Beranda Tiket Wisata

Gunung Salak Tiket Masuk & Beragam Aktivitas Alam - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Gunung Salak : Rp 19.000Jam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: -, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, 43172

Gunung Salak tak hanya terkenal akan kemistisannya, namun juga keindahannya. Gunung yang masih sangat asri ini sering kali menjadi tujuan bagi para pendaki menaklukkan puncaknya. Puncak Gunung Salak sendiri ada beberapa, ada Puncak Manik, Prabu, Sumbul, dan Fajar Kencana. Wisatawan pun bisa naik gunung tanpa harus menginap, atau terkenal juga dengan sebutan tek-tok.

Selain bisa untuk pendakian, di sekitar kawasannya juga terdapat beberapa objek wisata menarik untuk semua kalangan. Mulai dari air terjun, kawah, hingga taman bunga milik warga yang tinggal di kaki gunung. Meskipun tidak naik sampai ke puncak, wisatawan dapat bermalam di sini. Karena terdapat bumi perkemahan bagi yang ingin menginap.

Harga Tiket Masuk Gunung Salak

Untuk dapat menikmati objek wisata di sini wisatawan harus membayar tiket masuk taman nasional.

Harga Tiket Masuk Gunung Salak
Tiket masukRp 19.000

Baca: BUKIT HALIMUN Salak Tiket Masuk & Wahana

Jam Buka Gunung Salak

Objek wisata ini tidak menetapkan jam kunjungan tertentu, wisatawan bisa datang kapan saja. Namun tentunya, sebelum berkunjung harus menulis data diri dulu di depan pos sebelum masuk ke kawasan hutan.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Mengenal Gunung Salak yang Penuh Pesona

Pemandangan Indah Gunung Salak di Pagi Hari
Pemandangan Indah Gunung Salak di Pagi Hari. Foto: Gmap/Zulfi Gunawan

Gunung Salak adalah kompleks gunung berapi yang terletak di dua kabupaten, yaitu Sukabumi dan Bogor. Memiliki tinggi 2.211 meter, di mana terakhir meletus pada tahun 1938. Letusannya meninggalkan kawah di bagian puncaknya, yang kini populer sebagai destinasi wisata yaitu Kawah Ratu.

Banyak yang berpandangan Gunung Salak adalah yang mistis. Salah satu sebabnya yaitu adanya cerita turun temurun dari masyarakat sekitar gunung. Padahal sebenarnya gunung ini begitu indah, terlepas dari kisah mistis yang meliputinya. Memang benar jika jalan yang ditempuh menuju puncak begitu sulit, namun semua akan terbayar dengan keindahannya.

Gunung Salak sendiri memiliki alam yang terbilang masih perawan. Pepohonan tinggi menjulang dengan dahan dan ranting yang penuh dedaunan. Udara di kawasan ini juga masih sangat sejuk, bahkan di siang hari tak terasa panas. Wisatawan bisa mendengar suara burung-burung dan serangga yang menyeruak di seluruh penjuru.

Baca: GUNUNG HALIMUN SALAK Tiket & Wahana

Mendaki Gunung Salak

Wisatawan juga dapat Bermalam di Kawasan Gunung Salak
Wisatawan juga dapat berkemah di Kawasan Gunung Salak. Foto: Gmap/M. Rizqi Dwie Kholby

Meskipun banyak cerita simpang siur mengenai Gunung Salak, namun tak sedikit pendaki yang menaklukkannya. Jalur pendakian gunung ini terkenal sulit, bahkan jalur naik dan turun pun sulit. Pendaki akan berhadapan dengan jalan tanah, berlumpur, hingga terjal dan berbatu. Serta tanjakan yang kemiringannya mencapai 60 derajat, bahkan 90 derajat, sehingga harus dipanjat.

Namun, semua itu akan terbayar ketika sampai di puncak gunung. Menyaksikan keindahan alam dari puncak ribuan meter, memang sungguh bayaran yang setimpal. Gunung Salak sendiri memiliki banyak puncak, dan ada empat yang terkenal sebagai tujuan pendakian. Bahkan ada juga puncak yang dapat didaki tanpa harus menginap, yang tingginya hanya seribuan meter.

Beberapa puncak yang cukup populer misalnya Puncak Salak 1 atau Puncak Manik, yang tingginya mencapai 2.221 mdpl. Kemudian Puncak Salak 2 atau Puncak Prabu, yang tingginya di bawah Puncak Manik, yaitu 2.180 mdpl. Selanjutnya ada Puncak Salak 3 atau Puncak Sumbul yang memiliki ketinggian 1.926 mdpl. Dan terakhir Puncak Salak 7 atau Puncak Fajar Kencana dengan ketinggian 1.917 mdpl.

Baca: RANGGON HILLS Wisata Selfie Di Gunung Salak

Keindahan Kawah Ratu dan Pesona Kabutnya

Kawah Ratu
Kawah Ratu. Foto: Gmap/Teguh Jiwa Brata

Kawah Ratu merupakan salah satu destinasi yang populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Gunung Salak. Seperti namanya, tempat ini merupakan sebuah kawah bekas letusan pada tahun 1938. Kawah Ratu memiliki luas setidaknya 2 hektar, yang hingga kini masih mengeluarkan air. Tak hanya air, kawah ini juga mengeluarkan uap panas dan gas belerang.

Di kawasan ini, terdapat berbagai vegetasi tumbuhan yang cukup unik. Di bagian bawah kawah, terdapat gugusan pohon damar (Agathis dammara). Pohon dengan batang lurus tinggi menjulang, dan daunnya yang meruncing seperti daun bambu. Rata-rata tumbuhan di sini homogen, jadi pemandangan yang ada pun tampak seragam.

Tak hanya tumbuhan yang unik mendiami kawasan Kawah Ratu, banyak juga fauna unik di sini. Di antaranya ada monyet ekor panjang, jelarang, musang, dan berbagai jenis burung. Rata-rata wisatawan yang berkunjung ke Kawah Ratu akan berfoto dengan latar belakang kawah biru ini. Namun dianjurkan tidak terlalu lama, karena kandungan belerang yang tinggi berbahaya jika terhirup terlalu lama.

Baca: GUNUNG KENCANA Tiket Masuk & Jalur Pendakian

Bermain Air di Kolam Curug Cangkuang

Wisatawan dapat Bermain Bebas di Kolam bawah Air Terjun
Wisatawan dapat Bermain Bebas di Kolam bawah Air Terjun. Foto: Gmap/Enche Albchoriyy

Curug Cangkuang merupakan salah satu air terjun yang ada di kawasan Gunung Salak. Air terjun ini terkenal juga dengan nama Curug Undak Dua, yang berlokasi di perbukitan Cangkuang. Dari pintu masuk Taman Nasional, jaraknya hanya satu kilometer. Sepanjang perjalanan menuju curug, wisatawan akan disuguhi pemandangan indah berupa pepohonan pinus.

Setibanya di kawasan curug, wisatawan masih dimanjakan dengan pemandangan yang tak kalah indahnya. Air terjun yang tinggi dengan airnya yang begitu jernih, tampak putih seperti tirai turun menuju kolam. Kolam air di bawahnya pun tak kalah jernihnya, dan wisatawan dapat bermain bebas. Kebetulan, kolam di air terjun ini tidak dalam, sehingga aman untuk bermain.

Baca: GUNUNG BUNDER Tiket Masuk & Ragam Aktivitas

Mengunjungi Kebun Bunga Krisan

Di kaki Gunung Salak, terdapat sebuah perkampungan dengan keindahan tersembunyi, yaitu kebun bunga krisan. Bunga krisan adalah bunga yang biasanya digunakan sebagai bunga hias. Bunganya berwarna-warni, mulai dari putih, kuning, merah muda, ungu, dan warna lainnya. Baunya pun harum khas bunga, namun tidak menyengat.

Di ketinggian 700 mdpl, wisatawan dapat menuju kebun bunga krisan milik Haji Herman. Lokasinya terletak di Kampung Panagan, Desa Cidahu. Sang pemilik membiarkan wisatawan untuk mengunjungi kebun bunga pribadinya. Tak hanya wisatawan, mahasiswa, dosen, dan para peneliti pun seringkali berkunjung ke kebun ini.

Di sini, wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang bunga krisan yang indah. Wisatawan juga dapat belajar mengenai bunga krisan, dan tentunya membeli bunga tersebut. Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan tidak dipungut biaya sepeser pun. Yang terpenting, wisatawan tidak boleh merusak bunga yang ada di sini.

Lokasi Gunung Salak

Secara administratif Gunung ini berlokasi di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 25

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini