Beranda Tiket Wisata

GUNUNG BUNDER Tiket & Ragam Aktivitas Desember 2021

Gunung BunderHarga Tiket: Rp10.000 - Rp15.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jalan Gunung Bunder Desa Cimudal, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, -

Gunung Bunder adalah kawasan wisata dataran tinggi di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Kawasan ini terdiri dari dua desa yang memiliki puluhan tempat wisata alam. Berada di kaki Gunung Salak membuatnya kaya akan keindahan alam yang masih asri. Bagi penggemar wisata alam kawasan pegunungan ini adalah alternatif terbaik untuk berlibur selain kawasan Puncak.

Tiket Masuk Gunung Bunder

Untuk memasuki kawasan wisata Gunung Bunder, pengunjung perlu membayar tiket masuk. Tarif ini terpisah dari tiket masuk spot wisata di dalamnya. Secara keseluruhan, harga tiket setiap spot wisata masih terjangkau bagi semua kalangan.

Tiket Masuk
Harga Tiket MasukRp10.000 – Rp15.000 per orang

Baca Juga: 29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler

Jam Buka

Kawasan wisata Gunung Salak Endah selalu terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Kawasan ini paling ramai di masa liburan akhir tahun.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Gunung Bunder

"Salah

Gunung Bunder adalah istilah untuk menyebut kawasan wisata yang terdiri dari beberapa desa. Ada Desa Gunung Bunder 1, Gunung Bunder 2, hingga Gunung Picung. Semuanya sama-sama menyajikan suasana pedesaan yang asri dengan panorama Gunung Salak sebagai latarnya.

Gunung Bunder juga termasuk dalam area wisata Gunung Salak Endah (GSE). Kawasan ini terkenal sebagai alternatif liburan selain Puncak. Ini karena keduanya menawarkan daya tarik yang hampir mirip. Udara segar pegunungan, pemandangan alam menyejukkan mata, serta aneka spot wisata ramah keluarga.

Di sini berkemah menjadi kegiatan yang paling disukai. Disusul dengan kegiatan trekking karena banyaknya koleksi air terjun alami di sini. Selain dua aktivitas tersebut, masih banyak rekreasi lainnya yang bisa dijajal. Berikut adalah daftar aktivitas serta rekomendasi spot wisata di sekitar.

Berkemah di Gunung Bunder

Suasana di Camp Ground GUnung Bunder
Banyak tersedia bumi perkemahan dengan suasana dan fasilitas yang beragam – Foto: Google Maps/Nesepu Nusantara

Tidak sulit menjumpai area berkemah di kawasan Gunung Bunder. Yang sulit adalah memilih dari sekian banyak pilihan campground yang ada. Wisatawan tinggal menyusuri Jalan Gunung Bunder-GSE dan menentukan area berkemah sesuai keinginan.

Camping Ground Gunung Bunder adalah lokasi terdekat dari gerbang masuk. Ada juga bumi perkemahan yang berlokasi di luar area wisata. Misalnya D’bunder View serta Alun-Alun Kuta Genggelang.

Masuk lebih jauh ke dalam kawasan GSE, masih banyak lokasi berkemah lainnya. Jika ingin lebih dekat dengan air terjun, wisatawan bisa berhenti di Curug Cihurang. Di area yang lebih ramai ada Panorama Alam Camping Ground. Kebanyakan menyajikan area tanah lapang atau hutan pinus yang sejuk.

Ingin suasana yang berbeda? Ada Camping Ground Villa Pink Curug Seribu dengan danaunya yang cantik. Fasilitas glamping pun tersedia di sekitar kawasan wisata. Salah satunya di Camp Hills Eco Stay yang berada di Desa Gunung Sari.

Baca Juga: BUKIT ALESANO Bogor: Tiket & Aktivitas

Trekking ke Air Terjun

Curug Pangeran
Gunung Bunder menyimpan banyak air terjun alami yang menarik untuk dieksplorasi melalui kegiatan trekking – Foto: Google Maps/Ade Nugraha Prasetya

Kaki Gunung Salak menyimpan puluhan air terjun alami yang indah. Koleksi air terjun ini menyumbang kegiatan rekreasi di gunung ini yaitu trekking. Banyak area air terjun yang sudah dilengkapi tempat berkemah. Salah satunya adalah Curug Cihurang.

Curug lainnya yang bisa dikunjungi yaitu Curug Goa Lumut dan Curug Batu Ngampar. Ada juga Curug Ngumpet yang lokasinya agak tersembunyi. Jika ingin melihat air terjun tertinggi di Gunung Salak, kunjungilah Curug Seribu. Selain itu, Curug Lembah Tepus menghadirkan suasana air terjun yang cantik dan instagrammable.

Air terjun yang sudah cukup populer di kawasan ini adalah Curug Pangeran. Selain itu ada Curug Kondang dan Curug Nangka. Setiap spot air terjun memberlakukan tiket masuk. Tapi tenang saja, harganya sangat terjangkau dengan kisaran lima hingga sepuluh ribu rupiah.

Baca Juga: CURUG CIGAMEA Gunung Bunder Tiket & Aktivitas

Wisata Selfie

Pengunjung berpose di salah satu spot foto
Ranggon Hills memadukan keindahan alam dengan tren wisata selfie untuk menarik minat pengunjung dari kalangan muda menikmati keindahan sebagian TNGHS dengan gaya kekinian – Foto: Google Maps/Sriwidia Astuti

Zaman sekarang, jalan-jalan ke gunung sepertinya kurang lengkap jika belum selfie. Kegiatan berfoto ini semakin menarik karena semakin banyak tempat wisata yang mendukung. Contohnya Ranggon Hills yang berlokasi tak jauh dari Curug Pangeran.

Destinasi wisata ini menghadirkan pemandangan perbukitan yang indah. Untuk melengkapinya, tersedia sejumlah instalasi kreatif untuk berfoto. Ada gardu pandang, rumah pohon, hingga balon udara.

Serupa dengan Ranggon Hills, ada Bukit Panorama di Desa Gunung Sari. Selain spot foto di ketinggian, tempat ini juga menyediakan fasilitas lainnya. Beberapa di antaranya adalah area perkemahan dan kolam mata air alami yang segar.

Penginapan Eksklusif

Deretan bungalow di Centhini REsort
Selain bumi perkemahan, wisatawan bisa menjumpai berbagai akomodasi eksklusif – Foto: Google Maps/yuniarsih 991

Selain itu banyak juga opsi bagi wisatawan yang ingin menikmati akomodasi nyaman untuk staycation. Terdapat banyak akomodasi sejenis villa, bungalow, atau glamping di kawasan Gunung Bunder. Centhini Resort, Pondok Rasamala, dan The Michael Resorts adalah beberapa di antaranya. Keduanya menawarkan akomodasi di tengah hutan dengan fasilitas eksklusif.

Tidak jauh dari sana, wisatawan bisa menjumpai Kopi Tugoh. Kedai kopi kekinian ini merupakan opsi untuk nongkrong di tengah kawasan Gunung Bunder yang asri. Kopi Tugoh menyajikan menu kopi lokal dengan interior kafe yang modern dan nyaman.

Wisata Gunung Salak

Kawah Ratu yang memesona
Sungai yang mengalirkan air panas di sekitar Kawah Ratu – Foto: Google Maps/Eko Ajiwibowo

Melalui Gunung Bunder, wisatawan dapat menikmati wisata gunung berapi aktif. Bisa dengan pendakian ke puncak Gunung Salak. Atau, mengunjungi spot wisata yang memanfaatkan panas bumi.

Kawah Ratu adalah sisa letusan Gunung Salak yang bisa dikunjungi. Kawah ini menyajikan pemandangan bebatuan putih yang eksotis sebagai efek jejak belerang. Sungai di sekitar kawah pun mengalirkan air panas yang mengandung belerang.

Manfaat air panas ini bisa dirasakan dengan mengunjungi pemandian air panas. Wisatawan bisa mencoba berendam di Gunung Malang atau Ciparay. Keduanya menyajikan pengalaman berendam air panas di tengah alam terbuka yang unik.

Baca Juga: GUNUNG HALIMUN SALAK Tiket & Ragam Wahana

Fasilitas Gunung Bunder

Fasilitas rekreasi di Gunung Bunder tersedia dengan sangat lengkap dan memadai. Spot wisata yang tersedia yaitu campground, air terjun, penginapan, kolam renang, dan sebagainya. Setiap spot wisata rata-rata sudah dilengkapi area parkir, toilet, musala, dan warung. Banyak juga penyewaan alat berkemah maupun trekking dan hiking.

Lokasi Gunung Bunder

Desa Gunung Bunder berada di sebelah barat daya Kota Bogor. Tepatnya di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Lokasinya hanya berjarak waktu tempuh satu hingga dua jam saja dari Jakarta.

Akses jalannya bisa melalui Cikampak atau Cibatok. Tidak ada angkutan umum yang melintasi kawasan ini. Wisatawan disarankan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, motor, atau sepeda.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 10

Kasi Bintang