Beranda Tiket Wisata

GUNUNG KENCANA Tiket & Jalur Pendakian September 2021

Gunung KencanaHarga Tiket: Rp10.000 - Rp20.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Megamendung, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, -

Gunung Kencana salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pada tahun 2016, gunung ini terbuka secara resmi sebagai lokasi hiking. Meski terhitung baru nyatanya Kencana tak pernah sepi peminat.

Ketinggiannya memang hanya 2.000 mdpl. Namun, justru karena alasan itulah ia banyak digemari pendaki. Rutenya pendek namun tetap menantang dan menguras tenaga. Tidak hanya pendakian, Gunung Kencana juga bisa menjadi lokasi berlibur untuk keluarga.

Tiket Masuk Gunung Kencana

Pengunjung yang melalui jalur Ciburial hanya perlu membayar biaya Simaksi di loket pendaftaran. Sementara yang melalui Telaga Warna akan membayar tarif tiket masuk tambahan. Biaya ini belum termasuk tarif parkir kendaraan dan camping.

Tiket Masuk
Tiket Telaga WarnaRp10.000
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp10.000
Simaksi Gunung KencanaRp20.000
Berkemah per orangRp10.000

Baca Juga: 29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler

Jam Buka

Pendakian di Gunung Kencana terbuka setiap hari. Sangat direkomendasikan untuk berkunjung di musim kemarau. Ini untuk menghindari jalur pendakian yang licin.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Gunung Kencana

Panorama yang dijumpai dari Puncak Kencana
Pemandangan Puncak Gunung Pangrango yang terlihat dari kawasan Puncak Kencana ketika cuaca cerah – Foto: Google Maps/Rizky WR Official

Memang tujuan pendakian gunung di Indonesia sudah sangat panjang. Di Pulau Jawa saja, sudah ada puluhan gunung favorit para hikers berpengalaman. Lalu, bagaimana dengan pendaki pemula yang baru belajar?

Opsi gunung untuk pemula di Jawa juga tidak sedikit. Gunung Kencana di Kabupaten Bogor adalah salah satunya. Titik tertingginya yang hanya 1.802 mdpl menawarkan lintasan hiking yang cukup pendek. Sehingga, pendakian di sini aman untuk kalangan pemula.

Baca Juga: GUNUNG HALIMUN SALAK Tiket & Wahana

Jalur Ciburial vs Telaga Warna

Jalan makadam yang melintasi perkebunan teh nan asri
Baik jalur Ciburial maupun Telaga Warna menyajikan hamparan kebun teh yang menemani sepanjang perjalanan – Foto: Google Maps/Arie Pinz Channel

Sebelum memulai pendakian, terlebih dahulu tentukan rute menuju Gunung Kencana. Ada dua rute resmi yang bisa dilalui untuk menuju pos simaksi. Rute tersebut yaitu Ciburial dan Telaga Warna.

Telaga Warna adalah rute yang paling ramai. Ini karena akses jalannya cenderung mudah. Kekurangannya, pengunjung harus membayar tiket masuk tambahan ke area wisata Telaga Warna.

Rute Ciburial memiliki akses jalan yang agak sulit. Medannya berupa makadam yang menanjak dan berkelok-kelok. Namun, sepanjang perjalanan wisatawan akan terhibur pemandangan perkebunan teh yang asri. Rute ini bisa menjadi pilihan bagi yang ingin menghindari biaya tambahan.

Baik rute Ciburial maupun Telaga Warna tidak ada kendaraan umum apapun yang melintas. Kendaraan pribadi seperti motor atau mobil yang kuat menanjak jadi satu-satunya pilihan. Nantinya, kendaraan pribadi bisa parkir di Kampung LC yang menjadi gerbang masuk Gunung Kencana.

Baca Juga: TN Gunung Gede Pangrango Tiket & Aktivitas

Tanjakan Super ‘Pedas’

Tanjakan dengan sensasi 'pedas menggigit'
Tanjakan Sambalado yang populer karena menguras tenaga dan mampu membuat berkeringat layaknya menyantap sambal pedas – Foto: Google Maps/Faisal Efendi

Pos simaksi berada di Kampung Lahan Cadangan alias LC. Di sinilah wisatawan dapat menitipkan kendaraan untuk parkir dan bermalam. Warung Unang yang ada di sini menjadi semacam basecamp bagi pendaki.

Gunung Kencana memang terkenal ‘kecil-kecil cabe rawit’. Meski tingginya tak seberapa, namun tantangan jalurnya tidak bisa disepelekan. Pendaki akan langsung menemui tanjakan terjal ketika melewati gerbang. Saking terjalnya, pendaki harus melewati rangkaian tangga dari kayu dan bambu yang tersedia.

Tanjakan Sambalado, begitu orang-orang menyebutnya. Kemiringannya hampir tegak lurus. Tangga yang ada tersusun dari undakan dengan jarak tak menentu. Meski agak menyeramkan, namun tangga ini cukup kokoh dengan pegangan di kedua sisi.

Ada yang sempit, tapi kebanyakan lumayan lebar jaraknya. Cukup untuk membuat dengkul pegal dan betis keram. Hampir semua pendaki yang melintasinya tersengal-sengal, seperti orang baru menyantap sambal pedas.

Baca Juga: GUNUNG PAPANDAYAN: Tiket & Aktivitas

Pendakian Ramah Anak

Menikmati pengalaman berkemah di Puncak Kencana
Selain Tanjakan Sambalado, pendakian Gunung Kencana selebihnya cukup mudah dan cocok untuk pendaki pemula atau sebagai destinasi berkemah keluarga – Foto: Google Maps/Dabil Sullivan

Setelah berhasil melalui Tanjakan Sambalado, pendaki akan tiba di pos 1. Dari sini medan pendakian masih terus menanjak. Tentu saja tidak se-ekstrem Si Sambalado. Ada beberapa spot yang cukup landai untuk beristirahat.

Jalur pendakian akan banyak terdapat akar pepohonan. Tidak terlalu sulit, terutama ketika musim sedang kemarau. Pendaki tidak akan repot dengan jalan yang licin.

Pos 2 menjadi pos terakhir sebelum menjumpai puncak. Rute pendakian ini memang cukup pendek. Karenanya, anak-anak bisa ikut untuk mencoba pengalaman hiking di sini. Jalur hiking yang singkat ini juga cocok menjadi alternatif rekreasi akhir pekan.

Panorama dari Puncak

Gemerlap cahaya permukiman di Bogor yang terlihat dari Gunung Kencana
Pemandangan malam hari yang berhias lampu-lampu permukiman di kaki gunung – Foto: Google Maps/Klikukon

Pemandangan yang bisa didapatkan dari Puncak Kencana akan jadi hadiah tak terlupakan. Gunung kecil ini dikeliling alam Bogor yang asri. Di sebelah selatan, Puncak Gunung Pangrango tampak menjulang tinggi.

Ketinggiannya tidaklah terlalu mencengangkan, namun panorama sekitarnya mengundang decak kagum. Puncak Kencana adalah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam. Banyak yang sengaja berkemah di puncak demi mendapatkan pengalaman ini.

Pemandangan malamnya pun tak kalah romantis. Bentangan pegunungan melingkupi kawasan Bogor yang berhiaskan lampu kota. Lukisan malam ini hanya bisa terlihat jika berkunjung ke Gunung Kencana. Jadi, sudah tentukan kapan mulai mendaki di sini?

Fasilitas Gunung Kencana

Fasilitas pendukung terdapat di pos simaksi. Beberapa diantaranya yaitu area parkir untuk motor dan mobil, toilet, musala, dan warung makan. Tidak ada jasa rental peralatan mendaki atau berkemah di sini. Jadi, pastikan membawa peralatan yang lengkap secara mandiri dari rumah.

Lokasi Gunung Kencana

Gunung Kencana terletak di Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Tidak ada angkutan umum menuju pos simaksi, jadi pendaki sebaiknya membawa kendaraan pribadi. Jarak dari Kota Bogor ke Ciburial atau Telaga Warna sekitar 30 kilometer.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini