Beranda Tiket Wisata

Kebun Teh Nglinggo Wisata Alam Perbukitan - November 2019

Tgl. Update:Jumat, November 8, 2019
Kebun Teh Nglinggo Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 07.00 - 18.00 WIB No. Telepon: - Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo,Samigaluh,Kulon Progo,DI Yogyakarta,Indonesia,55673.

Siapa bilang kebun teh hanya ada di daerah pegunungan. Di kompleks Perbukitan Menoreh yang berada di Kabupaten Kulonprogo, DIY, terdapat kebun teh Nglinggo seluas lebih dari 136 hektare menghampar.

Sebenarnya kebun teh yang berada wilayah perbatasan antara Kabupaten Kulonprogo, DIY dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu sudah ada sejak era 1990-an. Namun berkat kreativitas warga, kawasan yang semula sekadar kebun pada umumnya, sejak 2015 lalu disulap menjadi sebuah objek wisata yang menarik.

Dengan mengandalkan pemandangan hijaunya hamparan kebun teh, udara yang sejuk, dan deretan gunung yang ada di sekitarnya, Kebun Teh Nglinggo kini jadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan saat berkunjung ke DIY. Bahkan, tahun lalu, objek wisata itu dianugerahi sebagai Community Best Tourism oleh Kementerian Pariwisata.

Kini, tempat tersebut sudah menjadi bak surga, tak hanya bagi wisatawan, namun juga untuk masyarakat setempat. Betapa tidak, masyarakat yang dulunya hanya meraup rupiah dari hasil kebun teh, kini mereka mendapatkan tambahan pendapatan dari wisata yang kian ramai pengunjung.

Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo

Untuk bisa merasakan kesejukan dan indahnya pemandangan di tempat wisata ini pengunjung tidak perlu membayar mahal. Cukup dengan beberapa ribu sudah bisa puas berekreasi di sini.

TIKET MASUK
Harga tiket masukRp5.000

Baca: 16 Tempat Wisata Alam Dengan Keindahan Menakjubkan di Yogyakarta

Jam Buka

Wisata kebun teh ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka mulai pagi hingga sore hari.

JAM BUKA
Senin – Minggu07.00 WIB – 17.00 WIB

Nikmati Segarnya Hamparan Kebun Teh nan Hijau

Kebun Teh Nglinggo
Kebun teh di Nglinggo yang ditata berundak-undak. Foto: Instagram/anafiinn

Meski tak seluas kebun teh yang sudah lebih populer di sejumlah daerah lain, bukan berarti lantas Kebun Teh Nglinggo menjadi objek wisata perkebunan yang membosankan. Masyarakat dan Pemkab Kulonprogo kini terus melengkapi fasilitas di objek wisata ini.

Sebut saja misalnya penginapan, area parkir luas, rumah makan, hingga gardu pandang sudah disiapkan masyarakat menyambut setiap wisatawan yang datang. Tak hanya itu, sejumlah wahana kini juga sudah ada, misalnya penyewaan kendaraan off road, serta spot-spot foto di dengan latar belakang luasnya panorama alam.

Baca: 5 Tempat Wisata Paling Seru Di Kulon Progo

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa trekking menjelajahi kompleks perbukitan dengan hamparan hijau tanaman teh. Konturnya yang naik-turun dijamin bakal menjadi sensasi tersendiri bagi wisatawan.

Trekking Naik-Turun Bukit

Salah satu bukit di area Kebun Teh Nglinggo
Salah satu bukit yang ada di kompleks Kebun Teh Nglinggo. Foto: Google Maps/Extra Stock

Area Kebun Teh Nglinggo terdapat beberapa bukit yang bisa dijelajahi oleh wisatawan yang memiliki hobi trekking. Sebut saja misalnya di sisi utara kebun, ada Bukit Kendeng serta Bukit Kukusan yang secara administratif masuk di wilayah Magelang, Jawa Tengah.

Tak jarang wisatawan rela bangun lebih pagi hanya untuk menikmati sensasi keliling kebun dan naik-turun bukit. Suasana kebun yang hijau dan udara yang sejuk membuat wisatawan terasa nyaman menjelajah.

Baca: PULE PAYUNG Kulon Progo Tiket & Spot Foto

Menghitung 8 Puncak Gunung

Salah-satu-Puncak gunung tampak dari kejauhan
Dari kawasan bukit di Kebun Teh Nglinggo, wisatawan bisa menyaksikan dari kejauhan beberapa puncak gunung. Foto: Google Maps/Haruyuki

Dari beberapa puncak bukit yang ada, wisatawan bakal disuguhi panorama alam yang memukau. Sejumlah gunung yang jadi atap Jawa Tengah seolah terlihat menyembul dari balik awan.

Jika musim kemarau, atau saat langit sedang cerah, wisatawan bakal bisa melihat deretan delapan puncak gunung dari kejauhan. Misalnya saja Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Sumbing, Sindoro serta Prau.

Baca: Wisata Mangrove Kulon Progo Tiket & Aktivitas

Jajal Ekstremnya Medan Perbukitan

Adrenalin wisatawan bakal terpacu ketika menjajal jip off road
Adrenalin wisatawan bakal terpacu ketika menjajal jip off road. Foto: Google Maps/Iwan Pramana

Tak hanya bisa trekking, penjelajahan ke spot-spot menarik di Kebun Teh Nglinggo, juga bisa dilakuka wisatawan dengan mengendarai jip off road. Tentu saja, jip yang dikendarai wisatawan bakal melintasi medan-medan ekstrem.

Untuk bisa menikmati sensasi naik jip di medan perbukitan yang ekstrem, wisatawan bisa membayar sewa dengan tarif beragam sesuai dengan paket yang dipilih. Setidaknya ada empat paket yang disiapkan oleh pengelola dengan tarif yang beragam, mulai dari Rp200.000 – Rp700.000 per jip dengan kapasitas tiga orang.

Baca: WISATA KALIBIRU Jogja Tiket & Pesona Alam

Penginapan di Kebun Teh Nglinggo

Suasana penginapan sengaja dibuat menyatu dengan alam
Suasana penginapan sengaja dibuat menyatu dengan alam. Foto: Google Maps/andang purwoko

Dengan jumlah penginapan yang tidak terlalu banyak, yakni tak lebih dari 23 unit, membuat suasana piknik wisatawan menjadi lebih nyaman. Suasana inilah yang sepertinya ingin dibangun oleh pengelola objek wisata ini.

Meski jumlah sedikit, namun kepuasan pengunjung tetap jadi hal utama. Bernuansakan alam, homestay bertarif murah antara Rp100.000 – Rp150.000 per malam.

Berburu Foto dengan Latar Luasnya Semesta

 Spot foto yang ada di area kebun teh.
Pengunjung berfoto di salah satu spot foto yang ada di Kebun Teh Nglinggo. Foto: Google Maps/Faen Enaharyani.

Sebagai objek wisata yang tengah naik daun, Kebun Teh Nglinggo banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah dan kalangan, tak terkecuali para pemburu foto. Gayung bersambut, hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat dengan membuat beberapa spot-spot foto yang unik, dan tentunya instagramable.

Bersantai di Kedai

Salah satu kedai di sekitar Kebun Teh Nglinggo
Kedai yang dibuat semi-terbuka membuat pengunjung bisa lebih nyaman. Foto: Google Maps/edy tamsil

Lelah berkeliling kebun teh dan kompleks perbukitan, wisatawan bisa beristirahat di kedai-kedai makanan dan minuman yang ada di sekitar kebun. Tentu saja, dengan konsep natural, kedai-kedai itu dibangun dengan konstruksi terbuat dari bambu.

Berpadu dengan hijaunya perbukitan dan udara yang sejuk, suasana bersantai pengunjung bisa kian sempurna. Apalagi dengan menyeruput secangkir teh hangat yang merupakan asli olahan masyarakat Nglinggo.

Rute dan Lokasi Menuju Kebun Teh Nglinggo

Secara administratif kebun teh nglinggo berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo , Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Lebih tepatnya berada di ujung barat DIY, di pucuk Perbukitan Menoreh.

Rute tercepat menuju ke Kebun Teh Nglinggo adalah dengan melewati Jalan Godean. Dari Tugu Jogja, silakan wisatawan ambil arah ke barat sekitar 18 kilometer menuju Kulonprogo. Setelah melewati jembatan Sungai Progo wisatawan akan menemukan traffic light.

Dari situ silakan belok ke kanan, kurang lebih 18 kilometer, setelah menemukan traffic light berikutnya, yakni persimpangan Dekso, wisatawan ambil ke arah kiri. Sekitar 10 kilometer, wisatawan Pasar Plono, dari situlah papan petunjuk ke pintu retribusi kebun teh berada.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here