Beranda Tiket Wisata

EMBUNG TAMBAKBOYO Tiket & Daya Tarik - Juni 2021

Embung Tambakboyo Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Ngringin, Condongcatur, Depok, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55281.

Ingin berwisata alam yang murah dan tak jauh dari pusat Kota Jogja, Embung Tambakboyo dapat menjadi solusinya. Waduk konservasi air yang berlokasi di Kecamatan Depok, Sleman. Area sekitarnya memang cocok menjadi sarana rekreasi yang menarik. Pemandangan sekitar pun dapat menjadi penyejuk di tengah padatnya perkotaan Jogja.

Di sini, berbagai kegiatan dapat dilakukan wisatawan. Seperti memancing, olahraga, berkuda, atau berjalan santai sambil menikmati panorama alam. Biasanya lokasi waduk ramai pada saat pagi atau sore hari. Tempat ini pun ramah wisatawan, terbukti dengan adanya fasilitas umum dan tersedianya warung makan.

Harga Tiket Masuk Embung Tambakboyo Sleman

Objek wisata ini tidak menerapkan tarif masuk. Namun, jika wisatawan datang dengan kendaraan akan dikenakan tarif parkir. Sesuai dengan kendaraan yang digunakan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Tarif Parkir
SepedaRp 1.000
MotorRp 2.000
MobilRp 3.000

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Terbaik di Sleman

Jam Operasional Embung Tambakboyo Sleman

Objek wisata ini buka sepanjang waktu. Namun biasanya pengunjung ramai pada saat pagi dan sore. Ketika sinar matahari sudah hangat dan bersahabat.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Indah dan Sejuknya Embung Tambakboyo Sleman

Pemandangan Indah Embung Tambakboyo
Pemandangan Indah Embung Tambakboyo. Foto: Gmap/Mohammad Haikal

Tak perlu jauh pergi ke desa untuk menikmati kesegaran udara. Warga Kota Jogja bisa mampir ke Embung Tambakboyo yang ada di Sleman, tak jauh dari pusat kota. Embung Tambakboyo adalah waduk yang dibangun mulai dari tahun 2003 dan selesai tahun 2008. Menempati areal yang begitu luas setidaknya mencapai 7,8 hektar.

Luasnya area tersebut mencakup tiga desa, yaitu Desa Condongcatur, Desa Maguwoharjo, dan Desa Wedomartani. Sedangkan waduknya sendiri dapat menampung air hingga 400.000 meter kubik. Tujuan awal dibangunnya tempat ini memang untuk pasokan air bersih permukaan serta konservasi sumber daya air.

Tak hanya itu, waduk ini juga berfungsi sebagai sarana rekreasi dan pariwisata. Banyak warga Jogja dan wisatawan luar Jogja ramai berkunjung ke sini. Karena kawasan sekitar waduk begitu sejuk dengan pemandangan hijau serta kejernihan air waduknya. Apalagi pada saat pagi hari, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan Gunung Merapi yang gagah menawan.

Baca Juga: BUNKER KALIADEM Sleman Tiket & Aktivitas Menarik

Tempat Olahraga paling Digemari

Pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke objek wisata ini. Karena udara di pagi hari begitu sejuk, dan sore hari pun suasana begitu teduh. Sehingga banyak pengunjung yang datang untuk berolahraga terutama untuk jogging. Melewati jalan setapak dari paving block menelusuri pinggiran waduk.

Jogging di sini tidak akan membosankan, karena suguhan indahnya panorama alam. Ditambah dengan pemandangan Stadion Maguwoharjo yang megah serta Gunung Merapi. Apalagi jogging sambil melihat air jernih di waduk, tentu sangat menyegarkan. Pepohonan di sekitar waduk pun turut melambai karena hembusan angin, membawa kesejukan tersendiri.

Kebanyakan pengunjung jogging mengelilingi waduk. Satu putaran penuh Tambakboyo memiliki panjang lintasan setidaknya 1,7 kilometer. Cukup untuk pemanasan dan mengeluarkan keringat sehingga badan menjadi semakin bugar.

Baca Juga: JOGJA EXOTARIUM Tiket & Aktivitas

Menikmati Pemandangan Senja

Senja di Embung Tambakboyo
Senja di Embung Tambakboyo. Foto: Gmap/Darmadi Pramono

Bagi penikmat senja, Embung Tambakboyo merupakan pilihan tepat untuk menghabiskan waktu. Kala senja tiba, matahari bersiap kembali ke peraduannya. Sinaran matahari mulai meredup, berganti dengan langit yang mulai berwarna jingga. Langit yang jingga memantul indah di permukaan air yang jernih.

Suasana berubah menjadi teduh dan semakin sejuk. Sesekali angin sore masih bertiup dengan lembut. Sayup-sayup terdengar suara adzan maghrib, dan pengunjung pun mulai meninggalkan kawasan waduk.

Baca Juga: Kampung Flory Sleman Wisata Ala Desa

Spot Favorit Memancing

Selain sebagai tempat olahraga, di sini juga menjadi spot favorit bagi pemancing. Masyarakat sekitar dan wisatawan yang gemar memancing sering memadati waduk untuk menebar kail. Terlihat beberapa orang membawa joran pancing serta pelet sebagai umpan. Selain pelet, ada juga yang membawa sebungkus cacing yang berguna sebagai umpan.

Ikan di sini beraneka macam, ada nila, wader, lele, dan lainnya. Pemerintah dan pengelola waduk sengaja menebar benih ikan di waduk. Supaya ikan dapat berkembang biak dan masyarakat pun dapat memanfaatkannya.

Baca Juga: STONEHENGE MERAPI Sleman Taman Batu Unik

Berkuda di Arena Pacuan Kuda

Area berkuda di sekitar waduk
Kuda Pacuan di Embung Tambakboyo. Foto: Gmap/Arista Anafia

Selama berada di kawasan wisata ini wisatawan bisa mencoba berkuda di pacuan kuda. Embung Tambakboyo memiliki arena pacuan kuda di dalamnya. Pastinya akan seru menaiki kuda sambil melewati halang rintang yang ada.

Sedangkan bagi yang belum mahir berkuda tenang saja. Karena di sini juga terdapat pelatih yang siap untuk melatih berkuda. Ingin berkuda dengan santai atau menaiki kuda pacuan, semua dapat dipelajari.

Arena kuda ini dikelilingi dengan pagar besi kuat. Meski tidak tinggi, kuda-kuda ini tetap aman tidak melewati pagar. Bagian alas pacuan pun terbuat dari tanah berpasir, sehingga cukup berdebu ketika kuda berlarian di atasnya.

Baca Juga: DESA LEDOKSAMBI Sleman Tiket & Aktivitas

Kuliner di Tepian Waduk

Kulineran di Pinggir Embung
Kulineran di Pinggir Embung. Foto: Gmap/pilot darat

Berwisata di sini tak perlu khawatir kelaparan. Karena tersedianya warung-warung yang siap memanjakan lidah wisatawan dengan kelezatannya. Untuk menemani sore, wisatawan dapat mencoba jagung bakar, kacang rebus, siomay, dan bakso bakar. Atau jika ingin lebih kenyang mampirlah ke tenda angkringan yang menyediakan berbagai makanan dan minuman.

Sebagai penyegar dahaga, ada es kelapa muda serta es dawet yang menjadi incaran wisatawan. Tentu tak ketinggalan sajian  kopi hangat yang bisa menemani pada saat senja mulai tiba.

Lokasi Embung Tambakboyo Sleman

Meskipun menempati tiga desa, namun lokasi waduk ini beralamat di salah satu kelurahan. Tepatnya di Ngringin, Kelurahan Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sedangkan untuk mencapai lokasinya memakan waktu kurang lebih 30 menit berkendara di Kota Yogyakarta.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini