Beranda Tiket Wisata

SANGKRING ART SPACE Tiket & Koleksi - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Sangkring Art Space : Rp25.000Jam Buka: 11.00 WIB - 17.00 WIBNo Telp: 0274381032Alamat: Jl. Nitiprayan No.88, RT.01/RW.20, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kasihan, Kabupaten Bantul , Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55182

Tak hanya wisata alam dan budaya, Yogyakarta juga punya wisata pameran seni modern. Di kawasan Bantul ada tempat yang akhir-akhir ini sangat populer yaitu Sangkring Art Space. Tempat ini jadi fenomena baru bagi anak-anak muda Yogyakarta dan sekitarnya. Berkat kehadirannya semakin banyak anak muda yang tertarik berkunjung ke pameran seni.

Sangkring Art Space adalah ruang bagi para seniman memamerkan karyanya. Beragam karya seni kreatif terpajang mulai dari lukisan hingga patung. Selain itu tata kelola bangunan yang instagramable jadi daya tarik lainnya. Galeri ini sangat tepat bagi yang ingin melihat karya anak bangsa dari beragam daerah.

Harga Tiket Masuk Sangkring Art Space

Untuk melihat-lihat karya seni yang ada wisatawan akan dikenai biaya masuk. Harga tiketnya masih tergolong murah dan sesuai dengan apa yang didapatkan. Namun untuk berkunjung wisatawan harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Reservasi bisa melalui akun Instagram resmi @sangkringart.

Harga Tiket Sangkring Art Space
Tiket MasukRp25.000
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: KERATON YOGYAKARTA Tiket & Area Wisata

Jam Buka Sangkring Art Space

Sangkring Art Space buka enam hari dalam seminggu. Justru tempat ini tutup saat hari minggu. Jadi penting untuk mengetahui jam operasional dari tempat ini. Jam bukanya cukup panjang yaitu dari siang hingga sore hari.

Jam Buka
Senin –  Sabtu11.00 WIB – 17.00 WIB
MingguTutup

Sekilas Tentang Sangkring Art Space

Aneka karya yang dipamerkan di dalam galeri seni
Di dalamnya wisatawan akan menemui karya seni mulai dari lukisan, patung hingga seni instalasi. Foto: Gmaps/Jaw Arif

Sangkring Art Space adalah galeri pameran seni berdesain standar internasional yang berdiri atas gagasan Putu Sutawijaya. Beliau adalah seniman asal Bali yang sangat terkenal dengan karya-karyanya. Pendirian galeri seni ini untuk memberikan ruang bagi para penggiat seni rupa. Karena sebelumnya ia merasa ruang untuk seniman masih sangat sempit

Berdiri sejak 31 mei 2007 namun tempat ini baru populer beberapa tahun terakhir. Karena peran sosial media Sangkring Art Spaece lambat laun mulai terkenal. Bahkan saat ini menjadi wisata favorit khususnya bagi anak-anak muda. Di dalamnya wisatawan bisa melihat beragam karya seni rupa yang indah serta unik. Lukisan, patung hingga seni instalasi semua dapat dinikmati di tempat tersebut.

Baca: TAMAN PINTAR Yogyakarta Tiket & Wahana

Ruang Untuk Menghargai Karya Seni Rupa Nasional

Aneka lukisan yang dipamerkan di Sangkring Art Space
Dengan desain bangunan yang menarik di dalamnya wisatawan bisa melihat karya seni lukis dan banyak seniman. Foto: Gmaps/Oky

Sangkring Art Space adalah ruang untuk para seniman memamerkan karyanya kepada khalayak ramai. Sesuai motonya “yang tua dihormati, yang muda dihargai, yang pinggiran diperhatikan, dan yang alternatif diberi kesempatan untuk sama-sama berkarya”. Maka tempat ini membuka kesempatan seluas-luasnya kepada para seniman untuk berekspresi. Sangkring sendiri memiliki arti spirit antara diri dan masa lampau.

Galeri seni ini juga punya ruang pameran yang sangat luas. Sehingga kerap menjadi lokasi untuk pameran-pameran seni rupa berskala besar. Bagi yang tidak terlalu suka seni rupa mungkin akan langsung berubah pikiran ketika berkunjung. Keindahan yang tertata rapi menciptakan pemandangan yang sangat cantik. Hal itu juga yang bisa membuat wisatawan merasa betah.

Baca: LITTLE TOKYO Tiket Murah Wisata Ala Jepang

Terbagi Dalam Tiga Ruang Utama

Karya seni yang indah di Sangkring Art Space
Beragam karya seni rupa yang indah membuat wisatawan pasti terkagum-kagum. Foto: Gmaps/Arya Pinandiyo

Galeri seni ini sangat luas dan terbagi dalam tiga ruang utama. Ruang pertama adalah Sangkring Art Space. Ruang tersebut adalah tempat untuk memamerkan karya seni rupa dalam berbagai medium. Di ruang ini dapat dilihat aneka koleksi seni lukisan, patung dan seni instalasi.

Kemudian ada juga ruang Sangkring Art Project. Ini adalah ruangan alternatif untuk proyek seni eksperimental. Maksudnya ruang ini dipakai untuk menyatukan atau pencampuran seni dari berbagai latar belakang dan disiplin ilmu. Sangkring Art Project sangat terbuka untuk kemungkinan kolaborasi seni gaya baru. Dibandingkan Sangkring Arti Space, Sangkring Art Project jauh lebih muda. Ruang ini berdiri pada 18 maret 2011.

Yang terakhir adalah Bale Banjar Sangkring. Tempat ini mengedepankan spirit ala Bali yang merupakan tanah kelahiran Putu Sutawijaya. Bale Banjar Sangkring adalah ruang yang luas. Ruang ini berguna sebagai ‘public space’. Spirit edukatif juga terwujud dalam desain ruang kelas Bale Banjar Sangkring yang punya sekat-sekat terbuka.

Baca: CANDI PRAMBANAN Tiket & Aktivitas

Spot Foto Instagramable

Keindahan luar ruang di Sangkring Art Space
Setiap sudut tempat ini seakan memiliki nilai seni yang tinggi sehingga cocok untuk spot foto estetik. Foto: Gmaps/Yusdi Bachtiar

Yang menjadi daya tarik dari galeri seni ini adalah banyaknya area foto instagramable. Wisatawan bisa bebas memotret karya-karya seni yang dipamerkan di sana. Tak hanya itu setiap sudut dari tempat ini juga punya nilai seni yang sangat tinggi. Sehingga cocok sekali dipakai untuk berfoto ria. Hal tersebut juga yang membuat Sangkring Art Space tak pernah sepi kunjungan.

Tak hanya di dalam, pada bagian luar pun wisatawan juga sudah disambut dengan keindahan. Aneka bentuk instalasi yang tidak biasa sangat membuat penasaran.

Baca: XT Square Yogyakarta Tiket & Wahana Selfie

Spot Pendukung Yang Kekinian

Tak sampai di situ, Sangkring Art Space juga memiliki sarana pendukung lainnya. Bagi yang suka membaca terdapat perpustakaan mini. Di dalamnya memuat banyak koleksi aneka buku tentang seni. Selain itu tersedia juga coffe shop kekinian yang cocok untuk nongkrong. Setelah lelah berkeliling bisa nongkrong sambil menikmati segelas kopi.

Fasilitas Sangkring Art Space

Sebagai galeri seni berstandar internasional tempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. tersedia area parkir, toilet, ruang musik, dan ruang cendera mata. Bahkan di tempat ini juga tersedia homestay.

Baca: Museum Affandi Menyaksikan Perjalanan Sang Maestro

Lokasi Sangkring Art Space

Galeri Seni ini beralamat di Jl. Nitiprayan No.88, RT.01/RW.20, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya sangat strategis karena di pusat kota dan di tepi jalan utama. Hanya berjarak 5km dari titik nol kilometer Yogyakarta dan bisa ditempuh dalam waktu 15 menit. Dekat dengan Kampung Wisata Tamansari dan Keraton Yogyakarta.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 30

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini