Kebun Binatang Surabaya - KBS Harga Tiket: Rp10.000 - Rp20.000 Jam Buka: 08.00 - 16.00 No. Telepon: 0315678703 Alamat: Jl. Setail No.1, Darmo,Wonokromo,Surabaya ,Jawa Timur,Indonesia,60241.

Rekreasi sekaligus edukasi sangat tepat jika berkunjung ke kebun binatang. Jika sedang di kota pahlawan bisa menyempatkan datang ke Kebun Binatang Surabaya (KBS). Meski sempat diterpa kabar yang kurang baik, namun kini kebun binatang ini terus berbenah.

Kebun Binatang Surabaya (KBS) mulai menata diri lebih baik. Koleksi hewan-hewan di sini semakin lengkap dan dalam kondisi sehat. Ditambah lagi lingkungan kebun binatang yang asri dengan tumbuhnya pepohonan. Taman-taman di dalam kebun binatang ini juga sangat tertata rapi. Sehingga wisatawan yang datang akan lebih nyaman saat berkeliling ataupun beristirahat di taman.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Untuk anak dengan tinggi kurang dari 85 cm, tidak dikenakan tiket masuk. Sementara, untuk menikmati wahana permainan di dalam kebun binatang, dikenakan biaya tiket lagi.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Surabaya (KBS)
Tiket masukRp15.000
Paket edukasiRp20.000
Sewa perahuRp10.000
Naik gajah, kuda, dan unta / satwaRp20.000
Foto dengan SatwaRp15.000
Memberi makan jerapahRp10.000

Baca: TAMAN SAFARI PRIGEN Tiket & Beragam Wahana Seru

Jam Buka Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Objek wisata ini buka setiap hari. Selain itu, ada juga jam tertentu saat memberi makan satwa dan pertunjukan.

Jam Buka
Senin – Jumat08.00 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu07.30 – 16.30 WIB
Memberi Makan Satwa dan Keeper Talk (Setiap Hari Minggu dan Hari Libur Nasional)
Binturong10.00 – 11.00 WIB
Harimau Benggala10.30 – 11.00 WIB
Pelikan11.30 – 12.00 WIB
Pecuk Padi Hitam11.30 – 12.00 WIB
Buaya12.00 – 13.00 WIB
Beruang Madu13.00 – 13.30 WIB
Komodo13.30 – 14.30 WIB
Jadwal Wahana dan RekreasiBuka pukul 08.00 WIB

Area Berbagai Jenis Hewan

Zebra di Kebun Binatang Surabaya KBS
Berbagai spesies hewan bisa dilihat di kebun binatang ini dari mamalia, burung, sampai reptil langka pun ada. Foto: Google Maps/Anindya Azizah Rahma

Kebun Binatang Surabaya (KBS) sudah berdiri sejak tahun 1916, yang dulunya berlokasi di Kaliondo. Kemudian, pada 1917 lokasinya dipindahkan di Jalan Groedo, namun dibuka untuk umum pada 1918. Sejak tahun 2013, KBS resmi menjadi Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Objek wisata ini memiliki luas kurang lebih 85.000 meter persegi. Yang mana terbagi dalam beberapa wilayah, baik untuk taman satwa serta taman rekreasi. Seiring berjalannya waktu, pihak pengelola juga terus menambah koleksi satwa di dalamnya.

Baca: Tempat Wisata Pilihan Di Surabaya

Tidak hanya itu, pengelola pun berupaya meningkatkan dan mengembangkan kelestarian koleksi satwa. Suasana objek wisata pun begitu asri dengan pepohonan yang memayungi. Ditambah lagi, fasilitas umum seperti tempat duduk yang menambah kenyamanan pengunjung saat berwisata.

Dunia Aves Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Taman Burung di Kebun Binatang Surabaya KBS
Dunia Aves di taman burung KBS dengan berbagai spesies. Foto: Gmap/Budiono Sukses

Kebun Binatang Surabaya (KBS) memiliki taman burung yang diisi berbagai spesies dari keluarga aves. Pengunjung dapat menyaksikan berbagai macam unggas dari Indonesia maupun belahan dunia lain. Satwa – satwa ini pun dibuatkan habitat seperti tempat aslinya di alam.

Ada burung pelikan dengan bulu berwarna merah muda dan mata merahnya. Ada juga burung beo dan pelikan dengan paruhnya yang terlihat kuat. Tak lupa burung asal Indonesia seperti jalak Bali dan burung hantu, dan spesies lainnya.

Dunia Mamalia KBS

zona mamalia
Dunia Mamalia yang Disesuaikan dengan Habitat Asli. Foto: Gmap/Eric Putra Bastian

Mamalia adalah koleksi terbanyak milik KBS. Ada berbagai macam mamalia besar hingga kecil dari seluruh belahan dunia. Seperti kuda nil, harimau, anoa, orangutan, jerapah, dan lainnya.

Baca: SUROBOYO CARNIVAL Tiket & Wahana

Dunia Reptil KBS

Di area ini pengunjung bisa melihat berbagai jenis reptil. Seperti berbagai spesies ular seperti phiton, buaya bahkan sampai hewan langka seperti Komodo juga ada.

Pisces Dunia Ikan KBS

Zona Aquarium
Dunia Ikan Kebun Binatang Surabaya (KBS). Foto: Gmap/Mawardi Arif

Tidak lengkap rasanya jika tidak ada dunia air. Beruntung, pihak KBS menyediakan aquarium untuk menampilkan koleksi dunia bawah airnya.

Sudah mulai ada kemajuan.. semakin banyak tanaman hias di setiap kandang hewan dan desain kandang2 hewan juga semakin indah.. Namun ada sedikit saran untuk akses pengunjung.. Alangkah baiknya jika jalur atau jalan pejalan kaki di semua area beri tanda arah panah dua jalur.. Agar tidak berbenturan pada saat pengunjung berjalan berlawanan arah apalagi jika volume pengunjung semakin banyak.. saran yang kedua agar diupayakan diseluruh jalur pejalan kaki di beri atap kanopi agar mengurangi dari sengatan sinar matahari.. – Review Pengunjung kbs – Ari Bagus Subandono

Wahana Permainan Dan Atraksi

Selain melihat langsung hewan-hewan, kebun binatang ini juga menawarkan berbagai wahana permainan dan atraksi. Wisatawan bisa mencoba menunggang gajah, unta, bahkan bisa bermain boom-boom car.

Berikut 15 wahana permainan yang ada di kebun binatang ini.

  1. Tunggang Gajah
  2. Kereta Onta
  3. Tunggang Onta
  4. Kid’s Zoo
  5. Aquarium
  6. Flying Fox
  7. Wisata Perahu
  8. Outbond
  9. Animal Edutainment
  10. Breakfast with Elephant
  11. Kolam Renang Anak
  12. Bungee Trampoline
  13. Setiap Hari, Kecuali Jum’at.
  14. Bom-Bom Car
  15. Taman Selfie

Fasilitas Kebun Binatang Surabaya (KBS)

KBS telah menyediakan fasilitas lengkap untuk pengunjung. Ada lahan parkir, mushola, toilet, restoran, dan bangku untuk duduk. Ditambah lagi, tempat sampah di beberapa tempat yang memudahkan pengunjung untuk menjaga kebersihan.

Baca: Kebun Binatang Bandung Tiket & Ragam Atraksi Satwa

Alamat dan Kontak KBS

KBS berlokasi di Jl. Setail No.1, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor 031-5678-703 atau email di pdtskbs@surabayazoo.co.id.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here