Beranda Tiket Wisata

Kebun Raya Bogor Tiket & 5 Zona Taman – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor : Rp16.500 - Rp26.500Jam Buka: Hari biasa: 08.00 - 16.00 WIB | Akhir Pekan 07.00 - 16.00 WIBNo. Telepon: 02518311362 / 085215668934Alamat: Jl. Ir.H. Juanda No.13 Paledang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16122

Kebun Raya Bogor taman hijau yang berada di tengah kota dengan berbagai koleksi tanaman dan rangka hewan. Misalnya kerangka ikan paus biru dan pohon jodoh. Kedua koleksi tersebut sudah termasuk langka dan hampir musnah di alam liar.

Awalnya kawasan kebun raya hendak dijadikan lokasi percobaan tanaman perkebunan. Namun seiring berjalannya waktu keberadaannya menjadi cikal bakal perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Dan lahirlah beberapa institusi yang bergerak di bidang botani. Misalnya Kebun Raya Cibodas, Laboratorium Treub, Herbarium Bogoriense, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor menetapkan harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Sayangnya antara hari biasa dan akhir pekan berbeda. Dan untuk mancanegara tarifnya sama dengan wisatawan lokal.

Harga Tiket Kebun Raya Bogor
Jenis Tiket Weekday Weekend
wisatawan lokal Rp 16.500 Rp26.500
mancanegara Rp 16.500 Rp26.500
Sepeda Rp15.000 Rp20.000
Parkir Kendaraan
Motor Rp5.000 Rp5.000
Mobil Rp50.000 Rp50.000

Baca: JUNGLE WATERPARK Tiket & Wahana Lengkap

Jam Buka Kebun Raya Bogor

Jam buka Kebun Raya Bogor bervariasi. Antara hari biasa dan akhir pekan mempunyai waktu yang berbeda. Tetapi untuk jam tutupnya sama.

Jam Operasional
Senin – Jumat 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu 07.00 – 16.00 WIB

Zona Wisata Di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor memiliki sejumlah zona menarik yang belum banyak orang tahu. Di antaranya ada Ecodom, Taman Bambu, Museum Zoologi, Taman Meksiko, dan Istana Kepresidenan. Kebanyakan dari wahana tersebut mengusung tema wisata edukasi sejarah dan alam. Berikut beberapa di antaranya

1. Museum Zoologi

Semua orang tahu bahwa Kebun Raya Bogor identik dengan Istana Kepresidenan. Yang mana sekitar halamannya banyak ditanami bunga-bunga bermekaran dan rerumputan hijau. Tapi tahukah, ternyata di dalamnya terdapat berbagai zona wisata edukatif. Salah satunya ada Museum Zoologi yang berisikan kerangka hewan langka.

Pendirian museum zoologi bertujuan guna memberikan wawasan kepada masyarakat agar mengenal dunia fauna. Tidak sekedar mengetahui namanya saja, wisatawan juga diajak melihat penampakan wujud fosilnya secara langsung. Seluruh kerangka hewan di museum tersebut sudah mengalami proses pengawetan menggunakan teknik tertentu. Dengan begitu tidak akan mudah rusak dan tentunya tahan lama.

Salah satu kerangka hewan paling terkenal yaitu Ikan Paus Biru. Hewan tersebut mempunyai ukuran tubuh yang besarannya dua kali lipat bangunan museum. Coba bayangkan, jika fosilnya saja sudah sebesar itu apalagi ukuran tubuhnya. Malah jauh lebih besar dan bahkan bisa menyerupai tubuh raksasa. Keajaiban yang luar biasa ini tidak mungkin bisa ditemukan wisatawan di tempat lain.

Baca: KEBUN RAYA Bogor Harga Tiket, Jam Buka & Zona Wisata

2. Ecodom

Bangunan endocome di Kebun Raya Bogor
Endocome banyak menyimpan berbagai macam jenis tanaman yang berasal dari wilayah beriklim tropis. Foto : Googlemap/Md. Habibur Rahman

Setelah mengenal dunia fauna di Museum Zoologi, lanjutkan aktivitas kunjungan ke Ecodom. Di sini wisatawan akan belajar banyak tentang dunia flora atau tumbuhan. Jenis tanamannya paling banyak dari wilayah beriklim tropis. Khususnya yang berasal dari Negara Indonesia sendiri.

Keunikan lainnya dari Ecodom adalah bentuk bangunannya yang unik. Yaitu berbentuk kubah besar dengan tanaman lumut menghiasi bagian atapnya. Penataannya sangat estetik dan membuatnya seperti daun yang sedang menggantung pada setangkai bunga. Keberadaan lumut-lumut itu berguna untuk membersihkan bakteri dan menyerap udara dari luar.

Pemandangan luar Ecodom juga tak kalah indah. Bagian atasnya berhiaskan keindahan langit biru dengan kumpulan awan putih. Sedangkan bagian bawah banyak dihiasi warna hijau rerumputan dan pepohonan rindang. Hal ini pula yang menjadikan Ecodom sebagai tempat favorit untuk berfoto.

Baca: KEBUN RAYA Cibodas Tiket Masuk, Jam Buka & Aktivitas

3. Istana Kepresidenan

Pemandangan Istana Kepresidenan Kebun Raya Bogor
Pemandangan Istana Kepresidenan menyuguhkan panorama bunga teratai bermekaran di atas air kolam yang jernih. Foto : Googlemap/Kurik Saja

Kebanyakan yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor memang ingin melihat kemegahan Istana Kepresidenan. Bagaimana tidak tertarik, sudah gratis dan bisa menjelajah area sekitar sepuasnya. Belum lagi keindahan taman dan danaunya yang memukau. Kemudian di sekitar istana banyak sekali tanaman bunga teratai tumbuh subur di atas kolam.

Wisatawan bisa duduk santai di tepi kolam sambil menikmati keindahan bunga teratai. Warna bunganya sangat cantik dan sungguh memanjakan mata. Terlihat warna merah muda berkilau mengerumuni seisi kolam. Serta keunikan daunnya yang berbentuk bulat hijau mengapung di bagian bawahnya.

Baca: CIMORY Dairyland Puncak Harga Tiket & 5 Wahana Seru

4. Taman Bambu

wahana taman bambu Kebun Raya Bogor
Taman bambu di Kebun Raya Bogor menyajikan pemandangan hijau pepohonan bambu yang sangat rindang. Foto : Googlemap/Anna As’ari

Selain memiliki kemegahan Istana Kepresidenan, Kebun Raya Bogor juga punya banyak taman cantik. Salah satunya ada Taman Bambu yang sering menjadi area berfoto. Dibandingkan area lainnya, bisa dibilang taman bambu yang paling unik. Alasannya karena kawasan ini banyak dihiasi ornamen menarik dari bambu.

Salah satu spot terbaik taman bambu yang bagus buat foto yaitu kubah segitiga. Sebuah ornamen kayu bambu yang berbentuk seperti atap rumah. Masing-masing kayu terikat menggunakan seutas tali agar menyatu secara sempurna. Bangunan ini terletak pada sebuah jalan setapak dekat pohon bambu.

Baca: WISATA ALAM SEVILLAGE Tiket Masuk & Wahana Spektakuler

5. Taman Meksiko

Tanaman Agave dan Sukulen di Kebun Raya Bogor.
Berbagai jenis tanaman Katus, Agave hingga Sukulen bisa dilihat di Kebun Raya Bogor. Foto: Google Map/ Fardiah Nafisah Oemar

Kebun Raya Bogor memang terkenal akan pesona tamannya yang unik dan berbeda. Kali ini ada Taman Meksiko dengan ciri khasnya berupa tanaman kaktus. Masing-masing tanaman mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari berukuran kecil hingga yang paling besar semuanya tumbuh subur di sini.

Berhati-hatilah saat melintasi kawasan Taman Meksiko. Karena lintasan jalannya banyak dipenuhi berbatuan besar dan kerikil kecil. Disarankan agar wisatawan mengenakan sepatu yang beralas tebal dan tidak terlalu longgar. Karena tak jarang kerikil kecil bisa masuk ke dalam sepatu tanpa sengaja.

Dan juga selalu waspada terhadap duri-duri dari tanaman kaktus. Ujungnya yang tajam bisa melukai wisatawan yang sedang melintas.

Baca: TAMAN SAFARI Bogor Tiket Masuk & Atraksi

Fasilitas

Pihak pengelola kawasan ini telah menyediakan berbagai macam fasilitas lengkap dan memadai. Terdapat lokasi parkir luas yang bisa memuat banyak kendaraan. Serta toilet umum yang bersih dan terawat. Ada juga tempat sewa sepeda, resto, dan bangku-bangku taman buat duduk santai.

Lokasi Kebun Raya Bogor

Wisata satu ini berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No.13 Paledang, Kecamatan Bogor Tengah. Persisnya berada di wilayah Kota Bogor, Jawa Barat. Semisal menggunakan transportasi mobil, wisatawan bisa lewat jalur tol Jagorawi berbelok ke kanan menuju Tugu Kujang. Kemudian arahkan ke BTM Mall, pintu masuk Kebun Raya Sebelum Mall BTM.

Sedangkan bagi pengunjung yang naik kereta bisa berhenti di Stasiun Bogor. Keluar dari stasiun ke kiri jalan terus hingga ke lampu merah. Setelah lampu merah belok kanan, hingga sampai ke Pintu Masuk Kebun Raya setelah mall BTM.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 37

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini