Wisata Posong Lembah Sindoro terletak persis di kaki Gunung Sindoro. Melepas pandang dari lereng Sindoro, mata dan jiwa diteduhkan oleh hamparan alam yang asri. Terlihat jajaran hutan pinus, sawah, dan kebun tembakau di antara lekuk bukit.

Kawasan Wisata lemah sindoro ini berada di ketinggian 1.823 meter di atas permukaan laut. Destinasi wisata alam ini menempati area seluas 1,2 hektar. Area lembah Sindoro ini mulai dikembangkan sejak tahun 2010.

Harga Tiket Masuk Wisata Posong

Tiket masuk ke kawasan Wisata Posong dikenakan harga yang sangat murah. Pengunjung cukup membayar beberapa ribu rupiah saja untuk menikmati keindahan kawasan wisata ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Posong
TiketRp10.000

Baca: Dataran Tinggi Dieng Tiket & 14 Tempat Wisata Pilihan

Jam Buka Wisata Posong

Kawasan wisata ini dibuka mulai subuh hingga sore hari. Hal ini dikarenakan banyak wisatawan yang datang ke sini untuk menikmati sunrise Gunung Sindoro.

Jam Buka
Setiap Hari04.00 – 16.30

Aktivitas Wisata Posong Lembah Sindoro

Area Taman Wisata Posong Temanggung Jawa Tengah
Area Taman Wisata Posong Temanggung. Foto : Instagram/dhian_hardjodisastro

Dari tempat wisata Psong dapat terlihat jelas puncak Gunung Sindoro. Lanskapnya berpadu hamparan kebun sayur dan buah yang ditanam mengikuti kontur lereng gunung. Pemandangan di sini damai, rumpun awan dan bukit-bukit di bawahnya membuat wisatawan kagum.

1. Pemandangan Sepanjang Jalan dari Gardu Tiket

Objek ini dikelola warga dan pemerintah desa setempat itu. Dari gardu pembelian tiket dekat jalan utama, wisatawan perlu menempuh jarak 3,5 kilometer.

Jarak gerbang masuk sampai area utama kawasan wisata lembah sindoro ini membutuhkan perjalanan sekitar satu jam. Perjalanan melintasi kebun kopi dan tembakau dengan jalan lebar dan berlapis batu makadam.

Baca: Candi Borobudur Magelang Tiket & 4 Aktivitas

2. Sunset & Sunrise di Lembah Sindoro Posong

Menanti matahari terbit di Taman Wisata Posong Temanggung Jawa Tengah
Menanti matahari terbit di Taman Wisata Posong Temanggung. Foto : Instagram/pradanaantosujarwo

Wisatawan umumnya datang ke sini untuk menyaksikan matahari terbit. Setiap hari sekitar 100 pengunjung datang. Jumlah itu meningkat sepuluh kali lipat saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Objek wisata ini dari pukul 04.00 WIB, sekitar pukul lima pagi perlahan-lahan mentari pagi mengintip dari balik Gunung Sumbing. Perlahan semu bayang jajaran Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Muria, Ungaran mulai terlihat. Pukul 06.00 WIB rasakan dan nikmati hangatnya Golden Sunrise. Abadikan momen terbaik dari Posong.

Bukan hanya terbitnya matahari yang menjadi momen buruan wisatawan. Di sore hari wisatawan akan disuguhi pemandangan indahnya matahari terbenam. Pancaran sorot sinar matahari tampak seakan membelah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Baca: PUNTHUK SETUMBU Magelang Tiket & 5 Aktivitas Top

3. Pesona Keindahan Alam

keindahan lembah Gunung Sindoro
Keindahan alam lembah Gunung Sindoro merupakan atraksi utama wisata posong. Foto: Google Maps/ kukuh waluyo

Bila siang hari cuaca cerah, wisatawan akan disuguhi ‘samudera awan’ dengan tujuh puncak gunung. Pun jika cuaca sedikit mendung, Posong akan diselimuti kabut yang mencipta suasana syahdu. Udara sejuk dan juga tumbuhan-tumbuhan hijau terhampar luas.

4. Cakruk

Untuk menikmati panorama Posong, disediakan tiga cakruk (gardu) besar dan satu cakruk kecil yang bisa digunakan untuk duduk santai. Di sini biasanya para wisatawan duduk bersantai menikmati minuman hangat sambil menikmati pemandangan.

5. Wahana Outdoor

Flying Fox di Taman Wisata Alam Posong Temanggung
Flying Fox di Taman Wisata Posong Temanggung. Foto : Instagram/nofendy55

Wisatawan yang menyukai wahana aktivitas outdoor dapat juga menikmatinya di tempat wisata sini. Di sini tersedia Flying Fox, Mendaki, Outbond, serta treking lembah dan gunung. Tersedia juga taman bermain kecil untuk anak.

Baca: BATU PANDANG Ratapan Angin Dieng Tiket & Aktvitas

6. Beragam Spot Foto

Titik foto pertama dengan latar belakang tulisan ‘Posong’ dan Gunung Sindoro. Titik wisata ini sangat cocok buat wisatawan yang suka berfoto. Waktu terbaik untuk mengambil gambar di tempat ini adalah pagi dan sore hari. Kedua, titik foto sayap kupu-kupu. Titik foto ini sangat cocok terutama bagi anak-anak.

Titik foto ketiga yaitu gardu pandang. Titik foto ini memiliki keunikan dengan latar belakang Gunung Sumbing dan lanskap Temanggung. Titik ini juga menjadi salah satu titik foto terbaik bagi wisatawan di wisata ini.

7. Keindahan Langit Malam Wisata Posong

Melihat Milky Way saat malam di Taman Wisata Posong Temanggung Jawa Tengah
Melihat Milky Way saat malam dari kawasan wisata lembah Sindoro. Foto : Instagram/wisatatemanggung

Bagi wisatawan yang datang malam hari tak perlu kecewa. Langit perawan dataran tinggi Posong di malam hari kerap bertabur bintang. Bukan hanya pagi dan Golden Sunrise, Posong mempersembahkan keindahannya.

Saat malam hari milyaran bintang berada di atas persis kepala kita. Hamparan ‘Milky Way’ menghiasi angkasa malam Posong mengundang decak kagum wisatawan. Galaksi Bimasakti ini dapat nampak jelas karena minimnya polusi cahaya.

8. Area Berkemah

Berkemah di taman wisata Posong Temanggung Jawa Tengah
Berkemah di kawasan lembah Gunung SindoroTemanggung. Foto : Instagram/kang_cengoz

Posong juga membuka tempat berkemah. Wisatawan yang berminat bisa menghubungi pihak pengelola setempat.Menginap di wisata alam Lembah Sindoro Posong ini membuat wisatawan dapat merasakan sejuknya udara pegunungan.

Wisatawan dapat menikmati indahnya ‘milky way’ di saat cerahnya langit malam. Wisatawan juga dapat menikmati saat-saat ‘golden sunrise’ dan gumpalan ‘samudra awan’.

Baca: GEREJA AYAM Bukit Rhema Tiket & 5 Aktivitas Pilihan

Fasilitas Wisata Alam Posong

Di tempat wisata ini sudah tersedia bebagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Di antaranya yaitu toilet umum, musola, kamar mandi, dan sebuah warung kopi yang mudah ditemukan.

Lokasi Wisata Posong Temanggung

Kawasan wisata lembah sindoro ini berlokasi di Posong, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56264. Hanya berjarak 1 jam dari kawasan wisata Dieng dan Magelang.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.