BUYUK HARBOUR Pintu Masuk ke Surga Nusa Penida Februari 2024

BUYUK HARBOUR

  • Harga Tiket Masuk: 0-Rp200.000
  • Jam Buka: 06.00-18.00 Wita
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Nusa Indah No.53, Kutampi Kaler, , Nusa Penida, Klungkung, Bali, Indonesia, 80771

Nusa Penida memang hanya sebuah pulau kecil di wilayah Bali. Akan tetapi berkat keindahannya justru kini menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer. Di Pulau ini terdapat pelabuhan utama yang bernama Buyuk Harbour. Pelabuhan yang sangat ramai wisatawan domestik maupun asing.

Buyuk Harbour merupakan dermaga berlabuhnya kapal roro serta kapal feri. Dari rute Bali melayani tujuan ke Kusamba, Padangbai, Serangan, serta Sanur. Selain itu melayani juga rute Lombok misalnya Gili Gede, Gili Trawangan, Bangsal, dan Gili Air. Sementara lokasinya sendiri tepat di bagian utara Pulau Nusa Penida.

Harga Tiket Penyebrangan Sanur ke Bunyuk Harbour

Harga tiket penyeberangan dari Sanur ke Buyuk Harbour memiliki harga yang bervariasi. Pengunjung biasanya ramai memakai jasa fast boat. Jika sedang promo maka harga tiket bisa lebih murah. Berikut adalah harga yang sudah disepakati asosiasi fast boat Sanur sejak tanggal 7 September 2022.

Harga Tiket Fast boat Sanur ke Bunyuk Harbour
Domestik100.000
Asing200.000

Baca: DIAMOND BEACH Nusa Penida Daya Tarik Memesona

Jam Buka

Dari Pelabuhan Sanur ke Buyuk Harbour memakan waktu sekitar 45 menit menggunakan fast boat. Penyeberangan rute Sanur – Buyuk biasanya mulai berangkat pukul 8 pagi. Sementara untuk rute Buyuk – Sanur keberangkatannya di jam 16.30. Namun jadwal keberangkatan bisa berubah tergantung kondisi cuaca.

Jam Operasional Buyuk Harbour
Setiap Hari06.00-18.00 Wita

Daya Tarik Bunyuk Harbour

Memang fungsi utama dermaga ini sebagai tempat berlabuhnya kapa-kapal dari Sanur. Namun jangan salah dermaga ini juga memiliki daya tarik. Mulai dari jembatan unik hingga pantainya. Tak heran jika tak sedikit pengujung yang berfoto pada saat berlabuh di dermaga ini.

Buyuk Harbour Pintu Masuk Ke Nusa Penida

Tak bisa dipungkiri kalau Pulau Nusa Penida memiliki beberapa lokasi pariwisata yang indah. Sehingga tidak mengherankan kalau nama Nusa Penida telah terkenal sampai ke mancanegara. Sebut saja Teletubbies Hill, Angel Billabong, beserta sejumlah pesisir di Nusa Penida. Destinasi wisata yang telah disebutkan tadi cukup hits di kalangan anak muda.

Buyuk Harbour inilah yang menjadi pintu masuk-keluar para wisatawan. Sehingga setiap harinya aktivitas penyeberangan hampir tidak pernah sepi.

Baca: CRYSTAL BAY Nusa Penida Tiket & Aktivitas

Pantai Yang Cantik

Pantai di kawasan Buyuk Harbour
Pantai di kawasan Buyuk Harbour sangat menawan. Foto: google maps/Dian Eka Puspitasari

Di sekitar pelabuhan terbentang garis pantai yang cantik, bersih dan jarang sampah. Berhias pasir berwarna coklat susu yang bersih. Di perairan dangkal dekat dengan bibir pantai pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan berenang. Air lautnya memantulkan warna biru jernih mengundang untuk berenang atau sekadar berlama-lama memandang laut. 

Tempat Yang Bagus Untuk Bersantai

Tempat bersantai di buyuk harbour
Tempat bersantai di Buyuk Harbour. Foto: google maps/Hanks Wu (Apocalypse)

Wisatawan mancanegara yang datang ke Buyuk Harbour banyak yang jatuh hati dengan pantainya. Sering kali dijumpai turis asing yang berjemur di bawah sinar matahari. Tak sedikit pula wisatawan yang mengajak anaknya bermain pasir. Di pantai pelabuhan Buyuk, bisa pula menjadi lokasi piknik bersama keluarga.

Baca: Manta Point Nusa Penida Melihat Ikan Pari di Habitat Asli

Surga Bagi Pecinta Snorkeling Dan Diving

Sejak lama Nusa Penida memang terkenal memiliki spot diving dan snorkeling tersohor di Bali. Dan turis dapat melakukan aktivitas tersebut di lautan dekat pelabuhan ini. Pengunjung dapat merasakan serunya snorkeling di perairan dangkal. Gelombang perairan yang tenang juga akan mendukung bagi kegiatan snorkeling dan diving.

Lautan di pelabuhan Buyuk memiliki beraneka ragam biota laut yang menghiasi alam bawah lautnya. Ada belut moray, belut berukuran besar yang habitatnya dari celah-celah karang. Ada pula ikan mola, salah satu spesies ikan yang sudah ada sejak jaman purba. Dan tentu masih banyak spesies hewan laut lain yang menarik untuk dijumpai di sana.

Jembatan Ponton

Jembatan Ponton di Buyuk Harbour
Jembatan Ponton di Buyuk Harbour. Foto: google maps/Dian Eka Puspitasari

Jembatan ponton merupakan jembatan mengapung yang menjorok ke tengah laut. Itu juga berfungsi sebagai pangkalan kecil untuk kapal-kapal. Jembatan ponton dibuat di Buyuk Harbour berfungsi sebagai jalan setapak. Adanya jembatan ponton membuat tamu tidak perlu basah-basahan saat akan menaiki kapal.

Menjadi Pangkalan Beberapa Kapal

Kapal di Buyuk Harbour
Beberapa kapal boat yang sedang berlabuh di Buyuk Harbour. Foto: google maps/James oahuhawaii

Ada beberapa kapal nelayan ataupun boat yang berlabuh di Pelabuhan Buyuk. Diantaranya yakni boat milik PT Caspla Bali, Yamuna Express, Wijaya Buyuk dan Gangga Express. Beberapa kapal roro dari pelabuhan Padang Bai juga sering beraktivitas di Buyuk Harbour.

Dekat Dengan Restoran

Banyak sekali pilihan tempat makan yang bisa pengunjung temui di area pesisir dekat pelabuhan. Mulai dari warung, restoran, hingga rumah makan Minang pun ada. Banyak warung yang menyajikan makanan Bali khas Nusa Penida. Bagi pengunjung muslim tidak perlu khawatir karena banyak juga warung makan menyediakan menu halal.

Dekat Dengan Penginapan

Terkait akomodasi bagi pengunjung Nusa Penida terdapat banyak sekali opsinya. Setelah turun di pelabuhan Buyuk, wisatawan bisa menyusuri sepanjang jalan Nusa Indah. Disana banyak home stay yang dapat pengunjung sewa dengan budget di bawah 200.000 per malam. Ada pula bungalow, hotel, resort, cottage, villa dengan harga bervariasi.

Fasilitas Lengkap Dan Pelayanan Baik

Fasilitasnya cukup lengkap dan bersih. Di Buyuk Harbour pengunjung dengan mudah menemukan jasa sewa motor seharga  Rp70.000 per hari. Untuk toilet telah tersedia hanya dengan membayar 2.000 sekali pakai. Parkir yang luas membuat pengunjung merasa lega.

Kemudian ada fasilitas ruang tunggu yang nyaman untuk pengunjung. Pelayanan dari kru kapal cukup bagus di mana selalu mengusahakan ketepatan waktu keberangkatan. Tidak lupa pula menjaga keselamatan penumpang sampai tujuan.

Lokasi

Buyuk Harbour berlokasi di Jl. Nusa Indah No.53, Kutampi Kaler, Kec. Nusa Penida. Dan masih termasuk Wilayah Kabupaten Klungkung, Bali (80771). Menyeberang dari pelabuhan Sanur ke Buyuk Harbour menempuh perjalanan laut 16 mil (25 km). Penyeberangan dapat dilakukan dengan menumpang fast boat.

Rating Pembaca

4.4 - 29 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: