CURUG NANGKA Tiket, Aktivitas & Rute Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Curug Nangka: Rp22.000-Rp450.000
  • Jam Buka: 08.00-17.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16370

Curug Nangka adalah objek wisata air terjun di kaki Gunung Salak. Objek wisata ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Berada di ketinggian 750 Mdpl dan dikelilingi hutan pinus membuat hawanya sangat sejuk.

Wana wisata seluas 17 hektar ini terbuka untuk umum sejak 1991 oleh Perhutani. Sementara suhu area wisata ini berkisar 20 – 22ºC. Lokasinya berada di Ciapus, Bogor, Jawa Barat dengan rute yang juga dapat dijangkau menggunakan kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk Curug Nangka Bogor

Untuk bisa menikmati kesegaran kawasan air terjun pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk. Harga tiket masuknya bisa diperoleh dengan harga mulai dari Rp22.000 – Rp450.000.

Jenis TiketHarga Tiket Weekday / Weekend
Tiket Masuk Wisatawan DomestikRp22.000 / Rp32.000
Tiket Masuk Wisatawan MancanegaraRp305.000 / Rp450.000
Tiket Masuk Rombongan Pelajar DomestikRp20.000 / Rp22.000
Tiket Masuk Rombongan Pelajar MancanegaraRp105.000 / Rp305.000
Harga Tiket Masuk Curug Nangka

Baca: Curug Bidadari Sentul Bogor Tiket Masuk & Aktivitas

Jam Buka Curug Nangka

Pengunjung yang bisa datang ke kawasan wisata ini setiap hari. Buka mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Wisata Populer Bogor

Ragam Aktivitas Wisata

Curug Nangka menjadi alternatif wisata yang letaknya dekat dengan ibukota. Wisata ini memberikan sensasi kesegaran alam dengan suasana segar dan alami. Dengan curah hujan 4000 mm/tahun, area Curug Nangka memiliki kelembaban udara yang tinggi.

Selain sebagai tempat wisata Curug Nangka merupakan tempat ziarah. Bahkan ruang semadi yang ada di air terjun pernah digunakan oleh beberapa sesepuh. Salah satunya yaitu Raden Surya Kencana.

Baca: CURUG PANGERAN Bogor Tiket Masuk & Aktivitas Wisata

Trekking

Jalur treking menuju Curug Nangka melewati kawasan perbukitan hijau yang asri
Jalur trekking menuju air terjun melewati kawasan perbukitan hijau yang asri. Foto : Instagram/thepilotkleo_

Dari pintu gerbang menuju Curug berjarak tempuh sekitar 700 meter. Lokasi air terjun berada di ketinggian dengan jalur berliku dan menanjak. Namun sudah terdapat jalan setapak dengan medan yang sudah dibuat senyaman mungkin.

Memasuki kawasan wisata, suguhan keindahan yang alam siap menghibur. Jajaran pohon pinus menjulang tinggi berjejer rapi di sisi kiri. Sedangkan di sebelah kanan terlihat area persawahan dan pegunungan berhawa sejuk.

Jika beruntung, wisatawan dapat melihat beberapa kera liar bergelantungan di pepohonan sekitar area. Mendekati air terjun, wisatawan harus berjalan di atas batuan. Kemudian akan menyusuri sungai sekitar 50 meter dengan kedalaman setinggi betis orang dewasa.

Baca: 29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler

Menikmati Keindahan Air Terjun

Liburan ke air terjun Curug Nangka Bogor
Wisata air terjun Curug Nangka Bogor. Foto : Google Maps/Rizal Fathurahman

Keindahan air terjun merupakan daya tarik utama tempat wisata ini. Letak air terjun berada di tengah dua tebing dan pepohonan yang mengelilingi alirannya. Dengan air yang jernih dan udara yang segar memang sangat cocok untuk tempat bersantai.

Air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 20 m. Kedalaman air di bawah air terjunnya hanya setinggi lutut orang dewasa. Debit airnya deras dan menghempas terbawa angin ke area sekitarnya.

Baca: Curug Leuwi Hejo Bogor Tiket Masuk & Aktivitas

Berenang

Berenang dan main air di sejuknya kolam di bawah air terjun
Berenang dan main air di sejuknya kolam di bawah Curug Nangka Bogor. Foto : Google Maps/Bimma Ramadhan

Tiba di lokasi air terjun, wisatawan dapat berenang di antara celah batu. Di bawah air terjun terbentuk kolam alami tempat wisatawan terkonsentrasi.

Sejumlah jeram membentuk kolam yang menarik wisatawan untuk berenang. Berbasah-basahan di air terjun dengan dinginnya aliran air yang jernih terasa begitu alami.

Baca: CURUG CIHERANG Bogor Tiket Masuk & Aktivitas

Berfoto

Kawasan pepohonan pinus di sekitar area air terjun menjadi spot foto yang menarik
Kawasan pepohonan pinus di sekitar area Curug Nangka Bogor menjadi spot foto yang menarik. Foto : Instagram/hatmhmmd_

Wisatawan menjadikan kolam di bawah air terjun sebagai spot favorit karena tidak berbatu. Di tempat ini selain dapat bermain air dan berenang, juga menjadi tempat berfoto. Latar foto favorit tentu saja air terjun yang ketinggiannya mencapai 20 meter tersebut.

Kemudian latar favorit lainnya yaitu pepohonan pinus di sekitar area wisata. Pepohonan pinus yang berjejer rapi ini terlihat sejak memasuki area parkir. Di lokasi ini banyak wisatawan berhenti sejenak untuk mengabadikan momen liburan.

Camping Ground dan Green Glamping

camping ground lokasi berkemah di curug nangka
Area Curug Nangka Bogor yang alami sangat cocok untuk berkemah. Foto : Instagram/warna.angin

Kawasan wisata Curug Nangka juga menyediakan area untuk berkemah. Sebuah camping ground terdapat di sisi kanan dekat anak sungai. Bagi yang berminat untuk berkemah, dikenai pungutan Rp5.000 per orang per hari.

Kemudian di area ini juga terdapat glamour camping (Glamping). Fasilitas yang tersedia di area glamping ini terbilang cukup lengkap. Tersedia shower dan toilet duduk, listrik, lampu, hingga bonus sarapan.

Bermalam di Penginapan Sekitar Air Terjun

Area Penginapan Highland Resort Paling dekat dengan curug nangka
Penginapan yang cukup dekat dengan curug nangka adalah Higland Park Resort. Selain hotel di sini juga tersedia Glamping. Foto: Google Maps/ Apit Priyatnakusuma

Terdapat sejumlah penginapan di dekat kawasan wisata alam air terjun dengan tarif yang bervariasi. Beberapa di antaranya tepat berada di dekat gerbang kawasan wisata Curug Nangka seperti Highland Park Resort. Tiap tempat memiliki kapasitas kamar yang cukup.

Penginapan dan vila-vila memberikan fasilitas yang lengkap. Mulai fasilitas dapur, kolam renang, hingga karaoke dan biliar. Di resort dengan halaman luas ini wisatawan bisa menggelar berbagai acara. Seperti api unggun, permainan team building, meeeting, hingga bermain di kolam renang berair jernih. Udara di tempat ini dingin dengan semilir angin dan gemercik air terjun yang terdengar.

Rute Ke Curug Nangka

Rute menuju air terjun ini cukup mudah dilalui. Kondisi jalan yang cukup baik juga memudahkan wisatawan yang akan berwisata ke air terjun ini.

Rute ke Curug Nangka Kendaraan Pribadi

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi ada beberapa pilihan Rute.

  • Pilihan pertaman bisa menggunakan rute melalui Ciapus. Dari pintu keluar tol Jagorawi (Baranangsiang) ambil kanan ke arah kebun raya bogor dan mal BTM. Kemudian dari mal BTM bisa mengambil rute ke arah Ciomas / Cipus dan belok kanan di Pasir Kuda menuju jalan Raya Ciapus. Kurang lebih berjarak 13 kilometer atau sekitar 40 Menit Berkendara.
  • Pilihan ke dua bisa menggunakan rute Tol Lingkar Luar Bogor. Dari tol Lingkar Luar Bogor ambil pintu keluar Lotte Mart setelah keluar tol belok kiri ke arah Yasmin. Teruskan perjalanan menuju sampai melewati Jalan Cimaburan teruskan sampai ke Curug Nagka.

Rute Curug Nangka Menggunakan Kendaraan Umum / Angkot

Wisatawan yang dari luar kota Bogor bisa menggunakan Communter Line (KRL) Bogor dan turun di stasiun terakhir Stasiun Bogor. Keluar dari stasiun berjalan keluar ke arah taman topi lurus terus sampai lampu merah.

Di Lampu merah ambil kanan menuju BTM (Bogor Trade Malll). Jaraknya kurang lebih 15 menit berjalan. Harap dicatat Mal BTM bukan berada di depan Stasiun Bogor. Tidak disarankan menggunakan angkot dari Stasiun Bogor ke BTM karena akan jauh memutar Kebun Raya.

Kemudian dari Mal BTM gunakan angkot 03 dengan jurusan Ciapus dan turun di Highland Park Resort. Dari sini berjalan sekitar 20 menit menuju Curug nangka.

Fasilitas

Wisata Curug Nangka dikelola oleh pemerintah Bogor  dengan fasilitas yang memadai. Seperti pos jaga, pondok kerja, loket karcis, ruang ganti dan toilet. Shelter atau gardu pandang, tempat duduk, dan ruang informasi sudah tersedia.

Wisatawan juga dapat menjumpai banyak warung penjaja makanan di sekitar kawasan air terjun. Setelah berbasah-basahan, wisatawan dapat menikmati sajian kuliner di tempat wisata itu. Tersedia pilihan dari makanan ringan hingga masakan khas Sunda yang bisa dinikmati.

Area parkir berada sekitar 200 meter dari pintu gerbang. Di area parkir juga terdapat penjual suvenir seperti kaos, dan aksesoris. Akses jalan beraspal cukup mulus dengan lebar yang cukup untuk dua mobil berpapasan.

Kontak dan Lokasi Curug Nangka

Wisata air terjun ini berada di Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16370. Berjarak kurang lebih 1 jam dari Kota Bogor.

Ulasan Pembaca

4.5 - 86 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

47 Komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Sangat disayangkan harga tiket yg cukup mahal lebaran ke 4 -2023 harga tiket permotor 68000 fasilitas kurang memadai , enakan dulu daripada sekarang

  2. Tahun 1995, 1996, 1997 hingga awal 1998, Curug nangka adalah tempat paling nyaman untuk melepas kejenuhan. Suasana yang masih sangat alami. Belum ada penginapan, selain memasang tenda sendiri, pengunjung bisa nebeng di warung² kecil yang berada di lokasi. Dan Pada masa itu, hidup ini masih sangat indah dan menyenangkan. Di mana kita berteman dengan siapa pun bahkan ketika kita baru pertama kali bertemu di tempat itu. Semoga suatu hari nanti bisa ke sana lagi. Amin🤲🤲
    Aldy, Novel, Tata, Upay, Bonnet

  3. Masuk curug nangka sekarang diputar ke atas dulu sehingga menyulitkan pengunjung apalagi lansia setelah kita sampai di area curug nangka ternyata masih ada mobil yang bisa parkir dekat area curug nangka

  4. mahal, ngga sesuai expektasi
    sekarang malah diputar keatas
    itu malah mempersulit wisatawan
    teruntuk fasilitas umum, toilet harusnya gratis/free
    sekali masuk toilet Rp 4000
    tolong diperhatikan lagi kenyamanan pengunjung
    supaya tidak kapok
    terima kasih

  5. Harga tiket masuk ke curug nangka tidak sesuai dengan harga yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan untuk itu perlu dilakukan perubahan harga tiket masuk ke curug nangka yang harganya 32000 menjadi 37000 harga tiket ini sangat mahal sekali dan untuk parkir motor dikenakan biaya tambahan sebesar 7500 per motor.

  6. Maap saya mau nanya harga tiket curug nangka lebaran 3 hari brapa kira kira

  7. Curug Nangka tidak mewajibkan pengunjung menunjukkan surat hasil rapid test. Namun dari informasi yang kami dapat, wisatawan yang berasal dari DKI Jakarta untuk memasuki area Bogor wajib membawa surat hasil rapid test. Terima Kasih