Beranda Tiket Wisata

SITU LEMBANG Tiket & Ragam Pesona Danau - November 2020

Situ Lembang
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Karyawangi,Parongpong,Bandung Barat,Jawa Barat,Indonesia,-.

Lembang bukanlah tempat asing untuk melepas penat. Karena daerah ini menjadi salah satu ikon wisata di Bandung Barat. Apalagi jika bukan karena alamnya yang indah dan dikelilingi oleh gunung yang membuatnya sejuk. Salah satunya adalah Situ Lembang yang ada di Bandung Barat.

Dulunya, objek wisata ini dibuka bebas untuk umum. Namun kini, pengunjung harus izin dan mencari waktu yang tepat untuk dapat menikmati alamnya. Jika sudah bisa masuk ke tempat ini, pengunjung dapat menikmati kenyamanan yang disediakan oleh alam. Yang akan membawa kedamaian dan menghilangkan penat yang membebani pikiran.

Harga Tiket Masuk Situ Lembang

Objek wisata ini dibuka untuk umum dan tiket masuk begitu terjangkau. Namun, pengunjung harus izin terlebih dahulu kepada pengelola untuk dapat masuk. Dan harus meninggalkan KTP seperti ketika akan mendaki gunung.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 10.000

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Bandung

Jam Operasional

Objek wisata ini dapat dinikmati dari pagi hingga sore hari. Namun, harus memilih waktu yang tepat untuk bisa masuk ke sini. Dan tidak bersamaan dengan jadwal latihan khusus para TNI atau Kopassus.

Jam Operasional
Setiap hari selama tidak ada latihan TNI dan Kopassus08.00 17.00 WIB

Keindahan Situ Lembang yang Menenangkan

Situ Lembang sebagai tempat Indah untuk Fotografi
Situ Lembang sebagai tempat Indah untuk Fotografi. Foto: Gmap/dina sari putri

Jika Eropa punya Swiss dengan segudang keindahan alamnya, Indonesia punya berbagai tempat yang mirip Swiss. Dimana salah satunya adalah Situ Lembang di Bandung Barat. Tempat ini adalah danau buatan yang telah ada sejak tahun 1912, kala Belanda masih menduduki Indonesia. Danau seluas 68 hektar ini cocok sekali dijadikan tempat untuk melepas penat.

Air danau begitu jernih, bahkan tampak pantulan dari pepohonan dan langit di atasnya. Seolah menjadi cermin raksasa dengan keindahan yang terpancar. Apalagi ketika matahari sedang bersinar cerah, tampak kilauannya terpantul di permukaan air. Hewan hewan seperti angsa dan ikan ikan turut mempercantik perairan danau.

Baca: DUSUN BAMBU Lembang Tiket & 8 Aktivitas Pilihan

Pepohonan pinus banyak tumbuh di hutan sekitar danau. Pohon pinus ini sudah berusia tua, puluhan hingga ratusan tahun. Namun tetap saja, pepohonan di sini tertata dengan rapi. Kesan rimbun turut hadir, namun jauh dari kesan menyeramkan dan tak terawat.

Kesejukan Hawa Kawasan Situ Lembang

Pohon Pinus yang Tumbuh Rapi
Pohon Pinus yang Tumbuh Rapi. Foto: Gmap/adi miharja

Situ Lembang berada diantara kaki Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang. Yang mana berdiri di ketinggian 1.567 mdpl. Tak heran jika kawasan ini memiliki udara yang begitu sejuk dan damai. Pemandangan gunung pun tampak begitu jelas dari kawasan danau.

Jika pengunjung datang di pagi hari, masih dapat menyaksikan putihnya kabut di atas permukaan danau. Yang memanjang hingga jauh seolah mencapai gunung. Kesejukan tiada tara ketika berada di sini pagi hari. Apalagi, embun masih berada di ujung rerumputan, yang membuatnya bergoyang dengan anggun.

Baca: ORCHID FOREST Cikole Tiket & 6 Aktivitas Pilihan

Pemandangan Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang tampak mempesona. Berdiri dengan gagahnya di kejauhan. Meskipun matahari sedang bersinar terik, namun sinarnya tak serta merta membuat tempat ini panas. Justru hawa dingin menjadi hangat dan menyenangkan.

Hanya Bisa Dikunjungi saat Mendapatkan Izin

Keindahan Situ Lembang
Keindahan Situ Lembang. Foto: Gmap/dina sari putri

Situ Lembang hanya dapat dikunjungi jika wisatawan mendapatkan izin dari Pusdikpassus Batujajar. Yang menjadi pengelola dari tempat ini. Tempat ini termasuk kawasan yang dilindungi dan tidak boleh sembarang dikunjungi wisatawan. Karena menjadi tempat latihan perang bagi Kopassus dan TNI.

Saat latihan berlangsung, tentu saja wisatawan tidak diperbolehkan masuk. Karena akan sangat berbahaya bagi masyarakat umum. Rawan akan tembakan dan ledakan bom atau ranjau yang digunakan saat latihan. Dan setelah latihan berlangsung pun, tidak langsung dibuka untuk umum.

Baca: Pemandian Air Panas Ciater Tiket & Aktivitas

Pengelola akan memastikan tempat ini benar benar bersih dari ranjau yang dapat meledak sewaktu waktu. Oleh karena itu, wisatawan tidak bisa datang tanpa izin. Jadi, tempat ini tidak bisa bebas dikunjungi bukan karena kisah mistis yang ada di kawasan ini. Melainkan lebih kepada keamanan tempat ini karena digunakan sebagai tempat latihan militer.

Kegiatan di Situ Lembang

Papan Larangan di Situ Lembang
Papan Larangan di Situ Lembang. Foto: Gmap/dyah salsabiel soehardjo

Objek wisata ini tidak menyediakan wahana permainan. Jika ingin menikmati tempat ini, wisatawan dapat membawa sendiri alat permainan. Misalnya membawa kano atau perahu karet sendiri. Untuk berlayar mengelilingi danau yang indah ini.

Daya tarik utama tempat ini adalah pemandangannya yang begitu memukau. Berfoto dengan latar belakang perairan danau begitu indah. Apalagi ditambah dengan gunung yang berdiri gagah di belakang danau. Menambah keindahan pemandangan objek wisata ini.

Baca: Farm House Lembang Tiket & 5 Wahana Unggulan

Meskipun indah, pengunjung dilarang untuk berkemah di sini. Karena masih dikhawatirkan jika tidak sengaja menginjak ranjau aktif. Dan dikhawatirkan merusak alam di sini. Sebagai gantinya, pengunjung dapat bersepeda santai di tepi danau.

Fungsi Situ Lembang

Selain sebagai tempat untuk latihan militer, tempat ini juga menjadi tempat penting bagi Bandung. Yaitu sebagai penampungan air terbesar yang dipakai oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Sehingga, kebersihan dan kealamian harus tetap terjaga.

Fasilitas

Karena ditujukan untuk kegiatan militer, tentu fasilitas tidak sama seperti objek wisata. Bahkan, meskipun kawasannya terawat dan asri, namun minim fasilitas umum. Sehingga bagi wisatawan harus mempersiapkan diri dan perbekalan ketika berkunjung ke sini.

Lokasi Situ Lembang

Objek wisata ini berlokasi di Desa Kertawangi/Parongpong, Kecamatan Cisarua, Lembang. Tepatnya di kawasan Gunung Burangrang di Kabupaten Bandung Barat.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini