Beranda Tiket Wisata

CURUG BENGKAWAH Tiket & Aktivitas Desember 2021

Curug BengkawahHarga Tiket: Rp5.000 - Rp150.000Jam Buka: 09.00 - 15.00No Telp: -Alamat: Jl. Sikasur - Simpur, Karangmulyo, Belik, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia, -

Curug Bengkawah merupakan air terjun yang tersembunyi di wilayah Pemalang, Jawa Tengah. Bahkan, curug ini terkenal masih perawan karena lingkungannya asri. Untuk sampai ke curug ini tidak perlu bersusah payah seperti di area lainnya karena jaraknya sangat dekat dengan tempat parkir. Hanya perlu berjalan kurang dari 100 meter, pengunjung sudah sampai ke lokasi.

Selain menyuguhkan keindahan air terjun, di sini juga terdapat wisata rafting menyusuri sungai. Aliran air sungainya berasal dari curug setinggi 20 meter dengan kedalaman sungai mencapai 3 meter. Derasnya aliran sungai memang menawarkan keseruan rafting tersendiri.

Harga Tiket Masuk Curug Bengkawah

Untuk memasuki wilayah curug, pengunjung akan perlu membayar biaya tiket masuk. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir. Selain itu, jika ingin menikmati rafting ada biaya tambahan yang dibebankan per orang.

Harga Tiket Masuk
Per orangRp5.000
Fasilitas
Parkir MotorRP3.000
Parkir MobilRp5.000
RaftingRp150.000

Baca Juga: 18 Air Terjun Terbaik di Jawa Tengah

Jam Buka Curug Bengkawah

Curug Bengkawah buka mulai dari pagi hingga sore hari. Jika ingin berlibur dengan suasana yang tidak terlalu ramai, coba datang pada hari biasa. Selain untuk menghindari kerumunan, juga lebih bisa menikmati suasana alam di sini.

Jam Operasional
Setiap hari09.00 – 15.00

Keindahan Curug Bengkawah

Pemandangan Air Terjun di Curug Bengkawah Pemalang
Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dan air terjun kembar yang indah di area Curug Bengkawah. Foto: Google Map/Wahyu A. Raya

Curug ini bernama Bengkawah karena memiliki air terjun kembar yang posisinya bersebelahan. Airnya yang jernih serta pemandangan bukit dan sawah yang asri menjadi daya tarik dari kawasannya. Enaknya lagi lokasi curug tidak terlalu jauh dari area parkir kendaraan. Sehingga memudahkan pengunjung untuk sampai ke area air terjun. Jaraknya hanya kurang lebih 100 meter bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Sesampainya di sini pengunjung akan disambut dengan deburan air terjun yang jatuh dari ketinggian 20 meter. Selain wisata air, di sini juga merupakan tempat yang cocok untuk menikmati udara segar. Kemudian, di sini juga terdapat warung yang menjual aneka makanan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sambil mencicipi berbagai menu makan di warung-warung tersebut.

Asal Usul Sebutan Perawan bagi Curug Bengkawah

Air terjun di curug ini berasal dari aliran sungai Kluweh dan mata air yang ada di sekitarnya. Di curug ini, airnya tidak mengering meski wilayahnya sedang terjadi musim kemarau. Hal itu yang membuat warga sekitar menyebutnya sebagai curug perawan.

Mitos di Curug Bengkawah

Di balik keindahan alamnya, curug ini menyimpan mitos yang cukup menarik. Pada area curug, terdapat batu yang berbentuk seperti moncong senjata. Mitosnya, karena bentuk batu tersebut, kerap kali terdengar bunyi dentuman senjata saat sore menjelang. Bunyi itu tidak hanya terdengar sekali, namun beberapa kali.

Wisata Rafting Menyusuri Sungai

Pengunjung yang bersiap untuk rafting di Curug Bengkawah
Selain menikmati pemandangan air terjun, di Curug Bengkawah pengunjung juga dapat mengikuti rafting di sungai sejauh 7 kilometer. Foto: Google Map/Entiz Fishing

Selain curug, kegiatan lain yang bisa dilakukan di sini yaitu bermain rafting. Pengunjung akan diajak untuk menyusuri sungai sejauh 7 kilometer menggunakan perahu karet. Dengan medan yang tidak terlalu sulit, rafting di sini akan berjalan dengan santai. Bahkan, jika ada yang ingin berhenti sejenak untuk berfoto atau berenang, pemandu akan memfasilitasinya.

Bagi yang ingin mencoba wisata ini, bisa memesan paket yang tersedia. Paket tersebut sudah termasuk peralatan rafting, welcome drink konsumsi, asuransi, tim rescue, transportasi lokal, dan ruang ganti.

Dilarang Berenang di Area Air Terjun

Meski menawarkan air terjun yang mempesona, di curug ini terdapat larangan untuk berenang. Pengunjung hanya boleh berwisata sampai batas tepi curug. Hal ini karena telaga di bawah air terjun terlalu dalam dan cukup membahayakan. Selain itu, belum adanya petugas khusus untuk mengawasi pengunjung berenang juga menjadi alasan larangan tersebut.

Namun, hal tersebut tidak akan menghalangi untuk berwisata ke sini. Mengingat masih ada cara lain untuk menikmati sejuknya air yaitu dengan rafting. Air sungai yang tidak terlalu deras membuat peserta rafting dapat berhenti sejenak untuk berenang. Lalu jika tidak terlalu ingin berenang sebagai gantinya bisa juga dengan berfoto di sekitar air terjun.

Memancing di Area Curug

Dengan kedalaman 3 meter, muara di bawah air terjun curug ini banyak terdapat ikan-ikan. Hal itu membuat masyakat sekitar atau pengunjung yang menjadikan lokasi wisata ini sebagai area memancing. Bermodal alat pancing dan umpan yang dibawa dari rumah, pengunjung dapat memancing sambil menikmati alam.

Umumnya, pengunjung yang memancing di sini adalah orang-orang yang mencari suasana tenang. Lalu, perlu diperhatikan bahwa memancing di sini hanya boleh memakai alat pancing biasa. Dilarang menggunakan jaring nelayan agar ikan-ikan di sini tidak cepat habis.

Fasilitas di Curug Bengkawah

Fasilitas yang terdapat di sini antara lain toilet, warung makan, dan lokasi parkir. Namun, fasilitas toilet letaknya masih tergolong jauh dari curug. Kemudian, untuk warung makan, jumlah masih sangat sedikit. Hal ini menyebabkan warung menjadi sangat penuh ketika musim liburan tiba. Fasilitas lain yang tersedia di sini yaitu paket rafting. Untuk fasilitas lainnya, pengelola masih dalam tahap mengembangkan agar dapat dinikmati secara maksimal.

Lokasi Curug Bengkawah

Curug Bengkawah berlokasi di kaki Gunung Slamet, tepatnya di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, bagian selatan Pemalang, Jawa Tengah. Lokasi air terjun berjarak kurang lebih 32 Kilometer dari kota Pemalang. Memakan waktu kurang lebih 50 menit berkendara.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 8

Kasi Bintang