De Ranch Bandung salah satu tempat wisata yang mengusung konsep “Wisata Kuda ala Cowboy”. Dibuka untuk umum pada Desember 2017, tempat ini memiliki area seluas 5 hektar.

Pemilik dari De Ranch Bandung sendiri adalah Bapak Perry Tristanto yang juga memiliki usaha The Big Price Cut Grup. Beliau menciptakan tempat ini karena melihat potensi areanya yang berkontur alam sehingga muncul inspirasi untuk membangun area wisata.

Alasan sang pemilik mendirikan kawasan wisata dengan konsep ini, dikarenakan tempat dan suasananya seperti di area peternakan Eropa. Oleh karena itulah sang pemilik memilih nama De Ranch seperti yang dikenal hingga saat ini.

Harga Tiket Masuk De Ranch Lembang

Harga Tiket De Ranch Lembang & Aktivitas
Tiket Masuk De Ranch Lembang Rp15.000
Delman  per putaranper 3 orang Rp40.000
Kuda Tunggang  per putaranper orang Rp30.000
Kuda Poni  per 2x putaran lap poniper anak Rp30.000
Triker  per 15 menit per orang Rp25.000
Bermain Kelinci  per 20 menit per orang Rp25.000
The Gold Hunter  per 15 menit per orang Rp25.000
Fun Boat  per 15 menit per orang Rp25.000
Kolam Pancing  per 30 menit per orang Rp25.000
Flying Fox  per 1x luncurper orang Rp25.000
Balon Air  per 5 menit per orang Rp25.000
Sepeda Track  per 15 menit per orang Rp25.000
Sepeda Balita  per 15 menit per anak Rp20.000
Loncat Anak  per 15 menit per anak Rp25.000
Mancing Balita per  Tangkap Ikan  per 15 menit per anak Rp20.000
Trampolin  per 3 menit per orang Rp25.000
Panahan (Archery)  per 10 anak panahper orang Rp25.000
Kolam Indian Totem Web  per 15 menit per orang Rp25.000
Pony Kidz  per 15 menit per anak Rp25.000
Kidtrik  per 15 menit per anak Rp20.000
Togopet  per 15 menit per anak Rp20.000
Kuda Ayun  per 3 menit per orang Rp25.000
Peti Luncur  per 2x luncurper anak Rp20.000
Menyusui anak sapi  per 1 dot susu 200 mLper orang Rp15.000
Menyusui kambing   per 2 dot susu 100 mLper orang Rp15.000
Memberi makan domba  per orang Rp20.000
Delman Luar per jam  per jamper 3 orang Rp100.000
Riding out (menunggang kuda ke luar lokasi De’Ranch)  per 60 menit per orang (minimal 2 orang) Rp200.000

Baca: Trans Studio Bandung: Tiket, Wahana & Studio Seru

Tiket Masuk De Ranch Lembang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp15.000 per orang. Tiket masuk De Ranch Lembang tersebut nantinya bisa digunakan sebagai voucher yang ditukarkan dengan minuman. Harga tersebut berlaku bagi semua golongan usia dan pada semua hari operasional.

Jam Operasional De Ranch Bandung

Jam Buka De Ranch Bandung
Selasa – Jumat 09.00 – 17.00 WIB
Sabtu – Minggu 08.00 – 18.00 WIB

De Ranch Bandung beroperasional setiap hari termasuk pada hari libur nasional dan tutup di hari Senin. Lokasi wisata ini buka dari hari Selasa sampai Jumat pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu dibuka pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Baca: Bandung Treetop Afventure Park: Tiket & Aktivitas Outbond

Aktivitas & Wahana De Ranch Bandung

De Ranch Bandung
De Ranch Bandung taman rekreasi bertemakan peternakan kuda dengan beragam aktvitas seru. Foto: Google Maps/tri drian

Memiliki konsep ala cowboy, kawasan wisata ini bertema “Food, Leisure, and Knowledge”. Hingga saat ini memiliki lebih dari 20 ekor kuda yang beberapa di antaranya merupakan kuda yang dimiliki oleh warga sekitar.

Didukung dengan suasana tempat yang masih sejuk dan segar, pengunjung juga diberi kesempatan menggunakan atribut cowboy lengkap dan mengelilingi area De Ranch Lembang menggunakan kuda.

Area yang akan dilewati menggunakan kuda meliputi peternakan sapi, peternakan kuda, perkebunan, padang rumput, dan lain sebagainya. De Ranch Bandung juga menyediakan berbagai wahana dan fasilitas menarik yang dapat dicoba oleh para wisatawan. Tak hanya bagi orang dewasa, wahana di sini juga dapat dinikmati oleh anak-anak.

Baca: Farm House Lembang Tiket, Wahana dan Aktivitas

Banyak hal yang bisa dilakukan di peternakan ini. Kegiatan yang utamanya berkaitan dengan aktivitas luar ruangan (outbond). Berikut beberapa aktivitas dan wahana yang bisa dilakukan di kampung koboi ini.

De Ranch Saddle Club

naik kuda mengelilingi peternakan
Belajar menunggang kuda dan berkeliling area peternakan. Foto: Google Maps/hendra ws Ws

Berbagai aktivitas edukasi bisa dilakukan di De Ranch Bandung, salah satunya Ranch Saddle Club. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman bagaimana cara menunggang dan merawat kuda.

Selain itu, pengunjung juga berkesempatan untuk berkeliling ke luar lokasi peternakan dengan menunggangi kuda sendiri. Rasakan pengalaman berkuda yang seru dan menyenangkan di tempat wisata ini.

Baca: RABBIT TOWN Bandung Tiket & 7 Wahana Top

Berfoto

Pengunjung dapat merasakan sensasi menjadi cowboy yang lengkap dengan atributnya seperti topi, baju, dan sepatu cowboy. Bagi yang gemar berselfie, tema ini sangat cocok untuk diabadikan sebagai koleksi foto.

Apalagi didukung dengan lokasi tempat wisata yang bertema peternakan dengan alam yang masih asri. Kegiatan foto ini menjadi salah satu hal wajib di kala mendatangi tempat ini.

Cook N’ Cookies

Merupakan sebuah kegiatan keterampilan bagi siapa pun yang ingin mencoba membuat kue khas De Ranch. Nantinya, pengunjung akan diajarkan cara membuat kue semenarik mungkin seperti cara memasak kue di Ina Cookies.

Untuk mengikuti program ini, diharuskan membayar Rp 35.000 per orang selama 30 menit setiap sesinya. Selain itu juga akan diajarkan bagaimana cara memerah susu sapi yang tepat.

Makan di Restoran De Ranch Lembang

Restoran di De Ranch Bandung
Selain bermain, kegiatan wisata kuliner juga bisa dilakukan di sini. Foto: Google Maps/Surahman Rahman

Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke sini tanpa mencoba menu makanannya. Di sini juga tersedia restoran yang menyajikan makanan seperti nasi goreng, siomai, ayam goreng, batagor, ikan bakar, mie bakso dan lain sebagainya.

Ada pun kudapan yang menjadi menu wajib di sini yaitu sosis bakar. Selain itu ada juga menu khas Bandung seperti tahu peletok, tempe mendoan dan lain-lain.

Baca: Trans Studio Bandung: Tiket, Wahana & Studio Seru

Belanja Souvenir

Di De Ranch Bandung terdapat factory outlet  yang menyewakan atribut cowboy lengkap seperti topi, baju, sepatu, dan lainnya. Di tempat ini juga menyediakan aneka cinderamata untuk dibeli dan bisa dibawa pulang. Factory outlet ini juga menyediakan yoghurt, susu, sosis mentah, dan lain sebagainya untuk oleh-oleh.

Bagi siapa pun yang berniat untuk mengoleksi aneka souvenir dari setiap tempat wisata, mungkin juga bisa mendapatkan sesuatu yang khas tempat ini.

Penuh Wahana Bagi Wisatawan

Wahana Permainan anak
Berbagai wahana permainan juga bisa dicoba di sini. Foto: Google Maps/Wahyudi Wahyudi

De Ranch Bandung menyediakan beragam wahana yang disediakan bagi semua kalangan seperti anak-anak maupun dewasa. Wahana untuk orang dewasa seperti kuda tunggang, the gold hunter, fun boat, kolam pancing, flying fox, balon air, sepeda track, panahan, kuda ayun, dan lain sebagainya.

Adapun wahana bagi anak-anak yaitu kuda poni, sepeda balita, loncat anak, mancing balita, pony kidz, kidtrik, peti luncur, dan lain-lain. Semua ini bisa dinikmati dengan tarif yang telah ditentukan oleh pihak tempat wisata.

Memerah Sapi

Lokasi wisata ini menawarkan aktivitas edukasi lainnya yaitu cara memerah sapi yang tepat. Kegiatan ini merupakan sebuah pengalaman dan wawasan menarik untuk para buah hati.

Pengunjung akan diajarkan mengenai pemeliharaan sapi, cara merawat sapi perah, dan cara memerah sapi. Kegiatan ini tersedia dari pukul 14.30 hingga 16.00 WIB kecuali untuk rombongan.

Mewarnai Keramik Besar

Ada pula aktivitas menarik lainnya yang diperuntukkan bagi anak-anak yaitu mewarnai keramik besar. Keramik besar yang dimaksud di sini adalah sebuah celengan yang diwarnai dengan tinta. Kegiatan ini tentu saja sangat menarik bagi pengunjung khususnya anak-anak.

Hal ini dapat membantu buah hati untuk mengasah keterampilan melukis yang tak selalu dilakukan di atas kertas mewarnai, tetapi  juga di sebuah keramik.

Fasilitas di De Ranch Bandung

Berbagai fasilitas bagi pengunjung seperti lahan parkir, musala, toilet, restoran, trek kursi roda, toko souvenir, pasar tanaman hias dan transportasi lokal. Transportasi lokal yang dimaksud, merupakan tersedianya mobil wisata yang bekerja sama dengan Astra Trac bernama “De Ranch Lembang n Beyond”.

Media transportasi ini melakukan antar jemput dari hotel ke hotel guna mengunjungi tempat wisata di daerah Lembang. Adapun “Paguyuban Delman Wisata” sebagai sarana mengantar pengunjung ke tempat menarik yang ada di Lembang.

Rute Angkutan Umum ke De Ranch

Pengunjung yang hendak menuju ke tempat wisata ini dapat menaiki angkutan umum jurusan St. Hall-Lembang. Tapi sebelumnya, lebih baik bertanya dahulu kepada sopir, apakah langsung ke Lembang atau tidak.

Karena biasanya angkutan ini juga menuju arah Pasar Baru dahulu dan tidak langsung ke Lembang. Setelah itu, mintalah kepada sopir untuk turun di lokasi wisata De Ranch Bandung.

Alamat dan Kontak De Ranch

De Ranch Lembang beralamat di Jalan Maribaya No. 17, Kayuambon, Lembang, Bandung Barat 40391. Kontak yang dapat dihubungi untuk suatu kepentingan (022)2785865 atau Whatsapp 085720303040.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,67 / 3 pembaca