisata Kaligua menempati daerah Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah – Foto: Google Maps / gazkart ben beckmann

Salah satu komoditi utama Indonesia sejak zaman dahulu ialah teh. Kawasan dataran tinggi Indonesia yang subur sudah lekat dengan keberadaan perkebunan teh. Bahkan, ada beberapa perkebunan yang sudah dikelola sejak pendudukan Belanda. Salah satunya ialah Kebun Teh Kaligua yang berada di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Objek wisata perkebunan teh ini dikelola oleh PTPN IX. Di bawah nama Agrowisata Kaligua, kebun teh ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang instagrammable. Wisatawan juga diajak untuk belajar tentang pengolahan teh pada ahlinya langsung. Di samping itu, masih banyak lagi kegiatan dan wahana rekreasi yang bisa dinikmati.

Baca: WADUK MALAHAYU Tiket & Ragam Wahana

Panorama Dataran Tinggi

suasana saat kabut mulai turun di kawasan Kebun Teh Kaligua
Kebun teh yang berada pada ketinggian 1.200 hingga 2.050 mdpl ini diselimuti udara dataran tinggi yang sejuk dan asri – Foto: Google Maps / Ihza Iskandar Yusuf

Berbicara tentang Kebun Teh Kaligua, tidak mungkin jika tidak membahas panorama alamnya. Kebun teh ini berada di kawasan lereng sebelah barat Gunung Slamet. Area perbukitan yang subur ini ditanami teh sejak zaman Belanda. Produksi teh jadi salah satu andalan bagi Kabupaten Brebes kala itu.

Berdiri di lahan seluas 600 hektar lebih, areanya menyajikan pemandangan mempesona. Sejauh mata memandang, yang terlihat adalah hamparan hijau dedaunan teh yang menyegarkan mata. Tidak salah jika berkunjung kemari untuk relaksasi jiwa dan raga.

Kebun Teh Kaligua juga terhampar dari ketinggian bervariasi 1.200 – 2.050 mdpl. Suhunya di musim kemarau bahkan bisa mencapai 4 derajat celcius. Pengunjung sudah tentu akan mendapatkan hawa sejuk dan dingin yang menggigit. Bonusnya, pada cuaca tertentu area perkebunan ini semakin cantik karena diselimuti kabut.

Baca: WADUK PENJALIN Wisata Selfie di Brebes

Edukasi Budidaya Teh

petugas memberi penjelasan seputar teh Kaligua pada pengunjung
Pengunjung tidak hanya bisa menikmati kegiatan rekreasi alam tetapi juga mendapatkan ilmu seputar dunia teh – Foto: Google Maps / Agro Wisata Kaligua

Berkunjung ke Kebun Teh Kaligua, jangan hanya asyik memanjakan mata. PTPN IX juga memberi kesempatan bagi pengunjung yang ingin belajar pengolahan teh. Pemandu wisata akan dengan senang hati menjelaskan tahap-tahap budidaya teh di Kaligua.

Pengunjung akan diajak melihat proses dan mencoba langsung memanen daun teh di kebun. Rangkaian wisata edukasi ini mencakup persiapan benih, pemeliharaan tanaman, panen, hingga pengolahannya. Pengunjung bisa berkeliling pabrik teh dan melihat proses pembuatan teh hingga siap konsumsi. Teh Kaligua juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh, lho!

Baca: Hutan Mangrove Brebes Tiket & Aktivitas

Destinasi Liburan Keluarga

Pemandangan dari penginapan di Kebun Teh Kaligua
Wisatawan bisa bermalam di beberapa pilihan wisma maupun homestay yang ada – Foto: Google Maps / Agro Wisata Kaligua_2

Kebun Teh Kaligua tidak hanya tentang ‘objek wisata instagramable‘. Lebih dari itu, Kaligua menawarkan tempat berlibur bagi semua kalangan. Objek wisata ini menyajikan aneka wahana dan aktivitas yang bisa dijajal bersama teman maupun keluarga. Salah satunya adalah kolam renang air hangat yang nyaman.

Bagi yang ingin bermalam, Agrowisata Kaligua juga menyediakan beberapa pilihan wisma untuk menginap. Harga wisma-wisma ini bervariatif, namun semuanya menyajikan pemandangan kebun teh yang indah. Selain wisma, warga setempat juga menyediakan jasa homestay. Bagi yang ingin lebih menyatu dengan alam, tersedia juga area berkemah.

Baca: TUK BENING & Goa Jepang Brebes Tiket & Ragam Pesona

Banyak Pilihan Wahana

kolam dengan gazebo dan gardu pandang Kaligua
Kebun Teh Kaligua bisa jadi tujuan untuk rekreasi keluarga yang menarik karena perpaduan suasana alam dan fasilitas yang tersedia – Foto: Google Maps / Misbahus Surur

Selain kebun teh, masih banyak daya tarik lainnya di Agrowisata Kaligua. Pengunjung bisa mencoba aktivitas menantang seperti flying fox atau bersepeda melintasi kebun teh. Bisa juga menyewa kostum pemetik teh dan berfoto di tengah area perkebunan.

Di bagian bawah perkebunan, terdapat Gua Jepang yang bersejarah. Wisatawan bisa merasakan suasana mencekam di gua yang dijadikan penjara itu. Bagi yang tertarik dengan agrikultur, wisata kebun mungkin jawaban yang pas. Wisatawan dapat menilik edukasi tanaman dataran tinggi seperti stroberi dan aneka tanaman hias.

Fasilitas Kebun Teh Kaligua

Fasilitas di Agrowisata Kaligua meliputi fasilitas umum dan rekreasi. Beberapa fasilitas umum terdiri dari area parkir, toilet umum, restoran, aula, panggung, mushola, serta unit pelayanan kesehatan. Sedangkan untuk fasilitas rekreasi berupa sarana dan prasarana yaitu wisma, kolam renang air hangat, area camping, area outbond, gardu pandang, hingga lapangan olahraga.

Agrowisata Kaligua juga menyediakan berbagai paket wisata dan jasa untuk melengkapi pengalaman rekreasi. Wisatawan bisa memilih paket wisata edukasi, family gathering, sejarah dan budaya, atau outbond. Tersedia pula penyewaan kostum untuk berfoto dan angkutan odong-odong untuk ke Gua Jepang.

Akses & Lokasi Kebun Teh Kaligua

Agrowisata Kaligua terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Objek wisata ini berada sekitar 75 kilometer dari pusat Kota Brebes. Wisatawan bisa kemari melewati rute Bumiayu yang berjarak 15 kilometer. Rute lainnya yaitu melalui Paguyangan berjarak sekitar 10 kilometer.

Kondisi jalan desa menuju Kaligua tergolong baik. Namun, jalan mendekati gerbang masuk kawasan wisata tidak terlalu mulus. Jalan ini berlapis batu kasar dan konturnya terus-menerus menanjak meski landai. Gunakan mobil atau motor yang cocok dan dalam kondisi prima untuk menghindari masalah kendaraan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini