Mesjid Agung Jawa Tengah Harga Tiket: Gratis - Rp7.500 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: 0246725412 Alamat: Jl. Gajah Raya, Sambirejo,Gayamsari,Semarang,Jawa Tengah,Indonesia,50166.

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) merupakan masjid kebanggaan masyarakat Jawa Tengah. Masjid ini termasuk salah satu masjid termegah di Indonesia. Arsitektur bangunannya adalah kombinasi gaya Timur Tengah, Eropa, dan Jawa.

Masjid ini dibangun tahun 2001 – 2006. Luas areal tanahnya 10 hektar, dan Bangunan Utama untuk salat 7,669 m. Daya tampungnya mencapai 15.000 jamaah.

Harga Tiket Masuk Masjid Agung Jawa Tengah

Untuk memasuki area Masjid, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Siapapun dapat masuk area masjid secara gratis. Pengunjung dapat datang kapan saja, siang, malam, bahkan dini hari untuk memasuki Masjid. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket jika ingin masuk ke menara Al-Husna.

Harga Tiket Masjid Agung Jawa Tengah
Tiket MasukGratis
Menara Al-HusnaRp7.500

Baca: Klenteng Sam Poo Kong Semarang Tiket & 11 Daya Tarik

Kemegahan Arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah

Kemegahan arsitektur Masjid ini memang luar biasa, tidak salah jika dikatakan salah satu Masjid terindah di asia tenggara. Beberapa spot yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke sini diantaranya:

1. Payung Hidrolik Raksasa

payung hidrolik elektrik otomatis masjid agung jawa tengah ala masjid nabawi madinah
Payung hidrolik otomatis ikon Masjid Agung Jawa Tengah yang identik dengan yang terdapat di Masjid Nabawi Madinah. Foto : Googlemap/Andi Wibowo Kinandana

Plasa masjid dilengkapi dengan 6 payung raksasa yang bisa membuka dan menutup secara otomatis. Payung hidrolik ikon masjid ini identik dengan yang ada di masjid Nabawi Madinah. Konon di dunia hanya ada dua masjid yang dilengkapi dengan payung elektrik semacam ini.

Tinggi tiang payung elektrik masing-masing 20 meter dengan bentangan 14 meter. Payung dibuka saat Sholat Jumat, Idul Fitri, Idul Adha dengan catatan kekuatan angin maksimum 200 knot.

Baca: SALOKA PARK Semarang Tiket & 7 Wahana Top

Menara Al-Husna

menara al-husna mesjid agung jawa tengah
Menara Al-Husna Masjid Agung Jawa Tengah. Di dalamnya ada Radio Dakwah Islam, Museum Kebudayaan Islam, Al-Qur’an Raksasa, Restoran Putar, dan 5 buah Teropong di puncaknya. Foto: Google Maps/nur fajar pamungkas

Salah satu daya tarik Masjid Agung Jawa Tangah adalah Menara Al-Husna. Tinggi menara 99 m, ittibak angka Al-Asmaul Husna. Untuk memasuki Menara l-Husna, pengunjung akan dikenakan biaya tiket yang cukup murah. Spot-spot dalam Menara Al-Husna yaitu:

  • Studio RAIS: Pada bagian dasarnya terdapat Studio Radio Rais (Dakwah Islam) dengan frekuensi 107,9 FM.
  • Museum: Di lantai dua terdapat Mushaf Al-Akbar berukuran 145 cm x 95 cm. Al-Qur’an raksasa ini merupakan tulisan tangan H. Hayatuddin, penulis kaligrafi Wonosobo.
  • Resto Putar: Pada lantai 18 terdapat kafe muslim yang bisa berputar 360 derajat.
  • Puncak Menara: Di lantai 19 disediakan 5 teropong yang bisa melihat pemandangan kota Semarang. Waktu terbaik adalah saat sore hari di mana kita bisa melihat sunset. Pada awal Ramadhan 1427 H, kali pertama Tim Rukyah Jawa Tengah menggunakan teropong canggih dari BOSCA untuk Rukyatul Hilal.

Baca: Goa Kreo Semarang Tiket & 7 Daya Tarik Utama

Bedug Ijo

Di dalam timur laut Masjid terdapat ‘Bedug Ijo’ Mangunsari karya K.H. Ahmad Shobri. Bedug raksasa ini terbuat dari kayu Waru berukuran 3 x 2 m. Kyai Shobri juga membuat Kentongan Ijo yang diletakkan bersebelahan dengan Bedug Ijo.

Bangunan Utama

ruang utama masjid
Ruang utama Masjid Agung Jawa Tengah. Foto : Googlemap/Mauliddin Moko

Bangunan utama memiliki dua lantai, lantai satu untuk jamaah pria, lantai dua untuk wanita. Kapasitas ruang utama sekitar 6.000 jamaah. Kubah utama berbentuk setengah lingkaran dari cor beton dengan diameter 20 meter.

Bangunan induk dilengkapi empat Minaret, masing-masing tingginya 62 meter. Salah satu Minaret dilengkapi lift yaitu Minaret bagian Depan (Timur) Kanan. Gaya arsitekturnya merupakan perpaduan antara Jawa, Arab, dan Yunani.

Plasa Masjid

plaza mesjid
Bagian depan area masuk Masjid Agung Jawa Tengah. Google Maps/kecuk pratno

Plasa masjid seluas 7500 meter persegi ini merupakan perluasan ruang sholat yang dapat menampung kurang lebih 10.000 jamaah. Pada plasa terdapat  Gerbang Al-Qanathir ala Yunani yang artinya ‘Megah dan Bernilai’.

Tiang pada Gerbang Al-Qanathir  berjumlah 25 buah, simbolisasi 25 Nabi Allah. Pada Banner Gerbang tertulis kaligrafi dua kalimat Syahadat. Pada bidang datarnya tertulis huruf pegon berbunyi ‘Sucining Guna Gapuraning Gusti’. Bagian luarnya tertulis kaligrafi surat Al-Mukmin 1-5. Sedangkan dari sisi dalam tertulis Asmaul Husna dan surah Al-Fatihah.

Baca: KAMPUNG PELANGI Semarang Tiket & 5 Pesona Artistik

Prasasti

prasasti di mesjid
Batu prasasti peresmian pengembangan Masjid Agung Jawa Tengah. Foto: Google Maps/Justrival

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) diresmikan 14 November 2006 M. Peresmian ditandai penandatanganan batu prasasti oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Batu prasasti ini tingginya 3,2 meter dengan berat 7,8 ton. Prasasti tersebut dipahat Nyoman M. Alim pada batu alam yang khusus diambil dari lereng Gunung Merapi.

Hotel Graha Agung

Di dekat masjid juga dilengkapi dengan Wisma Penginapan Graha Agung. Tersedia berbagai kelas : deluxe, executive, suite, dan family. Wisma penginapan ini terletak di bagian timur laut Masjid.

Fasilitas Masjid Agung Jawa Tengah

Kemegahan Masjid ini juga terlihat dari berbagai fasilitas yang tersedia. Beberapa fasilitas yang mendukung kenyamanan antara lain:

Tempat Parkir: Di bawah Plasa Masjid Agung Jawa Tengah adalah tempat parkir yang mampu menampung 680 mobil dan 670 sepeda motor.

Pujasera: Yang menginginkan wisata kuliner, terdapat Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera). Letaknya di selatan dan depan/timur masjid dan dikelola Lembaga Pengembangan Usaha (LPU) Masjid. Ratusan pedagang aneka makanan tertata apik dalam bangunan-bangunan kecil.

Poliklinik : Untuk pelayanan kesehatan kepada jamaah, Masjid juga menyediakan poliklinik. Di dalamnya dua poli yaitu Poli Umum dan Poli Gigi.

Office Hall : Masjig Agung Jawa Tengah memiliki ruang perkantoran yang disewakan untuk umum. Office Hall berkapasitas 700 orang untuk standing party, 2 Ruang Serba Guna, panggung pelaminan, dan panggung hiburan.

Perpustakaan MAJT : Bangunan sayap kiri Masjid adalah Perpustakaan yang didesain menjadi perpustakaan modern ‘Digital Library’ dan Office Space.

Convention Hall: Convention Hall (Auditorium) terletaknya di sisi samping kanan Masjid. Bangunan ini sering digunakan untuk acara-acara wisuda, pameran, resepsi pernikahan, dan pertemuan. Daya tampungnya hingga 2.000 orang.

Lokasi Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid ini berada di Jl. Gajah Raya Kelurahan Sambirejo, Kec. Gayamsari Kota Semarang, Jawa Tengah 50613, Indonesia. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Telp/Fax:  (024) 6725412 atau email ke bp.majt@gmail.com.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here