Beranda Tiket Wisata

GUNUNG KENDIL Tiket & Daya Tarik - Mei 2022

0
Gunung KendilHarga Tiket Masuk: Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Bukit Kendil, Nglambur, Sidoharjo , Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55673

Kulon Progo yang dilalui rangkaian perbukitan Menoreh membuatnya memiliki alam pegunungan yang cantik. Pesona ketinggian menjadi wisata andalan dari daerah yang berada di sebelah barat Yogyakarta. Wisata Gunung Kendil adalah salah satu yang paling populer. Berada di perbatasan Kulon Progo-Magelang gunung ini tawarkan pemandangan yang cantik.

Walaupun namanya gunung, areanya lebih mirip bukit. Hal ini karena ketinggiannya yang hanya 1.019 Mdpl saja. Meski begitu Gunung Kendil menjadi salah satu yang tertinggi dari rangkaian perbukitan Menoreh. Lokasinya sangat cocok untuk menikmati momen sunrise atau sunset. Dari puncaknya akan terlihat gunung-gunung tinggi yang ada di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Gunung Kendil

Gunung Kendil bisa jadi alternatif wisata murah meriah yang ada di Kulon Progo. Wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam apabila ingin menikmati keindahannya.

Harga Tiket Masuk Gunung Kendil
Tiket MasukRp5.000
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: PANTAI TRISIK Tiket Murah Bisa Lihat Penyu

Jam Buka Gunung Kendil

Tidak ada jam operasional yang berlaku di tempat wisata ini. Jadi wisatawan bisa berkunjung kapan saja tanpa batasan waktu. Waktu berkunjung favorit adalah pagi atau sore hari. Karena sering menjadi lokasi untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Panorama Terbaik Perbukitan Menoreh

Pesona puncak Gunung Kendil
Dari puncaknya bisa terlihat gunung-gunung besar di sekitar Kulon Progo yang berdiri gagah. Foto: Gmaps/Toni Hermanto

Gunung Kendil adalah salah satu yang tertinggi dalam rangkaian perbukitan Menoreh. Perbukitan Menoreh sendiri memanjang di sisi barat Yogyakarta melewati Magelang, Kulon Progo dan Purworejo. Memiliki ketinggian hanya 1.019 Mdpl tak membutuhkan waktu lama untuk mencapai puncaknya. Dari atas wisatawan bisa melihat hijaunya alam Menoreh secara luas.

Selain itu dari puncaknya akan terlihat juga gunung-gunung besar yang ada di sekitar Provinsi DIY. Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing hingga Lawu bisa disaksikan secara jelas. Kawasannya bisa menjadi alternatif bagi yang mencari wisata pendakian namun tidak punya banyak waktu. Pesonanya dijamin bisa memanjakan mata dan menyejukkan jiwa.

Baca: PULE PAYUNG Kulon Progo Tiket & Spot Foto

Pendakian Gunung Kendil

Hanya memiliki tinggi 1.019 Mdpl sehingga tak butuh waktu lama alam untuk menggapai puncak Gunung Kendil. Selain itu sudah tersedia jalur anak tangga terbuat dari bati-batu kecil yang tertata. Jadi tempat ini sangat ramah meski bagi yang belum pernah mendaki sekalipun. Cocok dikunjungi bersama keluarga maupun anak-anak.

Cukup berjalan naik selama 30-45 menit wisatawan sudah bisa mencapai puncak gunungnya. Di sepanjang perjalanan alam Menoreh tak henti-hentinya menunjukkan pesona. Sejauh mata memandang hamparan hijau bukit, hutan dan sawah begitu memanjakan mata. Pada saat cuaca cerah puncak-puncak lain pun akan terlihat dengan jelas. Beberapa di antaranya adalah Puncak Suroloyo, Puncak Widosari dan Puncak Sariloyo.

Baca: 5 Daya Tarik Wisata Waduk Sermo

Bersepeda Ke Puncak

Gunung yang bisa dipakai untuk olahraga bersepeda
Jalurnya yang berupa tanah setapak memungkinkan untuk olahraga sepeda gunung atau downhill. Foto: Gmaps/Riyan Arvamedia

Selain berjalan kaki untuk mencapai puncak gunungnya bisa dengan bersepeda. Sepeda yang digunakan pun tidak boleh sembarangan. Harus sepeda khusus downhill karena medannya yang bergelombang. Meski bersepeda tapi akan terasa capeknya. Bahkan lebih capek dibandingkan jalan kaki karena harus terus menggowes di medan menanjak.

Namun ada sensasi tersendiri ketika bersepeda ke puncak Gunung Kendil. Perlu kehati-hatian ekstra karena jalurnya tidak terlalu lebar. Penting untuk mengecek kondisi sepeda dan menggunakan kelengkapan pengaman. Biasanya banyak yang bersepeda ke sini pada waktu pagi hari.

Baca: Kebun Teh Nglinggo Wisata Perbukitan Hijau

Bersantai di Puncak

Pemandangan hamparan hijau perbukitan Menoreh
Di gunung ini wisatawan bisa melihat hamparan perbukitan Menoreh yang sangat asri. Foto: Gmaps/Mega Nurmasari

Selama berada di puncak, hamparan pemandangan memukau membuat siapa saja betah berlama-lama. sejauh mata memandang hanya warna hijau dan biru yang mendominasi. Dari kejauhan tampak gagahnya Gunung Sindoro dan Sumbing.  Selain itu di sebelah timur Gunung Merbabu dan Merapi juga terlihat begitu cantik dari puncak Gunung Kendil.

Ketika siang kondisi di puncak sangat panas. Beruntung di area puncak terdapat beberapa gazebo untuk berteduh. Namun jika ingin menjelajahi seluruh area puncak waktu paling ideal adalah pagi atau sore hari.

Baca: Bendungan Kamijoro Sunset Eksotis Di Sungai Progo

Sunrise Atau Sunset di Gunung Kendil

Sunrise di Gunung Kendil
Ketika pagi suguhan pemandangan sunrise dengan awan berarak di bawah puncak sangatlah indah. Foto: Gmaps/Yusuf Hmzh

Gunung ini adalah salah satu lokasi terbaik untuk menikmati matahari terbit dan terbenam di Kulon Progo. Ketika pagi wisatawan bisa menyaksikan momen indahnya matahari muncul dari balik perbukitan Menoreh. Selain itu hamparan lautan awan yang berarak di bawah puncak menjadi pemandangan yang sangat indah.

Namun belum tentu wisatawan bisa menikmati pemandangan tertutup. hal itu karena tempat ini kerap tertutup kabut ketika pagi. Selain sunrise bisa juga menikmati momen sunset yang romantis dari gunung ini. Hamparan warna hijau disorot langit jingga menjadi pesona yang wajib untuk diabadikan.

Ketika malam pesona tempat ini tidak berhenti. Gemerlap lampu kota Kulon Progo dan Yogyakarta tampak begitu cantik. Untuk menyaksikan hal tersebut wisatawan bisa berkemah. Tersedia banyak area berkemah yang memadai.

Baca: TAMAN SUNGAI MUDAL Tiket & Daya Tarik

Kendaraan Wajib Prima

Sebelum berkunjung ada baiknya memperhatikan kondisi kendaraan. Pastikan kendaraan kuat menanjak dan rem dalam kondisi baik. Hal itu karena akses untuk menuju lokasi cukup berat. Jalannya berupa jalan desa yang tidak terlalu lebar. Selain itu kondisinya bergelombang dan medan naik turun.

Begitu juga yang ingin datang ketika sore dan pulang malam hari. pastikan lampu kendaraan memadai karena jalan menuju tempat wisata ini masih minim penerangan.

Fasilitas Gunung Kendil

Meski belum terlalu banyak namun fasilitas yang ada di tempat wisata ini sudah cukup memadai. Terdapat area parkir, toilet, gazebo, warung kuliner dan mushola.

Lokasi Gunung Kendil

Tempat wisata ini beralamat di  Jl. Bukit Kendil, Nglambur, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Berjarak cukup jauh dari pusat kota Kulon Progo yaitu 33 km. Bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 30

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini