Salah satu anugerah terindah dari Yang Maha Kuasa kepada Indonesia adalah keindahan alamnya. Pengelolaan alam yang baik akan melahirkan wisata alam nan mempesona. Seperti wisata alam Embung Kledung di Temanggung-Jawa Tengah ini.

Tempat ini begitu elok karena terletak di antara 2 gunung, Sindoro dan Sumbing. Letak geografisnya yang strategis membuat Embung Kledung memiliki suasana asri dan sejuk. Dengan alasan tersebut, kawasan ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga.

Harga Tiket Embung Kledung

Untuk menikmati keindahan alam di area wisata ini tidak perlu mebayar mahal. Tiket masuk ke tempat wisata ini sangat merakyat, hanya Rp3.000 saja.

Harga Tiket Masuk Embung Kledung
Tiket MasukRp5.000
Tiket BerkemahRp15.000

Baca: PUNTHUK SETUMBU Magelang Tiket & 5 Aktivitas Top

Beragam aktivitas wisata bisa dilakukan di sini. Terutama yang berkaitan dengan kegiatan alam. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan wisatawan.

1. Camping di Embung Kledung

berkemah camping di embung kledung
Kegiatan berkemah dengan pemandangan indah bisa dilakukan di Embung Kleduung. Foto: Instagram/wisataembungkledung

Sebagai kawasan wisata alam, pengelola juga menyediakan kegiatan yang berhubungan dengan alam. Salah satu kegiatan alam di Embung Kledung adalah camping atau berkemah. Tidak perlu risau jika tak memiliki tenda kemah, karena pengelola sudah menyediakannya.

Sebaiknya minta izin dulu pada pengelola sebelum memutuskan untuk camping di sini. Setelah itu, pengunjung bisa menyewa tenda di loket penjagaan. Pembayaran sewa tenda bisa dilakukan besok setelah acaranya campingnya selesai.

2. Memberi Makan Ikan di Danau

memberi makan ikan di danau embung kledung
Salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di Embung Kledung Temanggung. Foto: Insatagram/ryos_youngkrex

Kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di Embung Kledung adalah memberi makan ikan. Aneka ikan hias air tawar memenuhi telaga yang sangat luas ini. Agar lebih puas, pengunjung bisa membawa makanan ikan sendiri dari rumah.

3. Menyaksikan Sunrise di Embung Kledung

sunrise di embung kledung
Menikmati keindahan matahari pagi yang baru terbit bisa dilakukan di sini. Foto: Instagram/kendysantiko14

Salah satu pesona tempat wisata alam adalah sunrisenya. Pesona matahari terbit dari peraduannya itu menjadi hal yang sangat dinanti penikmat pagi. Di Embung Kledung, keindahan tersebut makin terasa mempesona dengan susunan alam yang eksotis.

Keindahan alam di Embung Kledung benar-benar mempesona para pengunjungnya. Saking eloknya, berada di Embung Kledung berasa di bawah kaki Gunung Fuji, Jepang. Hal itu karena background Gunung Sumbing dan Sindoro persis seperti suasana Gunung Fuji.

4. Spot Foto Cantik Berlatar Keindahan Danau & Gunung

Tempat wisata yang satu ini memang sangat menonjolkan keindahan pemandangan alam. Maka dari itu beragam spot foto cantik pun sengaja dibuat di sini. Agar wisatawan bisa lebih mudah untuk mengambil gambar yang menakjubkan. Berikut spot foto yang bisa digunakan.

Ayunan dengan latar Danau & Gunung

Ayunan di Embung Kledung
Ayunan dengan latar gunung dan danau. Foto: Google maps/Zulfa Kinan

Tak seperti ayunan biasanya, pengunjung akan merasakan sensasi berbeda ketika berayun di sini. Bagaimana tidak, pengunjung akan berayun di pinggir telaga dengan background gunung yang cantik. Model ayunan yang tersedia di sini pun lain daripada yang lain.

Tak hanya bisa dinaiki 1 orang, ayunannya bisa untuk 2 orang sekaligus. Dua orang berayun tidak saling berjejeran, namun berhadap-hadapan. Karena model ayunannya seperti bangku di cafe, dimana selain bangku ada juga mejanya.

Bagi pengunjung yang takut ketinggian, ayunan ini mungkin cukup menguras adrenalin. Rasa takut ketika menaiki ayunan akan terbayar lunas dengan sensasi yang didapat. Pastikan berfoto di atas ayunan, dengan atau tanpa makanan, semuanya akan terlihat eksotis.

Bersantai di Hammock

Jika duduk di ayunan kurang menarik, pengunjung bisa mencoba hammock di tempat ini. Masih dengan pemandangan menghadap gunung dan bergelantung di atas pinggiran telaga. Sensasi ini akan menjadi momen tak terlupakan yang perlu diabadikan.

Selfie di Tempat Duduk Dengan Tanaman Rambat

Bagian pinggir telaga Embung Kledung disediakan beberapa tempat duduk. Pengunjung bisa bebas duduk sambil memandang telaga dengan background gunung. Dengan begitu, keasirian tempat ini akan semakin terasa.

Tangga Warna-Warni

tangga warna-warni
Tangga warna-warni yang unik dijadikan sebagai tempat berfoto. Foto: Google Maps/Rama Nugraha

Untuk melihat pemandangan inti dari tempat ini, pengunjung perlu jalan kaki ke atas. Pengunjung akan melewati jalan setapak berbentuk tangga yang berwarna-warni. Di sepanjang jalan tersebut ada berbagai tanaman yang mempercantik suasana.

Jangan lewatkan momen spesial ini tanpa mengabadikannya ke dalam foto. Berfoto dengan tangga warna-warni dan tanaman tentu akan mengasyikkan. Yang perlu diingat, tidak diperbolehkan merusak tanaman apalagi boleh buang sampah sembarangan.

Pemandangan Dari Rumah Pohon

Selain dari ayunan, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dengan suasana lain. Ada rumah pohon yang tersedia bagi pengunjung. Melihat pemandangan dari rumah pohon tentu akan lebih seru dan menantang.

Melihat Perkebunan Holtikultura

Kawasan wisata ini juga memiliki perkebunan holtikultura yang menyejukkan mata. Aneka buah dan sayuran segar menghampar menunggu untuk dipetik. Tak ketinggalan pohon yang menjadi ikon Kabupaten Temanggung, yaitu pohon jambu.

Fasilitas

Pengelola menyediakan berbagai fasilitas untuk mengakomodasi para pengunjung. Diantara fasilitas yang ada di Embung Kledung adalah mushola & toilet. Pengelola tidak menyediakan homestay untuk menginap, namun diperbolehkan camping di sini.

Kontak & Lokasi Embung Kledung

Tempat wisata ini cukup mudah ditemukan karena tidak jauh dari jalan raya. Berjarak seikitar 1 jam berkendara dari kota Magelang. Alamatnya berada di Jl. Raya Parakan – Wonosobo, Area Sawah, Tlahap, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56264.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,56 / 25 pembaca