Desa Wisata Kalipancur
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 08.30 - 17.00 No. Telepon: 0247629990 Alamat: Jl. Raya Kalipancur, Manyaran,Ngaliyan,Semarang,Jawa Tengah,Indonesia,50183.

Wisata alam tengah menjadi sorotan bagi dunia pariwisata. Wisata alam tidak hanya pegunungan, danau, hutan, air terjun, atau pantai. Tapi juga merambah ke konsep pedesaan, seperti Desa Wisata Lembah Kalipancur.

Tempat wisata ini menawarkan rekreasi berkonsep pedesaan yang ada di Kota Semarang. Meskipun berkonsep pedesaan, lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Dan objek wisata yang sudah lama berdiri ini, masih tetap diminati oleh wisatawan.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Lembah Kalipancur

Untuk masuk ke objek wisata ini, tidak dikenakan tiket masuk. Pengunjung yang datang hanya dikenakan biaya parkir kendaraan.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Kalipancur
Tiket masukGratis
Parkir motorRp2.000
Parkir mobilRp5.000

 

Baca: SALOKA PARK Semarang Tiket & Wahana

Jam Buka Desa Wisata Lembah Kalipancur

Pengunjung dapat menikmati objek wisata ini setiap hari. Dibuka sejak pagi dan tutup di sore hari.

Jam Operasional
Selasa-Minggu08.30 – 17.00 WIB

Wahana Desa Wisata Kalipancur

area desa wisata kalipancur dengan restoran pesawat bekas
Area desa wisata lembah kalipancur yang cukup unik dengan pesawat bekas. Foto: Google Maps/ Najihullah

Hiruk pikuk keramaian kota membuat warga kota mencari wisata yang lebih tenang. Seperti wisata pedesaan, yang selain tenang juga lebih sejuk. Desa Wisata Lembah Kalipancur hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Objek wisata ini merupakan tempat rekreasi yang menawarkan konsep berbeda. Wisata yang ditawarkan yaitu wisata edukasi dengan atmosfer pedesaan. Sang pemilik menjadikan objek wisata ini sebagai sumber ilmu bagi wisatawan, terutama pelajar.

Menempati lahan seluas 7 hektar, Desa Wisata Kalipancur menyajikan berbagai keindahan. Seperti pemandangan sawah dengan bukit dan danau buatan. Yang mana menambah kesan asri objek wisata ini.

Baca: Eling Bening Ambarawa Tiket & Aktivitas

Restoran dengan Konsep Pesawat

Bangkai Pesawat Terbang Desa Wisata Lembah Kalipancur. Foto: Gmap/febi faradilla sari

Satu yang unik di Desa Wisata Kalipancur ini adalah adanya bangkai pesawat. Bangkai pesawat di tengah sawah ini bukanlah pesawat yang jatuh karena kecelakaan. Melainkan sengaja diletakkan di sana sebagai pelengkap objek wisata.

Bangkai pesawat tersebut didatangkan dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta. Nugroho, sang pemilik restoran sengaja mendatangkannya untuk menarik perhatian wisatawan. Dan juga untuk membuat restoran unik yang belum ada di Semarang.

Di dalamnya, interior sangat khas pesawat. Dengan kursi dan meja seperti saat berada di pesawat. Pengunjung pun akan dimanjakan dengan pelayanan ramah khas pramugari pesawat.

Baca: Kampung Pelangi Semarang Tiket & Keindahan

Menikmati Pesona Javanese Village

Desa Wisata Kalipancur menyediakan Javanese Village. Seperti namanya, wahana ini dibuat seolah seperti desa di Negeri Sakura. Satu yang khas yaitu Jembatan merah yang membentang membelah sungai.

Pengunjung dapat berfoto di sini dengan bebas. Berpose layaknya tengah berada di Negeri Matahari Terbit nan indah itu.

Floating Market

Ada juga floating market, atau pasar apung. Pengunjung dapat mengitari danau buatan dengan perahu kecil. Sambil membeli produk yang disajikan di sana.

Pengunjung dapat menikmati menaiki perahu kecil di atas danau buatan. Danau buatan ini pun cukup panjang, yaitu sepanjang 200 meter.

Bermain di Kandang Hewan

kandang kuda di desa wisata kalipancur
Kandang Kuda Desa Wisata Kalipancur. Foto: Gmap/Heru Tanaya

Dari sisi edukasi, Desa Wisata Lembah Kalipancur memiliki berbagai kandang hewan. Ada kandang kuda, kandang sapi, kandang rusa, dan kandang bebek.

Di setiap kandang, pengunjung dapat melihat hewan sesuai dengan kandang tersebut. Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan hewan – hewan yang ada di sana.

Memberi makan, berfoto, sudah menjadi aktivitas wajib wisatawan di sini. Hewan – hewan pun seolah sudah tidak asing dengan kedatangan wisatawan. Dengan pawang yang ada, pengunjung dapat lebih mengetahui kehidupan tentang hewan tersebut.

Baca: Ayanaz Gedongsongo Semarang Tiket & Spot Selfie

Saung di Tepi Danau

Rumah Makan Saung di Desa Wisata Lembah Kalipancur. Foto: Gmap/Marcellino Soegijono

Selain aeroplane restaurant, pengunjung juga dimanjakan dengan saung di tepi danau. Di sini, pengunjung juga dapat menyantap makanan khas Indonesia. Menikmati hidangan sembari menyaksikan pemandangan sekitar.

Danau yang indah dikelilingi pepohonan rindang. Menambah sejuknya suasana. Apalagi jika angin sepoi datang berhembus, seolah tak ingin beranjak pergi.

Baca: Lawang Sewu Tiket & Pesona

Alamat Desa Wisata Lembah Kalipancur

Objek wisata ini masih berada di kawasan Kota Semarang. Tepatnya di daerah Semarang Barat. Yaitu di Jalan Candi Penataran Raya, Manyaran, Kecamatan Ngaliyan. Untuk informasi lebih lanjut, pengunjung dapat menghubungi nomor 024-762-9990. Atau dapat juga menghubungi nomor handphone di 0878-3226-0300.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,22 | 9 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini