Beranda Tiket Wisata

Waduk Penjalin Wisata Selfie di Brebes - Februari 2020

Tgl. Update:Kamis, Desember 19, 2019
Waduk Penjalin Harga Tiket: Gratis/Sukarela Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jalan Raya Waduk Penjalin 41, Winduaji,Paguyangan,Brebes,Jawa Tengah,Indonesia,52276.

Objek wisata buatan tidak melulu hanya mengedepankan wahana berfoto saja. Pemandangan alam pun bisa menjadi latar objek wisata yang menghibur wisatawan. Seperti halnya Waduk Penjalin yang ada di Brebes, Jawa Tengah.

Waduk selain berfungsi sebagai pengairan, juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Keindahan alam di sekitar waduk menambah daya tarik wisata ini. Apalagi ditambah dengan ornamen dan berbagai spot foto menarik. Tak heran, wisatawan tidak ada habisnya berkunjung objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Waduk Penjalin

Waduk ini semakin ramai dikunjungi warga. Meski begitu, tiket masuk tetap digratiskan. Pengelola hanya menyediakan kotak untuk dapat dimasuki uang seikhlasnya.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis/sukarela

Baca: Hutan Mangrove Brebes Tiket & Aktivitas

Jam Operasional

Objek wisata ini buka setiap hari sepanjang hari. Meski begitu, pengunjung hanya ramai di pagi hingga sore hari. Ditambah lagi, pemandangan kawasan wisata ini akan semakin indah di kala pagi dan sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Pesona Keindahan Waduk Penjalin

Lingkungan Waduk yang Bersih dan Indah
Lingkungan Waduk yang Bersih dan Indah. Foto: Gmap/Anggestu Naufal Kurnia Aji

Baca: Caping Park Purwokerto Tiket & Wahana

Waktu yang tepat mengunjungi objek wisata ini adalah di pagi hari. Kabut yang menyelimuti kawasan waduk membuat suasana semakin mistis namun begitu indah. Pengunjung dapat menyaksikan indahnya mentari yang mulai muncul dan memancarkan sinarnya. Yang perlahan mulai menyapu kabut dan menggantinya dengan pemandangan alam nan cerah.

Matahari semakin naik, semakin tampak keindahan Waduk Penjalin. Air danau begitu jernih, tampak kehijauan dari kejauhan. Pepohonan yang tumbuh mengelilingi danau tak kalah indahnya. Bayangannya memantul di perairan danau, ditambah langit biru yang juga tampak di permukaan danau.

Waduk ini juga dikelilingi oleh pegunungan yang berjajar dengan kokoh bak benteng. Sesekali, terdengar suara burung berkicau, bersahut-sahutan dengan kawanannya, terbang rendah dari ranting ke ranting. Permukaan danau pun tampak sedikit bergoyang, pertanda ikan yang menengok permukaan. Seolah sedang mengintip daratan dari dunia air.

Tangga Pelangi Ikon Waduk Penjalin

Tangga Pelangi Waduk Penjalin
Tangga Pelangi Waduk Penjalin. Foto: Gmap/Maulida Adawiyah

Baca: WISATA BATURRADEN 14 Area Wisata Unggulan

Tidak lengkap rasanya jika datang ke Waduk Penjalin tanpa berfoto di tangga Pelangi. Tangga Pelangi merupakan tangga yang digunakan untuk menuju ke Waduk. Di tangga ini, telah dihias sedemikian rupa hingga tampak begitu cantik. Bagian kanan dan kiri tangga dicat berwarna-warni.

Tangga pun dilengkapi dengan pegangan dari besi yang kuat. Membantu pengunjung untuk berpegangan ketika naik atau menuruni tangga. Pegangan ini berwarna biru, sangat cocok dengan warna langit. Ditambah lampu-lampu jalan dipasang di kanan kiri tangga, membuatnya tampak terang di malam hari.

Menurut pengelola, Tangga Pelangi ini terinspirasi dari Jembatan Pelangi di Purbalingga. Kemudian diterapkan di sini sebagai ikon wisata waduk ini. Sejak dibuka pada tahun 2017 lalu, Tangga Pelangi berhasil menyedot minat wisatawan. Dan benar saja, mayoritas pengunjung yang datang menyempatkan diri untuk berfoto di sini.

Banjir Spot Foto di Waduk Penjalin

Penuh Spot Foto selfie
Penuh Spot Foto di Waduk Penjalin. Foto: Gmap/Muhammad Naufal

Baca: LOKAWISATA Baturraden Tiket & Wahana

Objek wisata seluas 1,25 kilometer persegi ini selain menawarkan indahnya pemandangan, juga menyediakan berbagai spot selfie. Seperti kayu yang dibentuk dengan hati bercat warna-warni. Berdiri dan siap menjadi latar belakang foto. Ada juga spot foto bingkai Instagram, dimana pengunjung dapat berpose di dalam bingkainya.

Papan kayu di atas air yang berada beberapa meter dari daratan juga menjadi serbuan wisatawan. Wisatawan dapat menuju dek tersebut dengan menyeberangi jembatan kayu. Dari dek ini, pengunjung akan mendapatkan latar belakang pemandangan waduk dan pegunungan yang indah.

Waduk Penjalin juga menempatkan pohon-pohon hias di sepanjang taman. Pepohonan ini membuat suasana semakin ramai dengan warnanya. Jika datang di akhir pekan, pengunjung akan dihibur dengan pementasan musik akustik.

Awalnya Kumuh, Kini jadi Taman Jamur

wisata selfie di waduk penjalin
Tidak hanya berfungsi sebagai reservoir, waduk ini juga disulap menjadi taman selfie dengan berbagai spot foto menarik. Foto: Google Maps/Risma Anindita

Baca: Small World Baturaden Tiket & Atraksi

Waduk Penjalin dibangun pada tahun 1930-1933, namun dulu tidak seperti ini kondisinya. Bahkan di sini sempat menjadi tempat kumuh, pusat buangan sampah rumah tangga dan membuatnya bau. Namun sekarang, semua berubah, tidak ada lagi kumuh dan bau. Area waduk telah disulap menjadi wisata yang menarik dan indah.

Salah satu tempat yang menarik di area waduk adalah Taman Jamur. Di Taman Jamur, terdapat saung seperti gubuk di tengah sawah. Pengunjung dapat berfoto di sini dengan latar belakang waduk yang indah.

Program Tanam 1.000 Pohon

Pengelola Waduk Penjalin mengajak wisatawan untuk turut serta menjaga kelestarian waduk dengan aksi tanam 1.000 pohon. Pengelola berencana untuk menanam pohon-pohon hias di sekitar waduk dan tanggul waduk. Dimana tempat tanam yang digunakan adalah drum bekas. Sebagai wujud nyata pengolahan limbah yang tidak berguna dan tentunya harganya lebih murah.

Di sekitar waduk juga terdapat jasa foto yang siap mengabadikan momen wisatawan. Wisatawan tidak perlu membayar jasa foto ini dengan uang. Jasa ini hanya perlu dibayar dengan tanaman hias saja. Yang mana, tanaman hias ini akan ditanam di sekitar waduk.

Aksi Nutur Runtah Mambrah

Ada yang unik di objek wisata ini, yaitu Aksi Nutur Runtah Mambrah (Aksi Ambil Sampah Berserakan). Caranya yaitu dengan mengambil sampah satu per satu yang ada di Waduk Penjalin. Pengelola juga menggagas adanya paket wisata dengan mengambil sampah. Dimana, pengunjung akan berwisata sambil memunguti sampah di sekitar waduk.

Lokasi Waduk Penjalin Brebes

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Raya Waduk Penjalin 41 Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Dari pusat kota Brebes berjarak kurang lebih 60 kilometer. Bisa ditempuh dalam waktu 2 jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here