Beranda Tiket Wisata

KEBUN TEH TAMBI: Tiket & Pesona - Juni 2021

Kebun Teh Tambi Harga Tiket: Rp8.000 Jam Buka: 24 jam No. Telepon: - Alamat: Tegalrejo, Tambi, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia, 56354.

Kebun Teh Tambi adalah salah satu perkebunan teh yang menjadi lokasi agrowisata di Jawa Tengah. Kebun ini terhampar di sebelah utara Kota Wonosobo. Sementara lokasinya berada di ketinggian hingga 1500 mdpl. Dengan bentang alam pegunungan dan perbukitan jadi pemandangan yang mengelilingi perkebunan ini.

Kebun Teh Tambi menawarkan pengalaman agrowisata terkait budidaya teh. Pengunjung bisa mendapatkan tur keliling kebun dan pabrik pengolahan teh. Selain itu area perkebunan teh ini juga populer sebagai tempat wisata selfie. Hamparan kebun yang hijau dan rapi jadi obat penat bagi siapa saja yang melihatnya.

Tiket Masuk Kebun Teh Tambi

Wisatawan bisa mengunjungi Kebun Teh Tambi secara gratis. Jika membawa kendaraan, pengunjung cukup membayar tiket parkir. Lain halnya jika ingin mengikuti tur pengolahan teh. Tarif agrowisata bervariasi dan bisa disesuaikan dengan jumlah rombongan.

Tiket Masuk
Tiket MasukRp8.000

Baca: 7 Tempat Wisata Terbaik di Wonosobo

Jam Buka

Agrowisata perkebunan teh ini buka setiap hari selama 24 jam. Jam kerja pemetik teh sendiri biasanya dari pagi hingga pukul 12 siang. Wisatawan bisa berkunjung pada pagi atau sore hari jika ingin menghindari terik matahari.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Pesona Kebun Teh Tambi

Langit senja di atas Kebun Teh Tambi
Kebun Teh Tambi berlatar oleh perbukitan dan gunung, salah satunya Bukit Sikunir ini – Foto: Google Maps / potret semarang

Teh merupakan salah satu komoditas penting di Indonesia. Budaya ‘nge-teh’ cukup lekat di kehidupan sehari-hari masyarakat negara ini. Dataran tinggi yang melimpah jadi habitat paling cocok untuk menanam teh. Salah satunya berada di daerah Wonosobo yaitu Kebun Teh Tambi.

Selain sebagai perkebunan penghasil teh, areanya juga merupakan objek agrowisata. Salah satu atraksi wisatanya yaitu tur pengolahan teh. Selama tur wisatawan akan ditemani oleh tour guide untuk mengenal teh lebih dekat. Mulai dari pemetikan, pengolahan, hingga akhirnya menjadi teh siap seduh dan minum.

Baca: BUKIT SIKUNIR Dieng Tiket & Ragam Aktivitas Seru

Tur Kebun Teh

Karpet hijau dari pohon teh yang berbaris rapi
Indahnya panorama kebun teh ini bisa terlihat di Desa Tambi Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah – Foto: Google Maps / Muhammad Arifin

Kebun Teh Tambi memiliki sejarah yang cukup panjang. Awalnya, kebun ini merupakan milik Belanda di zaman sebelum kemerdekaan. Setelah revolusi, kebun ini sempat beralih pengelolaannya oleh negara. Kebun teh ini kembali ke tangan Belanda, tapi kemudian dijual pada negara.

Saat ini, Kebun Teh Tambi menempati lahan seluas lebih dari 800 hektar. Sementara lahan perkebunannya terhampar di ketinggian hampir 2000 mdpl. Udara sejuk dataran tinggi membuat tanaman teh tumbuh subur di sini. Selain memproduksi teh, perkebunan ini juga merupakan objek wisata.

Agrowisata yang terdapat di sini yaitu tea walk dan factory tour. Selama kegiatan wisatawan dapat berkeliling area kebun teh dengan jarak tertentu. Rutenya yaitu 1-2 km, 3-4 km, hingga 5-6 km.

Tour guide yang berpengalaman akan menjelaskan seputar tanaman teh di Tambi. Wisatawan juga akan belajar banyak mengenai sejarah kebun teh ini. Di salah satu paket wisata, pengunjung bahkan bisa mencoba memetik teh. Pada saat kegiatan kegiatan berlangsung wisatawan akan mendapat peralatan seperti keranjang dan gunting khusus panen daun teh.

