Wisata Alam Kalibiru Harga Tiket: Rp10.000 - Rp30.000 Jam Buka: 06.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Waduk Sermo,Kokap,Kulon Progo,Daerah Istimewa Yogyakarta,Indonesia ,55653.

Berwisata ke Jogja tidak akan lengkap jika tidak menyambangi wisata alamnya yang mempesona. Satu yang tidak boleh dilewatkan dari Jogja adalah wisata Kalibiru. Objek wisata ini berada di Kulonprogo.

Tempat wisata ini dikembangkan menjadi kawasan wisata, yang dikelola oleh pemerintah serta masyarakat setempat. Dulunya, area ini merupakan kawasan hutan negara yang subur. Namun, pembalakan hutan telah merusak tempat ini, sehingga pemerintah ikut turun tangan meremajakannya.

Harga Tiket Masuk Kalibiru

Untuk memasuki objek wisata ini, pengunjung dikenakan tiket masuk. Selain itu, di beberapa spot foto juga dikenakan tarif tersendiri. Yang berbeda antara satu spot dengan spot lainnya.

Harga Tiket Masuk Kalibiru
Hari biasa Rp10.000
International Tourist Rp20.000
Spot Foto
Tarif spot foto Rp10.000 –  Rp30.000

Baca: Pule Payung Kulon Progo Tiket & Spot Foto

Jam Buka Kalibiru

Objek wisata Kalibiru dapat dikunjungi mulai pagi hari hingga sore. Pengunjung dapat berlama – lama menikmati keindahan pemandangannya. Terlebih ketika sore hari, pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam.

Jam Operasional
Setiap hari 06.30 – 17.00 WIB

Wahana & Aktivitas Wisata Kalibiru

jalur trekking menuju tempat wisata kalibiru yoyakarta
Jalur trekking yang sudah cukup rapi bisa dilalui wisatawan dengan mudah. Foto: Google Maps/ Michelle Phan

Wisata Kalibiru terletak pada ketinggian 450 mdpl, yang kini telah menjadi hutan wisata nan subur. Dengan perbukitan yang ditumbuhi oleh berbagai pepohonan, seperti cemara, jati, dan kayu putih. Tempat wisata ini terletak di pedesaan, tak heran jika banyak dijumpai rumah berarsitektur Jawa kuno.

Rumah – rumah ini difungsikan sebagai kantor pengelola serta loket tiket masuk. Setelah itu, pengunjung harus melakukan trekking di hutan untuk dapat menuju spot utama. Di sini, telah disediakan jalan setapak sehingga pengunjung tinggal mengikuti arah jalan tersebut.

Baca: Bukit Lintang Sewu Tiket & Spot Foto

Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan menemukan berbagai jenis vegetasi. Mulai dari semak – semak hingga pepohonan berbatang kayu yang bercabang – cabang. Selain itu, ada juga tanaman anggrek yang seolah bersembunyi di rimbunnya pepohonan.

Menilik Keeksotisan Kalibiru Jogja

gardu pandang foto berlatar gunung dan jurang di area wisata kalibiru
Pengunjung akan diberi pengaman ketika menaiki menara pandang. Dengan berlatar hijaunya area perbukitan dan pegunungan akan sangat memanjakan mataFoto: Gmap/Agung Juliyanto

Wisata Alam Kalibiru menyediakan menara pandang yang dapat digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan sekitar. Sembari berfoto dengan latar belakang perbukitan yang diselimuti hijaunya pepohonan. Menara pandang ini berupa pohon pinus yang telah dipasangi papan kayu dan tangga gantung.

Dari sini, pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan perbukitan dengan pepohonan. Tapi juga jajaran Pegunungan Menoreh dan Waduk Sermo yang berkelok. Waduk Sermo merupakan bendungan terbesar yang ada di Jogja.

Baca: Wisata Mangrove Kulon Progo Tiket & Aktivitas

Luas dari waduk tersebut mencapai 157 hektar, yang digunakan untuk pengairan dan perikanan. Bentuknya yang berkelok membelah pepohonan membuatnya tampak sangat indah. Jangan sampai terlewat untuk mengabadikan momen dari menara pandang.

Bermain High Rope dan Flying Fox

high rope dan flying fox
Beragam aktivitas menantang bisa dilakukan di sini, beberapa diantaranya seperti flying fox dan high rope. Foto: Gmap/Sapril Sembiring

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat menguji adrenalin dengan wahana yang ada. Terdapat high rope dan flying fox yang dapat dicoba. Berada di dataran tinggi membuat permainan ini begitu menantang nyali.

Di wahana high rope, pengunjung harus menyeberangi jembatan tali dan kayu. Pijakannya terbuat dari kayu kecil yang disusun dengan tali. Sementara pegangan dari jembatan berupa tali tambang, dan jembatan akan bergoyang ketika ditapaki.

Baca: Hutan Pinus Mangunan Tiket & Aktivitas

Jika kurang tertantang, pengunjung dapat merasakan sensasi meluncur dengan flying fox. Pengunjung akan dibawa melintasi pepohonan dengan kecepatan luncur yang luar biasa. Bonusnya, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan indah di bawah sambil seolah terbang.

Waktu yang tepat Mengunjungi Kalibiru

Spot foto dengan keindahan pesona alam dan gunung
Pengunjung yang data pada waktu dan tepat ketika cuaca cerah akan mendapatkan berbagai foto dengan pemandangan alam yang sangat eksotis. Foto: Google Maps/Nadya Tamara

Ada saat – saat tertentu yang membuat Wisata Alam Kalibiru menampilkan keindahan alamnya secara maksimal. Waktu yang tepat adalah ketika musim penghujan. Karena, pepohonan akan tampak hijau dan segar.

Jika di musim kemarau, pepohonan akan meranggas dan kuning. Sehingga kesannya justru panas dan gersang. Jika ingin mendapatkan pemandangan hijau yang mempesona, datanglah pada musim penghujan.

Baca: Bukit Bintang Yogyakarta Tiket & Pesona

Selain itu, datang di sore hari juga dianjurkan. Karena, bertepatan dengan waktu matahari terbenam. Dari menara pandang, pengunjung dapat menyaksikan indahnya mentari kembali ke peraduannya.

Fasilitas di Wisata Alam Kalibiru

Objek Wisata Kalibiru menyediakan fasilitas wisata yang lengkap dan terawat dengan baik. Ada toilet bersih, warung makan, dan area parkir yang cukup luas. Selain itu, ada juga homestay bagi pengunjung yang ingin menikmati kehidupan di desa.

Alamat Wisata Alam Kalibiru

Objek wisata ini berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Jogja. Untuk menuju ke sini, sebaiknya pengunjung menggunakan kendaraan pribadi.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent4,38 | 21 Pembaca

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here