Beranda Tiket Wisata

GRAHA MANGROVE Bontang Tiket & Daya Tarik - Januari 2021

Taman Wisata Graha Mangrove
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 09.00 - 21.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Gn. Binaya No.6, Gn. Elai,Bontang Utara,Bontang,Kalimantan Timur,Indonesia,75325.

Taman Wisata Graha Mangrove Bontang salah satu wisata mangrove milik Kalimantan ini terletak di pesisir selatan Bontang. Merupakan daerah pasang surut, yang terpapar udara saat surut dan tergenang air saat pasang. Lebih dari 7000 pohon bakau tumbuh di wisata mangrove ini.

Tidak hanya berfungsi untuk mencegah intrusi air laut, hutan mangrove juga layak dijadikan objek wisata. Panorama pepohonan dengan akar-akar tunjangnya yang mencuat ini menyuguhkan pemandangan alami ekosistem rawa. Hutan mangrove juga menjadi habitat bagi satwa-satwa liar yang berperan besar dalam ekosistem. Sebuah destinasi yang menarik dikunjungi untuk kegiatan liburan atau observasi.

Tiket Masuk GRAHA MANGROVE Bontang

Memasuki taman wisata mangrove pengunjung perlu mengeluarkan biaya yang cukup murah.

Harga Tiket Masuk
Tarif masukRp10.000

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Bontang

Jam Buka

Wisata Graha Mangrove Bontang buka setiap hari dari pukul sembilan pagi hingga pukul sembilan malam. Destinasi wisata ini banyak dikunjungi terutama pada akhir pekan.

Jam buka
Setiap hari09.00 – 21.00

Daya Tarik Wisata Graha Mangrove Bontang

Jembatan kayu warna-warni Taman Wisata Graha Mangrove
Jembatan kayu warna-warni yang digunakan sebagai jalan setapak menyusuri area mangrove. Foto: Google Maps/ Syl A

Wisata bernuansa alam di Bontang ini menawarkan panorama alam hingga lingkungan yang asri dan sejuk. Suasana yang alami ini menjadikan hutan mangrove Bontang termasuk dalam salah satu destinasi wisata. Cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman sambil rekreasi ataupun edukasi. Berbagai daya tarik yang dimiliki Wisata Mangrove Bontang membuat tempat ini selalu menarik pengunjung.

Menikmati Pemandangan Hutan Bakau

Perairan area mangrove
Menikmati panorama ekosistem Hutan Mangrove dengan airnya yang tenang dan rimbunnya pepohonan. Foto: instagram/estervioni

Di pintu jalan masuk utama pengunjung akan menemui tugu selamat datang. Di dekatnya berdiri sebuah panggung adat yang menyambut wisatawan. Namun objek utama dalam wisata ini merupakan pepohonan bakau yang tumbuh di sekitar perairan. Warna hijau dari rimbunnya dedaunan akan terasa menyegarkan mata serta pikiran.

Keberadaan hutan mangrove akan menjaga kelestarian daerah sekitar pantai dan  laut. Semua komponen bangunan pun dikembangkan dengan konstruksi kayu di atas air. Sehingga tetap ramah lingkungan dan menjaga kehidupan ekosistem mangrove. Pengunjung pun dapat menikmati panorama hutan bakau tanpa perlu merusak habitat di dalamnya.

Wahana dan gazebo yang disediakan semakin menunjang kegiatan mengamati laut dan hutan bakau. Udara bersih dan segar yang berhembus seolah meniup penat yang menempel. Sesekali pengunjung juga akan menemukan aneka satwa liar yang berkeliaran. Beberapa satwa seperti Iguana dan Musang juga sengaja dipelihara untuk menambah suasana wisata.

Wisata Edukasi Berbasis Alam

Menara pandang di tengah hutan
Menara pandang yang berdiri di tengah hutan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bird watching. Foto: instagram/aimsgalery

Wisata Mangrove Bontang atau Bontang Mangrove Park mengusung konsep edukasi, rekreasi, dan konservasi. Untuk mendukung fungsi mangrove sebagai sarana edukasi, disediakan informasi-informasi mengenai vegetasi hutan mangrove. Informasi-informasi ini terpajang hampir di sepanjang boardwalk di sekitar mangrove. Broadwalk ini terbentang sepanjang 1,3 km dari daratan sampai ke laut.

Kawasan Mangrove Bontang ini juga seringkali digunakan sebagai tempat penelitian. Pelajar atau mahasiswa dapat mengunjungi tempat ini untuk konservasi dan belajar mengenai vegetasi bakau. Selain itu juga dapat mengobservasi beragam fauna yang tersebar di habitat mangrove.

Terdapat juga menara pandang setinggi 20 m yang dapat dimanfaatkan untuk bird watching. Menara ini berdiri menghadap ke Selat Makassar. Sehingga pengunjung dapat mengamati sekawanan burung yang terbang di atas lautan. Selain itu dapat ditemukan rumah pemantauan bekantan dan burung kuntul serta kandang penangkaran.

Bersantai dan Rekreasi

Wahana permainan di mangrove Bontang
Wahana sepeda air yang dapat dinikmati bersama keluarga dengan bentuk menyerupai bebek yang cantik. Foto: instagram/supianasyauri

Kawasan Mangrove yang sejuk dan rindang merupakan destinasi yang bagus dikunjungi untuk rekreasi keluarga. Tempat wisata ini cocok untuk pengunjung dari berbagai usia, dari anak-anak hingga dewasa. Area wisata ini sebaiknya tidak dilalui kendaraan tetapi dengan berjalan kaki. Berjalan kaki akan melancarkan peredaran darah dan menyehatkan bagi tubuh.

Pengunjung dapat berjalan di sebuah jembatan yang disediakan sambil menikmati hutan yang rimbun. Jembatan atau broadwalk yang terbuat dari kayu ulin itu memiliki lebar yang cukup luas. Beberapa titik di kawasan Wisata Mangrove Bontang menyediakan gazebo yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat. Pengunjung dapat memanfaatkannya untuk melepas lelah sehabis berjalan kaki.

Wisata Graha Mangrove Bontang juga menyediakan berbagai wahana air yang dapat disewa dan dinikmati. Wahana itu antara lain speedboat, banana boat, perahu dayung, motor laut, hingga kolam pancing. Sebagian wahana mungkin tidak cocok untuk anak-anak karena terlalu ekstrim. Jadi, lebih aman dimanfaatkan jika bepergian dengan teman sebaya atau orang dewasa.

Fasilitas

Di Wisata Mangrove Bontang telah tersedia mushola, toilet yang bersih, juga gazebo. Terdapat juga kebun binatang aneka satwa mini. Bagi pengunjung yang ingin melaksanakan kegiatan di dalam ruangan tersedia Balai Pertemuan berkapasitas 200-300 orang. Di kawasan Wisata Mangrove juga banyak ditemukan kios, resto, atau kafe untuk memuaskan lapar.

Lokasi Wisata Graha Mangrove Bontang

Wisata Graha Mangrove Bontang terletak di Jalan Gn. Binaya No.6, Gn. Elai, Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur 75325. Terletak sekitar 120 km dari Kota Samarinda, berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur. Wisata Graha Mangrove ini terletak di dekat perumahan Bukit Sekatup Damai Bontang.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini