Curug Cigamea memiliki dua air terjun yang berdampingan pada satu tempat yang sama. Ketinggian dua air terjunnya berbeda, masing-masng 30 meter dan 50 meter. Lokasinya paling dekat dengan pintu masuk belakang kawasan wisata Gunung Salak Endah (GSE).

Kawasan wisata GSE dimana lokasi air terjun berada memiliki udara yang segar dan sejuk. Dikelilingi pegunungan hijau, panorama alamnya yang begitu indah dan asri. Selain itu, akses menuju Curug tergolong mudah dan ramah wisatawan.

Harga Tiket Masuk Curug Cigamea

Wisatawan yang datang ke air terjun ini akan dikenakan biaya tiket yang cukup murah. Selain biaya tiket masuk air terjun, pengunjung juga akan dikenakan biaya tiket masuk kawasan konservesai Gunung Salak Endah (GSE).

Harga tiket masuk Curug Cigamea
Senin – MingguRp10.000
Tiket Kawasan GSERp15.000

Baca: Curug Ciherang Bogor Tiket & Aktivitas

Jam Buka Curug Cigamea

Air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari. Baik hari biasa maupun akhir dari pagi hingga sore hari. Sedangkan untuk kawasan wisata konservasi GSE gerbang masuk dibuka selama 24 jam.

Waktu operasional
Senin – Minggu07.00 – 17.30

Ragam Aktivitas Wisata di Curug Cigamea

Curug Cigamea Bogor memiliki dua air terjun yang berdampingan, masng-masng dengan ketinggian 30 dan 50 meter
Curug Cigamea Bogor memiliki dua air terjun yang berdampingan, masing-masing dengan ketinggian 30 dan 50 meter. Foto : Google Maps/dent Ary

Curug Cigamea berlokasi paling dekat dengan pintu masuk utama Kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Curug ini memiliki dua air terjun dengan ketinggian berbeda di lokasi yang sama. Wisatawan yang datang pasti menyukai berfoto dengan latar kedua air terjun tersebut.

Akses dari pintu masuk ke air terjun sudah cukup baik dilengkapi pagar pembatas. Namun, saat hujan wisatawan tidak diijinkan masuk ke area air terjun. Karena debit air dapat bertambah volumenya dalam waktu yang singkat.

Trekking

jalan setapak menuju curug
Trekking ringan di jalan setapak menuju curug. Foto: Google Map/Annas Zukhra

Curug Cigamea hanya 400 meter jaraknya dari pintu masuk atau sekitar 15 menit. Akses jalan dari pintu masuk menuju air terjun tertata rapi dengan tangga konblok berundak. Jalur tersebut sudah dilengkapi dengan pagar pembatas.

Menuju air terjun, wisatawan menempuh jalan yang menurun. Deretan bukit memenuhi pemandangan di sepanjang jalan. Beberapa kera putih kerap terlihat di pepohonan sekitar jalur trekking ini. Kicauan burung pun turut mewarnai suasana asri di sekitarnya.

Baca: Curug Leuwi Hejo Tiket & Aktivitas

Dari jalur undakan konblok ini, wisatawan dapat melihat ketinggian air terjun yang sebenarnya. Karena terlihat cukup jelas saat diperhatikan sisi kiri tebing di depan.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Air terjun kedua di Curug Cigamea memiliki dinding batu berwarna merah bata dengan air yang sama jernihnya
Air terjun kedua di Curug Cigamea memiliki dinding batu berwarna merah bata dengan air yang sama jernihnya. Foto : Instagram/dede_ulut

Curug Cigamea dikenal dengan Air Terjun Bidadari. Curug ini memiliki dua buah air terjun bersebelahan dengan ketinggian 30 meter dan 50 meter. Ketinggian sebenarnya dari curug ini tidak terlihat dari bawah, karena terhalang rimbunnya pepohonan.

Air terjun pertama debit airnya tercurah menyebar, berdinding tebing hitam dan terkesan keras seperti batu cadas. Air terjun kedua tercurah dari sela-sela tebing diantara tetumbuhan. Dindingnya berupa tebing kemerahan seperti tanah, dengan aliran air yang tetap jernih.

Baca: Curug Bidadari Sentul Bogor Tiket & Aktivitas

Percikan airnya membentuk gerimis menghasilkan pelangi mini yang menjadi keunikan tersendiri air terjun ini. Di bawah curug terhampar bongkahan batu-batu kali besar berwarna hitam pekat. Di sekitarnya pepohonan rimbun dengan kicauan burung menambah  hawa sejuknya alam asri dengan panorama memikat.

Bermain Air

Pengunjung sedang bermain air di kolam di bawah curug
Karena bagian tengah kolam Curug Cigamea cukup dalam, wisatawan dapat berendam atau bermain air dan merasakan kesegaran alirannya. Foto : Instagram/nadamulya12

Banyak wisatawan menikmati sejuknya air terjun sambil berdiri di bawah curahannya yang terasa seperti rintik hujan. Kedua air terjun ini cukup aman digunakan untuk berendam di kolamnya yang kehijauan.

Beberapa wisatawan juga menikmati berendam dan duduk bermain air di kolam bawah air terjun. Tentunya dengan tidak melewati batas aman.

Baca: Curug Seribu Bogor Tiket & Aktivitas

Wisatawan tidak diperkenankan berenang di kolam dasar curahan Curug Cigamea. Selain dalam, debit air bisa melonjak seketika. Wisatawan dilarang berenang ke tengah kolam melebihi pembatas area.

Terapi Ikan

wisatawan melakukan terpai ikan di berbagai kolam khusus yang tersedia
Kolam terapi ikan banyak diminati wisatawan Curug Cigamea Bogor dengan beragam khasiat untuk kesehatan. Foto : Google Maps/Annas Zukhra

Selain wisata air terjun, wisatawan dapat mencoba terapi ikan. Terapi ikan ini dapat membuat kulit menjadi bersih karena sel kulit yang sudah mati dimakannya. Gigitannya merangsang sel-sel syaraf, menghilangkan stres, peredaran darah menjadi lancar dan anggota badan akan terasa segar kembali.

Lokasi terpai ikan ini bisa ditemuai di sepanjang jalan dan tangga menujun air terjun. Pengunjung yang ingin mencoba juga tidak perlu membayar mahal. Cukup dengan Rp5.000 sudah bisa merendamkan kaki di kolam yang tersedia.

Berkemah & Penginapan di Curug Cigamea

area perkemahan di dekat pintu masuk curug cigamea
Area perkemahan yang berada tidak jauh dari pintu masuk Air terjun. Foto: Google Maps/Kang Roni

Suhu kawasan Curug Cigamea cukup dingin, yaitu berkisar 20ºC. sejak pintu masuk kawasan, pepohonan pinus nampak menjulang tinggi.

Area perkemahan Curug Cigamea berada di lokasi yang cukup dekat dengan pintu masuk. Pepohonan pinus dengan tinggi puluhan meter saling berdekatan di area camping ground. Namun begitu, cahaya matahari tetap cerah menembus celah dedaunannya.

Baca: CURUG NANGKA Bogor Tiket, Aktivitas & Rute

Wisatawan dapat memanfaatkan momen berkemah ini untuk lebih dekat dengan alam. Bermalam di kawasan air terjun ini memberi waktu lebih banyak untuk menjelajahi area wisata.

deretan villa micahel resort
Michael Resort salah satu penginapan yang ada di kawasan wisata Gunung Salak Endah. Foto: Google Maps/Christophorus Nino

Selain bermalam dengan berkemah, di sekitar area air terjun juga terdapat penginapan. Lokasinya persis di kiri dan kanan jalan setapak menuju curug. Namun tidak disarankan memilih penginapan di sini.

Selain keliahatan tidak terawat, lokasi penginapan juga cukup jauh dari jalan utama. Sehingga akan menyulitkan jika ingin membeli keperluan dan makan.

Lebih disarankan untuk memilih penginapan di sepanjang jalan utama kawasan konservasi Gunung Salak Endah. Beberapa penginapan seperti resort dan villa banyak terdapat di sini.

Flying Fox

Wahana Flying Fox disediakan bagi wisatawan Curug Cigamea yang menyukai tantangan pemacu adrenalin. Wahana ini dibuka setiap akhir pekan, di mana jumlah wisatawan naik dibanding hari biasa.

Sambil meluncur pada sling baja, wisatawan dapat menikmati panorama area sekitar dari ketinggian. Terasa sensasi terbang menuju air terjun yang putih menjulang.

Fasilitas

Pengelola kawasan wisata Curug Cigamea telah membangun fasilitas yang memadai untuk wisatawan. Seperti gazebo, aula, musola, kamar ganti, dan toilet. Jumlah toilet yang disediakan mencapai 30 pintu toilet.

Sepanjang jalan setapak menuju air terjun pun terjajar rapi beberapa sarana umum. Lebih dari 20 warung penjual makanan dan minuman ada di antaranya.

Penjual cinderamata menjual pernak-pernik seperti pakaian bergambar Curug Cigamea. Bahkan tersedia pula penginapan di area dekat air terjun.

Akses

Obyek wisata air terjun ini berada di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Rute menuju lokasi wisata Curug Cigamea sangat mudah.

Dari arah Parung, wisatawan hanya perlu lurus hingga belokan Semplak Bogor dan berjalan menuju arah kampus IPB. Lalu menuju jalur Cemplang (Cibungbulang)-Pamijahan-Salak Endah. Jarak tempuh yang diperlukan sekitar 2 jam dengan motor berkecepatan 60 km.

Bagi pengguna transportasi umum, dapat naik angkot 03 ke arah Terminal Cibubulak dari Stasiun KA. Dilanjutkan naik angkot 05 ke arah Leuwiliang sampai pertigaan Cibatok, disambung angkot 59 ke titik terakhir pintu masuk kawasan Gunung Salak Endah.

Lokasi Curug Cigamea

Wisata air terjun ini berada di dalam kawasan wisata Gunung Salak Endah. Tepatnya di Kampung Loka Purna, Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.