Baca: Gardu Pandang Tieng Tiket & Aktivitas

Tur Pabrik

Ruang pengeringan daun teh di pabrik pengolahan
Menyaksikan dari dekat proses pengolahan teh mulai dari pemetikan hingga menjadi teh yang siap untuk dikonsumsi – Foto: Google Maps / Deta Widyananda

Selanjutnya setelah melihat proses pemetikan teh, saatnya beralih ke pabrik pengolahannya. Produk utama Tambi yaitu teh hitam. Di sini wisatawan bisa melihat tahap-tahap pembuatan teh. Acara ini bertempat langsung di pabrik aslinya.

Selama berkeliling, pengunjung akan mendapat penjelasan setiap tahap pengolahan teh. Selain itu pada tur ini wisatawan akan ikut memasuki ruang pengolahan. Salah satunya adalah ruangan pelayuan dan pengeringan. Di sini, pengunjung bisa melihat proses pengolahan dari dekat.

Baca: GUNUNG KEMBANG Wonosobo : Tiket & Jalur Pendakian

Rekreasi di Kebun

Wisatawan meluncur dengan flying fox
Nikmati keseruan melintasi kebun teh di udara dengan menggunakan wahana flying fox yang cukup menguji adrenalin – Foto: Google Maps / wahyu kuncoro

Setelah puas belajar tentang teh, waktunya menikmati ragam rekreasi yang ada. Wisatawan dapat mengadakan piknik keluarga di lahan yang tersedia. Ada juga restoran dengan menu khas Wonosobo yang memanjakan lidah. Nikmati bersantap sambil berselimut segarnya udara dataran tinggi Dieng.

Paket agrowisata juga tersedia dengan pilihan outbond yang seru. Paket ini cocok untuk wisatawan yang datang bersama rombongan. Setelah tur, wisatawan akan diajak untuk sedikit berolahraga. Tersedia wahana flying fox baik untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Pemandangan hamparan hijau kebun teh juga jadi primadona objek foto. Kebun Teh Tambi sangat bisa menjadi lokasi wisata swafoto. Pada saat hari cerah, pengunjung bahkan bisa melihat panorama Gunung Sindoro dari sini. Di sebelah barat, ada Bukit Sikunir dengan lekuk lerengnya yang menawan.

Baca: Batu Pandang Ratapan Angin Dieng Tiket & Aktivitas

Bersepeda

Jalan yang membentang di area kebun teh
Keindahan area perkebunan bisa dinikmati dengan bersepeda di jalur yang tersedia – Foto: Google Maps / Sri Wardani

Suka olahraga bersepeda? Jadikan Kebun Teh Tambi sebagai salah satu trek dalam bucket list. Karena lokasinya yang berada di perbukitan menjadikan Tambi trek yang menantang.

Para penggemar olahraga sepeda akan menyukai jalur-jalur di sini. Jalan yang cukup lebar membentang melintasi kawasan kebun yang rapi. Konturnya tanah dan bebatuan yang akan jadi tantangan tersendiri. Wisatawan bisa mengayuh di jalan menanjak atau menurun berteman udara sejuk pegunungan.

Baca: WONOLAND Wonosobo Tiket & Ragam Wahana

Fasilitas Kebun Teh Tambi

Fasilitas penunjang yang lengkap sudah tersedia di kawasan kebun ini. Terdapat lahan parkir yang cukup luas, restoran, toilet umum, hingga mushola. Selain itu dda pula aneka pilihan penginapan dan homestay untuk pengunjung yang ingin bermalam. Pengelola juga menyediakan paket wisata dan kegiatan outbond sesuai reservasi.

Lokasi dan Akses Kebun Teh Tambi

Kawasan wisata perkebunan teh ini terletak di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 15-16 kilometer di sebelah utara Kota Wonosobo. Kendaraan pribadi maupun kendaraan umum bisa sampai ke lokasi.

Sedangkan untuk bagi pengguna angkutan umum dari Wonosobo, bisa naik bus jurusan Wonosobo – Dieng dan turun di Desa Tambi. Perjalanan kemudian berlanjut dengan berjalan kaki sedikit ke lokasi perkebunan. Kebun teh ini terletak di pinggir jalan raya. Akses jalannya sudah bagus dengan kontur tanah yang cenderung landai.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini