Surabaya yang menjadi kota metropolitan kedua di Indonesia, tidak hanya menyuguhkan wisata kota. Wisata alam berupa kebun pun tersedia di tengah kota, yaitu Kebun Bibit Wonorejo. Sebuah area hijau yang dapat dinikmati oleh masyarakat dan wisatawan.

Dilihat dari kejauhan, akan tampak area hijau yang rimbun dan teduh. Banyak masyarakat sekitar yang menghabiskan waktu di sini untuk mengusir penat. Bahkan, tak sedikit wisatawan dari Surabaya yang berkunjung menikmati kebun ini.

Harga Tiket Masuk Kebun Bibit Wonorejo

Selain ramah lingkungan, wisata di taman rekreasi ini juga ramah di kantong. Betapa tidak, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk objek wisata ini. Sehingga bebas masuk tanpa membayar tiket, namun tetap membayar tarif parkir.

Harga Tiket Masuk Kebun Bibit Wonorejo
Harga tiketGratis
Tarif Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: Atlantis Land Kenjeran Tiket & 5 Wahana

Jam Buka Kebun Bibit Wonorejo

Meskipun gratis, objek wisata ini tetap dikenakan jam operasional. Sehingga pengunjung tidak bisa seenaknya masuk kapan saja. Tapi tenang saja, pengunjung dapat memilih waktu dari pagi hingga sore hari untuk berkunjung.

Jam Operasional
Setiap hari08.00 – 17.00

Asyiknya Wisata Hijau di Tengah Kota

area taman kebun bibit wonorejo yang tertata rapi
Area taman yang yang rindang serta tertata rapi akan membuat pengunjung betah berlama-lama di taman rekreasi ini. Foto: Gmap/Amelia Okta

Area hijau menjadi hal yang penting diwujudkan oleh suatu kota. Kebun Bibit Wonorejo menjadi tempat yang pas bagi warga sekitar untuk menenangkan diri. Lari dari kebisingan dan hiruk pikuk kota, serta melepas kepenatan aktivitas harian.

Sebenarnya, kebun bibit di Surabaya ada di dua kawasan. Yang pertama ada di Ngagel Jaya, dan yang satunya ada di Wonorejo. Namun, di sini lebih disukai karena lebih instagenik.

Baca: Waterpark Kenjeran Tiket & Wahana

Taman rekreasi ini sudah berdiri sejak 8 tahun yang lalu, tepatnya di tahun 2011. Sebelumnya, kebun hanya digunakan sebagai tempat pembibitan tanaman untuk penghijauan kota. Kemudian, dilakukan revitalisasi dan fungsi dari kebun lebih dimaksimalkan, yaitu sebagai objek wisata.

Menikmati Kesejukan Udara di Kebun Bibit Wonorejo

danau di kebun bibit wonorejo
Indahnya Danau di Kebun Bibit Wonorejo. Foto: Gmap/Tony Fernando

Hijau dan rindangnya Kebun Bibit Wonorejo membuat siapapun betah berlama – lama berada di sini. Sejuknya udara dan tiupan angin sepoi – sepoi membuat nyaman lingkungan sekitar. Tidak ada kendaraan bermotor yang diperbolehkan berada di dalam, sehingga sangat minim polusi.

Pemandangan yang ditawarkan objek wisata ini pun begitu indah. Pepohonan hijau menghiasi seluruh area kebun ini. Terlihat dari ukurannya, pepohonan ini sudah berusia puluhan tahun.

Baca: Hutan Mangrove Surabaya Tiket & Aktivitas

Pemandangan semakin indah dengan adanya danau yang hadir di sisi kebun. Di pinggir danau terdapat jembatan yang menjorok ke arah danau. Spot ini menjadi tempat favorit pengunjung duduk di tepi danau dan berfoto.

Bersepeda di tengah Sejuknya Udara

lintasan joging di sekitar area taman
Pengunjung dapat bersepeda santai di jalanan ini. Foto: Gmap/Adiyat Dofir

Kebun Bibit Wonorejo diapit oleh perbukitan. Tak heran jika suhu udara sangatlah sejuk. Selain berjalan santai, pengunjung juga dapat menikmati sejuknya lingkungan sambil berjalan kaki.

Jika ingin bersepeda, pengunjung dapat membawa sepeda sendiri untuk berkeliling. Sepeda bebas masuk ke area kebun, pengunjung pun dapat berkeliling dengan rute yang jauh.

Sayangnya, pihak pengelola belum menyediakan persewaan sepeda.

Mini Zoo Kebun Bibit Wonorejo

Di area seluas 5,9 hektar ini, tidak hanya ada pepohonan dan danau saja. Kebun ini juga dilengkapi dengan mini zoo dengan beberapa hewan. Tentunya, hewan yang ada di sini semua jenis hewan jinak dan kebanyakan herbivora.

Ada rusa serta berbagai jenis unggas. Pengunjung juga dapat memberi makan hewan – hewan di mini zoo dengan membeli kepada petugas. Makanan hewan ini diberi harga Rp 5.000.

Baca: Monumen Kapal Selam Tiket & Daya Tarik

Sebaiknya, pengunjung memberi makan dengan makanan dari petugas saja. Tidak diperkenankan memberi makan sembarangan, karena dikhawatirkan akan membuat sakit hewan.

Foto-Foto Menawan

Taman wisata ini juga memiliki kebun bunga yang tak kalah indah. Hamparan bunga warna – warni ini sangat cocok dijadikan latar belakang berfoto. Foto selfie maupun beramai – ramai pun cocok.

Bahkan, tidak sedikit pengunjung yang datang untuk melakukan sesi foto pre-wedding. Kombinasi asri dan indahnya pemandangan menjadi alasan utama lokasi ini dijadikan spot berfoto.

Lokasi Kebun Bibit Wonorejo Surabaya

Objek wisata ini berada di kawasan Rungkut Surabaya. Tepatnya di Jalan Raya Kendalsari No.70, Wonorejo, Rungkut, Surabaya. Wisatawan dapat menjangkaunya dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.