Beranda Destinasi Pilihan

HUTAN PINUS BANDUNG : 7 Lokasi Wisata Menyejukkan

0

Daerah Bandung identik dengan hawa sejuk yang cenderung dingin. Suasana tersebut terutama dapat ditemukan pada kawasan hutan pinus di wilayahnya. Jajaran pepohonan pinus menebarkan oksigen segar yang membuat suasana berlibur menjadi lebih nyaman. Menjelajah area hutan pinus Bandung, berikut 7 destinasi yang dapat menjadi referensi:

1. Hutan Pinus Orchid Forest Cikole Lembang Bandung

Orchid Forest Bandung Barat.
Orchid Forest Bandung Barat. Foto: GMap/Akash Senjaliya

Berlokasi di Lembang, Orchid Forest Cikole berada di tengah sejuknya kawasan hutan pinus Bandung Barat. Destinasi ini merupakan wisata taman anggrek terluas di Indonesia dengan koleksi hingga 157 jenis anggrek. Buka sejak tahun 2017, koleksi anggreknya mencakup spesies langka jenis lokal maupun mancanegara.

Selama berada dalam hutan lindung seluas 12 hektar, nuansa alam menyegarkan begitu terasa. Kemudian berbagai wahana atraktif terdapat di antara jajaran pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Wahana utamanya yaitu Wood Bridge, jembatan sepanjang 50 meter yang berpagar gemerlapnya lampu malam hari. Selain itu ada juga amphitheater, Garden of Light, serta camping ground.

Baca: 8 Destinasi Kondang Wisata Bandung Barat

2. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda Bandung.
Taman Hutan Raya Djuanda Bandung. Foto: GMap/jeannie_yahya

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda berada di jalan Ir. H. Juanda No.99, Ciburial. Terkenal juga dengan nama Tahura Djuanda, areanya menyajikan kawasan konservasi berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat Bandung. Wilayahnya meliputi hutan pinus, serta Sungai Citarum serta Sungai Cikapundung. Alirannya membentang dari Curug Dago hingga ke Curug Maribaya.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda resmi berdiri sejak tahun 1965. Dibukanya destinasi ini merupakan wujud penghargaan untuk jasa Ir. H. Raden Djoeanda Kartawidjaja. Beliau merupakan putra tanah Pasundan yang pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia ke-10.

Dengan luas setidaknya 526,98 hektar, areanya memiliki koleksi ribuan spesies tanaman. Alam Tahura Djuanda telah menjadi rumah bagi aneka satwa seperti kera, burung Ketilang, hingga Kepodang.

Selama menjelajah kawasan hutannya, wisatawan dapat menemukan berbagai objek wisata menarik. Di dalamnya terdapat Curug Kidang, Curug Omas Maribaya, Curug Koleang, serta Curug Lalay. Kemudian ada pula Gua Jepang, Gua Belanda, Batu Batik, Tebing Keraton, maupun Penangkaran Rusa.

Baca: 7 Gunung Populer di Bandung Cocok Untuk Trekking

3. Hutan Pinus Terminal Wisata Grafika Cikole Bandung

Wisata hutan pinus Terminal Wisata Grafika Cikole Bandung.
Wisata hutan pinus Terminal Wisata Grafika Cikole Bandung. Foto: GMap/Yuli Sunaryati

Berkonsep wisata alam, Terminal Wisata Grafika Cikole hadir di jalan raya Tangkuban Parahu Km 8. Lokasinya berada di kaki gunung berketinggian sekitar 1400 mdpl, tak jauh dari Orchid Forest Cikole.

Terminal Wisata Grafika Cikole menawarkan beragam aktivitas outbond di tengah hutan pinus. Kawasan seluas setidaknya 9 hektar ini memiliki hawa sejuk khas daerah pegunungan Lembang. Memiliki suhu harian 20°C, destinasi ini menghadirkan kesegaran nuansa berlibur.

Baik wisatawan dewasa maupun anak-anak dapat mencoba beraneka wahana outbond. Wahana flying fox mengajak wisatawan meluncur di ketinggian 25 meter sepanjang 125 meter. Selain itu ada paintball, turun tebing, Jembatan Burma, serta Jembatan Tali Dua.

Lokasinya juga menyediakan penginapan bernuansa alam di Urban Camp, camping keluarga, serta pondok wisata alam. Selanjutnya ada pula Aula Dayang Sumbi, Saung Lesehan, Restoran Sunda, dan Pendopo Hutan dengan sajian kulinernya.

Baca: 8 Destinasi Wisata Bandung Populer

4. Wisata Hutan Pinus Pal 16 Cikole Bandung

Wisata Hutan Pinus Pal 16 Cikole Bandung.
Wisata Hutan Pinus Pal 16 Cikole Bandung. Foto: GMap/wisata hutan pinus pal 16 cikole

Masih di jalan raya Tangkuban Parahu, Hutan Pinus Pal 16 menambah daftar wisata hutan pinus. Berada sangat dekat dengan Gunung Tangkuban Perahu, pada awalnya lokasi ini merupakan rest area. Kontur datarannya lurus dengan udara yang sejuk sehingga cocok untuk lokasi peristirahatan. Selain itu suasana yang ditawarkan pun tenang dengan pemandangan jajaran pinus dan udara yang menyegarkan.

Destinasi Hutan Pinus Pal 16 Cikole menyediakan lokasi untuk kegiatan outbond dan berkemah. Menikmati nuansa alamnya, wisatawan juga bisa bersantai di atas hammock yang bertumpu pada pepohonan pinus. Sejumlah wahana foto pun bertebaran di areanya dengan latar panorama alam rimbunnya area hutan Pinus.

Baca: Segarnya 7 Destinasi Wisata Curug di Bandung

5. Wisata Batu Kuda

Wisata hutan pinus Batu Kuda Bandung
Wisata hutan pinus Batu Kuda Bandung. Foto: GMap/Rizki Rismawan

Wisata Batu Kuda menyajikan hutan pinus Batu Kuda Manglayang di Cileunyi, Kabupaten Bandung. Telah buka sejak 1982, kawasannya berada di ketinggian lebih dari 1.000 Mpdl. Menawarkan hawa sejuk khas dataran tinggi. Ditambah dengan kabut tipis yang sering kali turun di kawasan cagar budaya dengan hutan pinus. Situs Batu Kuda sendiri berada sekitar satu kilometer dari gerbang masuk kawasannya.

Lokasi wisata Batu Kuda merupakan salah satu pos bagian dari jalur pendakian gunung Malangyang. Jalur hiking di sekitar kawasannya telah tersedia berupa trek anak tangga. Kemudian banyak pula wisatawan yang bersepeda maupun trail running bersama komunitasnya di area ini. Selain itu, wisata Batu Kuda merupakan lokasi favorit untuk berkemah bagi para pendaki.

Sementara dari gardu pandang yang tersedia, wisatawan dapat melihat city view Kota Bandung menghampar di kejauhan. Areanya cocok untuk bersantai dengan hammock dan aktivitas ‘botram’ atau piknik keluarga dalam bahasa Sunda. Batu Kuda juga cocok untuk mencicipi kopi khas produksi langsung kawasan Manglayang.

Baca: Puncak Bintang Bandung Tiket & Atraksi

6. Hutan Pinus Forest Camp Bandung

Pine Forest Camp Lembang Bandung.
Pine Forest Camp Lembang Bandung. Foto: GMap/Habib Febriansyah

Pine Forest Camp menyajikan area perkemahan eksklusif di Lembang, sekitar 22 kilometer dari pusat Bandung. Lokasinya berada di tengah kawasan hutan pinus di ketinggian setidaknya 1200 mdpl dengan udara yang sejuk. Dibuka sejak tahun 2003, seluruh keperluan berkemah telah dipersiapkan lengkap dengan fasilitas yang berkelas.

Kawasan wisata Pine Forest Camp Lembang juga mengakomodir kebutuhan aktivitas outbond wisatawan. Berbagai wahana tersedia seperti Pampers Pole, Elvis Walk, high rope, off road hingga flying fox. Sedangkan untuk bermalam tersedia paket wisata standar camp, exclusive camp, dan camping POD. Di samping itu tersedia pula vila, aula, area api unggun, jalur tracking, bahkan hingga helipad.

Baca: TEMPAT WISATA DI LEMBANG: 20 Destinasi Terbaik

7. Wisata Hutan Pinus Pananjung Bandung

Wisata Pinus Pananjung Bandung.
Wisata Pinus Pananjung Bandung. Foto: GMap/ARJUNA SAMBA

Telah lama populer, Wisata Pinus Pananjung digemari wisatawan bahkan dari luar kota Bandung. Kawasan ini memadukan konsep wisata alam hutan pinus dengan keindahan panorama dari ketinggian. Pada saat memasuki kawasannya, wisatawan langsung disajikan jajaran pepohonan pinus yang menjulang. Oksigen alami yang dihasilkannya terasa begitu menyegarkan tubuh dan pikiran.

Selain hutan pinusnya, kawasan ini juga memiliki Venue Gantole untuk aktivitas olahraga paralayang. Terkenal sebagai Negeri di Atas Awan, titik tolak gantole ini menyajikan panorama alam memukau. Wisatawan dapat menyaksikan hamparan kota Bandung serta Cimahi, PLTA Saguling, perbukitan hingga Gunung Tangkuban Perahu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini