Curug Bidadari adalah sebuah objek wisata yang berada di kawasan Sentul Paradise Park. Curug berarti air terjun, lokasinya di kota Bogor dengan akses mudah dari Jakarta. Air terjun Bidadari menawarkan keindahan alami air terjun di daerah perbukitan yang asri.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 – 75 meter dengan lebar 7 meter. Dahulu, dikenal sebagai Curug Bojong Koneng, sesuai nama desa tempat air terjun ini berada. Airnya bersumber dari kumpulan mata air alami hutan lindung di daerah tersebut.

Harga Tiket Masuk Curug Bidadari Sentul

Untuk bisa masuk dan menikmati kesegaran kawasa wisata sentul ini pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk dibedakan berdasarkan periode kedatangan, hari biasa atau akhir pekan.

Harga tiket masuk Curug Bidadari Bogor
Senin – JumatRp30.000
Sabtu, MingguRp40.000
Musim LiburanRp50.000

Baca: Curug Leuwi Hejo Tiket & Aktivitas

Jam Buka Curug Bidadari Sentul

Berkunjung ke air terjun ini bisa dilakukan setiap hari. Buka mulai pagi hari hingga sore hari.

Waktu operasional
Senin – MingguPk. 06.00 -17.00

Aktivitas Wisata dan Wahana Curug Bidadari

Munculnya pelangi di air terjun ini, menumbuhkan kepercayaan tentang asal usul nama Curug Bidadari. Pelangi tersebut dipercaya sebagai jembatan bagi tujuh bidadari untuk turun mandi di sini. Menurut cerita lokal, dari sinilah asal penamaan air terjun ini menjadi Curug Bidadari.

Perjalanan yang perlu ditempuh dari tempat parkir menuju air terjun tidaklah terlalu jauh. Pihak pengelola sudah membuat tangga-tangga dan jembatan kecil sebagai akses untuk memudahkan wisatawan. Ada juga sebuah cerukan dangkal yang berfungsi sebagai pintu air di musim penghujan.

Baca: Taman Budaya Sentul Tiket & Aktivitas

Kesegaran Air Terjun Bidadari

Air terjun dibendung batu terbelah
Air terjun yang dibendung batu terbelah membentuk kolam alami dengan ketinggian sedada orang dewasa di Curug Bidadari Bogor. Foto : Instagram/r_deni_kurniawan

Sejuta pesona yang alami dan eksotis bisa wisatawan temukan di sini. Wisatawan yang datang dapat merasakan sensasi mandi di bawah guyuran air terjun. Terdapat juga beberapa pancuran alami yang dibuat dari bambu.

Air Terjun Bidadari memiliki curahan air yang sangat deras. Tetapi kedalaman kolam alaminya hanya setinggi dada orang dewasa, jadi cukup aman bagi wisatawan. Itulah kenapa banyak wisatawan terutama kalangan dewasa berkumpul di sekitarnya untuk merasakan percikan air.

Baca: Jungleland Sentul Tiket & 12 Wahana

Batu Belah dan Jembatan

Jambatan menembus batu terbelah
Batu besar ini dibelah sebagai jalan pintas dan dibangun pula jembatan untuk memudahkan akses menuju Curug Bidadari Bogor. Foto : Instagram/bogorkotahijau

Batu besar di bawah air terjun ditemukan saat pengelola menggali kolam buatan sebagai water park. Batu ini semula terpendam di lapisan tanah bawah kolam alami Air Terjun Bidadari. Batu ini dibelah sebagian sebagai jalan pintas untuk memudahkan akses menuju air terjun.

Wisatawan dapat menyeberangi jembatan ke belakang batu raksasa yang terbelah dua ini. Lalu merasakan langsung curahan air dari Curug Bidadari yang dingin dan jernih.

Baca: Eco Art Park Sentul Tiket & Spot Foto

Water Park Sentul Paradise Park

kolam renang alami di bawah air terjun bidadari
Kolam buatan ini digunakan sebagai Waterpark untuk berenang, bermaiin pelampung, bersepeda air, dan berseluncur air di Curug Bidadari Bogor. Foto : Instagram/curugbidadaribogor

Tepat di bawah Air Terjun Bidadari ada taman air dengan luas sekitar 6.000 m². Waterpark didesain layaknya pantai dengan panjang 150 meter dilengkapi pasir putih dari Bangka. Air di area ini berasal dari pegunungan, itulah mengapa airnya sangat dingin.

Tempat ini cocok untuk keluarga, khususnya yang berlibur bersama anak-anak. Kolam di sisi kiri tergolong dangkal, sangat cocok untuk area bermain air. Waterpark ini menjadi kolam bermain anak untuk berenang,  bermain pelampung, dan sepeda air.

Di ujung kolam dilengkapi juga dengan seluncuran air seperti halnya pada waterboom. Water park ini sangat eksotis dengan latar belakang pemandangan alam yang menghijau dan asri. Diharapkan tetap memperhatikan anak-anak yang bermain karena kolam semakin dalam di sisi kanannya.

Baca: Pasar Ah Pong Sentul 4 Aktivitas Top

Spot Foto Cantik di Air Terjun Bidadari

Salah satu spot foto dengan latar belakang air terjun bidadari
Salah satu spot foto dengan latar air terjun dan pemandangan perbukitan hutan lindung di Curug Bidadari Bogor. Foto : Instagram/syifamaharanii_

Air Terjun Bidadari tak mau kalah bersolek. Pengelola juga menyediakan beberapa spot foto menarik bagi wisatawan untuk mengabadikan momen liburan. Pemandangan di sini cukup indah, terutama dari ketinggian.

Spot foto dibangun di atas air terjun, sehingga memiliki latar air terjun dengan hijaunya hutan lindung. Spot ini juga menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati keindahan panorama Air Terjun Bidadari.

Saung Kuliner

Bagi wisatawan yang ingin bersantap tak perlu mencari jauh-jauh. Pihak pengelola juga menyediakan tempat untuk makan dan minum di area Curug Bidadari. Saung-saung kuliner menyajikan aneka hidangan.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan hutan lindung di atas air terjun sambil bersantap santai. Saung ini juga sekaligus menjadi tempat istirahat atau sekedar relaksasi bersama keluarga.

Saung-saung ini tersedia di dalam dan luar area air terjun. Beberapa saung tersedia untuk disewakan per dua jam. Wisatawan yang lebih menyukai ruang terbuka, bisa memilih menyewa tikar tanpa batas waktu.

Fasilitas Curug Bidadari

Pihak pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas lain bagi wisatawan. Bagi yang menyukai wahana outbond dapat mencoba Flying Fox dan perahu tangan. Wahana Flying Fox ini terbentang dari air terjun sampai ke water park. Wisatawan dapat menantang adrenalin dengan meluncur menikmati pemandangan area Curug Bidadari dari ketinggian.

Pilihan lain yang tersedia yaitu kolam terapi ikan. Di sini, wisatawan dapat merasakan gigitan lembut ikan-ikan kecil sebagai terapi sekaligus relaksasi. Untuk menikmati terapi ini, wisatawan dikenakan tarif untuk jangka waktu 30 menit.

Lokasi Curug Bidadari

Air terjun ini berada di Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.