Beranda Tiket Wisata

EMBUNG BANSARI Tiket Terjangkau Panorama Sempurna - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Embung Bansari : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Bansari, Bansari, Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia, 56265

Temanggung yang berada di kaki gunung Sindoro dan Sumbing memiliki sejumlah wisata menarik. Berada di ujung timur kota Temanggung terdapat destinasi wisata baru bernama Embung Bansari. Sebuah kolam penampung air hujan yang berada di atas ketinggian. Awalnya kolam ini dibangun untuk pengairan sawah dan kebun milik warga. Namun karena punya potensi akhirnya tempat ini dikelola menjadi tempat wisata pada akhir 2020.

Letaknya yang berada di ketinggian 1.300 Mdpl dengan pesona bentang alam luar biasa. Dari atas wisatawan bisa melihat kolam besar dengan Gunung Sindoro yang berdiri gagah di belakangnya. Bahkan ketika cuaca sedang cerah akan terlihat juga delapan gunung di Jawa Tengah. Gunung Sumbing, Merbabu, Merapi, Telomoyo, Prau, Andong, Ungaran hingga Muria. Bahkan ketika malam wisatawan bisa melihat dari kejauhan kerlap-kerlip lampu kapal laut utara Jawa.

Harga Tiket Embung Bansari

Meski baru, wisata Embung Bansari sudah menerapkan tarif tiket bagi setiap wisatawan. Tidak perlu khawatir karena harga tiketnya sangat murah meriah. Bahkan di hari-hari tertentu wisatawan juga akan mendapat pelet. Pelet ini bisa untuk memberi makan ikan yang ada di area embung.

Harga Tiket Masuk Embung Bansari
Tiket masukRp5.000
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: EMBUNG KLEDUNG Temanggung Tiket & Aktivitas

Jam Buka Embung Bansari

Wisatawan bisa berkunjung kapan saja ke Embung Bansari. Tempat wisata ini selalu buka 24 jam nonstop. Waktu terbaik untuk datang adalah pagi atau sore hari ketika cuaca sedang cerah. Pada saat malam kawasannya juga ramai pengunjung yang berkemah.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Embung di Kaki Gunung Sindoro

Embung dengan pemandangan yang sangat indah
Keindahan Embung yang berada di ketinggian 1.300mdpl kaki Gunung Sindoro. Foto: Gmaps/Soepiti Hatta

Keunikan dari Embung Bansari adalah letaknya yang berada di puncak perbukitan. Berada di atas ketinggian 1.300 Mdpl dengan pemandangan menakjubkan. Berdiri pada tahun 2019 dan berubah menjadi tujuan wisata di 2021, tempat ini langsung jadi primadona. Pesona Gunung Sindoro yang tampak gagah merupakan sajian utama. Ditambah dengan pemandangan sawah dan perkebunan warga di sekitar ikut menyemarakkan keindahannya.

Suasana sejuk khas pedesaan lereng gunung amat terasa di tempat ini. Embung Bansari bisa menjadi tempat yang tepat untuk menyegarkan pikiran. Bahkan ketika pagi wisatawan bisa merasakan sensasi berada di atas awan. Melihat lautan awan di bawah kaki tentunya menjadi pertunjukkan alam yang sangat memukau. Selain itu wisatawan juga bisa berkegiatan alam, salah satunya dengan berkemah.

Baca: WISATA POSONG Tiket & Aktivitas

Panorama Bentang Alam Embung Bansari

Jika membutuhkan penyegaran mata, Embung Bansari adalah pilihan yang tepat. Suasana sejuk pedesaan dengan hamparan perkebunan langsung menyambut ketika memasuki Desa Bansari. Tips sebelum memutuskan berkunjung ke tempat ini pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima. Karena area parkir wisata ini berada di atas dan berada persis di samping embung. Namun keuntungannya wisatawan tidak perlu berjalan mendaki.

Ketika sudah di atas pemandangan yang memukau akan menyambut. Kolam dengan luas 2453m² ini memiliki bentuk yang cantik. Apalagi berpadu dengan pesona pegunungan yang ada di sekitarnya. Ketika cerah, total ada sembilan gunung yang bisa terlihat dari tempat ini. Yang paling terlihat tentu adalah Gunung Sindoro yang berada persis di sebelah timur.

Baca: Pikatan Water Park Tiket & Aktivitas

Lautan Awan di Pagi Hari

Pesona embung dengan lautan awan
Ketika pagi wisatawan berkesempatan menyaksikan lautan awan yang ada di tempat ini. Foto: Gmaps/Sonny Gouw

Jika ingin menikmati pemandangan yang lebih cantik lagi, wisatawan bisa datang saat pagi buta. Berada di ketinggian lebih dari 1.000 Mdpl, Embung Bansari hadirkan pesona yang luar biasa ketika pagi. Selain menikmati momen matahari terbit, wisatawan juga bisa merasakan sensasi berada di atas awan.

Saat pagi lautan awan di bawah bukit Embung Bansari akan menyemarakkan suasana. Pada saat itu panorama di sekitar kawasan wisata terlihat spektakuler. Salah satu momen yang sangat untuk dilewatkan selama berada di sini.

Baca: Sibajag Green Canyon: Tiket & Ragam Aktivitas

Memberi Makan Ikan

Memberi makan ikan yang ada di kolam
Di tempat ini wisatawan juga bisa memberi makan ikan yang banyak hidup di dalam embung. Foto: Gmaps/Agus Susanto

Bagi yang mengajak anak-anak ada kegiatan menarik. Yaitu memberi makan ikan yang hidup di dalam kolam. Beragam jenis ikan hidup di embung ini. Bagi anak-anak kegiatan seperti ini tentu akan sangat mengasyikkan.

Menikmati Sunset

Jika sulit untuk datang pagi dan menikmati sunrise, sebagai gantinya wisatawan bisa menikmati sunset. Momen tenggelamnya matahari dari tempat ini juga tak kalah memukau. Wisatawan bisa bersantai menikmati senja sembari menikmati aneka makanan dan minuman hangat yang tersedia di warung-warung.

Baca: KLEDUNG PASS: Tiket & Pesona 2 Gunung

Berkemah di Embung Bansari

Pesona malam di atas puncak Embung Bansari
Ketika malam tempat ini sajikan pemandangan kerlap-kerlip lampu kota yang cantik. Foto: Gmaps/Raden Mas Yogi Priyanto

Lokasinya yang sangat asri dan alami membuat tempat ini sering menjadi pilihan untuk berkemah. Di sekitar area embung tersedia tempat mendirikan tenda. Dengan area yang cukup luas dan mampu menampung banyak tenda. Jika berkemah wisatawan bisa berkesempatan menikmati pemandangan malam hari yang sangat romantis.

Ketika cuaca cerah kerlap-kerlip lampu kota Temanggung dan Wonosobo terlihat sangat cantik. Selain itu jika menengok ke arah utara akan terlihat juga kelip lampu kapal dari laut utara Jawa. Kemudian dengan berkemah wisatawan tidak akan terlewat dengan indahnya pemandangan pagi hari di Embung Bansari.

Baca: Nepal Van Java: Tiket & Pesona

Fasilitas Embung Bansari

Meski merupakan wisata baru namun tempat ini sudah memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Beberapa di antaranya parkir luas, toilet, bangku untuk bersantai, mushola hingga kedai makanan dan minuman. Sementara untuk fasilitas akses masih berupa jalan berbatu dan menanjak. Jadi harus ekstra hati-hati untuk menuju ke tempat ini.

Lokasi Embung Bansari

Tempat wisata ini beralamat di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Berjarak sekitar 18 Km dari pusat kota Temanggung dan bisa ditempuh dalam sekitar 45 menit.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 21

Berikan Rating