Beranda Tiket Wisata

GUNUNG PENANGGUNGAN: Tiket & Info Pendakian November 2021

Gunung PenanggunganHarga Tiket: Rp10.000 - Rp15.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Area Hutan, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, -

Gunung Penanggungan adalah salah satu gunung yang populer sebagai destinasi pendakian. Gunung ini terbentang di dua kabupaten di Jawa Timur. Sisi baratnya menempati Kabupaten Mojokerto, sementara sisi timur termasuk dalam Kabupaten Pasuruan.

Gunung Penanggungan juga dikenal sebagai Gunung Pawitra atau Puncak Pawitra. Berada di ketinggian 1.653 dpl, gunung ini memiliki beberapa pilihan rute pendakian. Tertarik untuk mulai menjajal pendakiannya?

Tiket Masuk Gunung Penanggungan

Pendaki perlu menyiapkan sejumlah biaya untuk mulai memasuki kawasan Penanggungan. Biaya ini sudah termasuk asuransi serta peta jalan. Di luar itu, jangan lupa untuk menyiapkan biaya akomodasi penginapan atau transportasi.

Harga Tiket Masuk
Parkir motorRp10.000
Parkir mobilRp25.000
RegistrasiRp10.000 – Rp15.000/orang

Informasi penting sebelum mendaki ke Gunung Penanggungan: 

  • Menunjukkan bukti vaksin minimal dosis pertama melalui aplikasi PeduliLindungi atau kartu.

Baca: 16 Destinasi Wisata Terbaik di Mojokerto

Jam Operasional

Pendakian ke Gunung Penanggungan terbuka untuk umum setiap harinya. Kawasan ini semakin ramai terutama ketika hari peringatan kemerdekaan Indonesia.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Mendaki Gunung Penanggungan

Keindahan bentang alam gunung penanggungan
Keindahan bentang alam gunung penanggungan. Foto: Google Maps/ Agnesia Walandouw

Gunung Penanggungan terletak di antara Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan. Meski gunung berapi, namun statusnya saat ini istirahat. Lokasinya masih satu kompleks dengan Gunung Arjuno dan Welirang.

Di antara ketiganya, Gunung Penanggungan memang tampak lebih kecil. Namun, gunung ini adalah tujuan favorit para pendaki di kawasan Jawa Timur. Selain masih asri, gunung ini menawarkan berbagai rute pendakian. Setiap rute memiliki pemandangan yang berbeda-beda.

Baca: GUNUNG ANJASMORO Tiket & Ragam Aktivitas

Persiapan Mendaki

pendaki menyusuri jalur pendakian
Salah satu jalur pendakian yang bisa dilalui untuk menuju Puncak Pawitra – Foto: Google Maps/Harris Frilingga K

Sebelum mendaki, pastikan segala persiapan telah matang. Tentukan jalur yang akan dilalui sesuai kemampuan. Ada lima rute yang bisa dijajal di sini. Rute tersebut adalah Jalur Betro, Jalur Jalatunda, Jalur Kedungdi, Jalur Tamiajeng, dan Jalur Ngoro.

Setelah memilih rute, siapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Meski di rute tertentu terdapat sejumlah warung, namun kawasan puncak tidak memiliki fasilitas apapun. Disarankan menyiapkan air minum minimal 3 liter untuk satu orang. Sebelum mulai, pendaki harus registrasi dan akan dicek kelengkapannya.

Tidak hanya perlengkapan, fisik pun harus disiapkan. Terdapat beberapa rute yang memiliki kemiringan hingga 60 – 80 derajat. Di musim hujan, tanah akan menjadi sangat licin. Persiapkan ketahanan fisik dengan berolahraga atau pemanasan sebelum mendaki.

Baca: RANU MANDURO: Wisata Sabana Berlatar Gunung

Pilihan Jalur Pendakian

hamparan bukit nan hijau
Pemandangan serba hijau yang terlihat dari Gunung Penanggungan saat hari cerah – Foto: Google Maps/muhammad odry

Di antara lima jalur yang ada, Jalur Tamiajeng adalah yang paling populer. Rute ini memiliki jarak yang cukup pendek dan kontur yang tidak terlalu terjal. Namun, tidak berarti pendakian akan mudah. Tetap ada titik-titik tertentu yang perlu diwaspadai keamanannya.

Bagi yang ingin ‘napak tilas’ sejarah, Jalur Jalatunda bisa dipilih. Pendaki akan diajak melewati beberapa situs arkeologi bersejarah berupa candi-candi. Begitu juga Jalur Kedungudi serta Jalur Wonosunyo.

Jika ingin merasakan sedikit tantangan, pendaki bisa mencoba Jalur Ngoro. Jalur yang dimulai dari Dusun Genting ini memang lebih terjal. Pastikan kondisi fisik sudah sangat siap jika ingin melewatinya.

Baca: AIR TERJUN DLUNDUNG Mojokerto Tiket & Aktivitas

Pesona Bentang Alam Gunung Penanggungan

pendaki mendirikan tenda di lereng gunung
Pendaki yang ingin berburu sunrise bisa mendirikan kemah di kawasan Gunung Penanggungan – Foto: Vaizal Amin

Jika melewati Rute Tamiajeng, dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk bisa sampai ke puncak. Terdapat beberapa pos yang harus dilalui sebagai checkpoint bagi pendaki. Setiap pos bisa jadi tempat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Semakin tinggi, semakin terlihat jelas pemandangan lereng dan kaki gunung yang menakjubkan.

Sesuai musimnya, pendaki akan disuguhi pemandangan yang berbeda di sepanjang perjalanan menuju puncak. Pada musim kemarau, hutan akan kering dan tanah cenderung berdebu. Sementara musim hujan perlu diwaspadai karena tanah yang licin.

Jangan lupa untuk memperhatikan kawasan bersejarah yang dilalui. Jalur Jalatunda dan Kedungudi menyajikan sejumlah candi peninggalan zaman Kerajaan Majapahit, lho. Gunung Penanggungan memang terkenal memiliki situs arkeologi yang tersebar di seluruh kawasannya. Sambil menikmati alam, pendaki juga bisa meresapi jejak sejarah yang tertinggal di sini.

Baca: Sendi Adventure Mojokerto Tiket & Ragam Aktivitas

Puncak Pawitra

suasana sebelum sunrise
Pemandangan lautan awan yang tampak sesaat sebelum matahari terbit – Foto: Google Maps/EiMz

Tidak sedikit pendaki yang memburu pemandangan matahari terbit di Gunung Penanggungan. Untuk keamanan, sebaiknya mendirikan kemah di kawasan stepa yang landai. Pendaki bisa beristirahat sambil menunggu matahari muncul di ufuk timur.

Tiba di Puncak Pawitra, pendaki bisa melepas lelah sambil menikmati pemandangan. Udara dingin akan mengundang lapisan awan turun dan menutupi kaki gunung. Di sekeliling, tampak gunung dan bukit lainnya yang tersebar di sekitar Puncak Pawitra.

Menurut mitologi yang beredar, gunung ini merupakan puncak dari para dewa, yaitu Gunung Mahameru. Oleh karena itu, gunung ini juga seringkali dianggap sebagai salah satu gunung suci atau keramat. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya peninggalan candi atau tempat peribadatan di sini.

Baca: Pacet Mini Park Mojokerto Tiket & Aktivitas

Terlepas dari kebenaran mitologinya, Gunung Penanggung memang pantas menyandang gunung favorit pendaki. Keindahan alam yang disajikannya akan memikat siapa saja yang mencicipi. Terlebih, para pendaki yang sudah berjuang menyusuri jalur pendakian. Pemandangan dari Puncak Pawitra jadi hadiah yang tak terkira nilainya.

Fasilitas Gunung Penanggungan

Fasilitas yang terdapat di Gunung Penanggung di antaranya area parkir dan pos registrasi. Pos-pos checkpoint terdapat di sepanjang jalur pendakian. Di pos tertentu, tersedia warung untuk membeli makanan atau minuman.

Lokasi Gunung Penanggungan

Gunung Penanggung terletak di Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Gunung ini memiliki banyak rute pendakian sehingga bisa diakses dari beberapa titik. Setiap titik merupakan desa yang bisa dicapai dengan ojek dari Mojokerto maupun Terminal Pasuruan.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 8

Kasi Bintang