Beranda Tiket Wisata

PUNCAK WIDOSARI Tiket & Pesona Oktober 2021

Puncak Widosari YogyakartaHarga Tiket: Rp. 6.000Jam Buka: 06.00 - 18.00No Telp: -Alamat: Tegalsari, Ngargosari,, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Indonesia, 55673

Kawasan Kulon Progo, Yogyakarta cukup terkenal dengan keanekaragaman objek wisatanya, salah satunya yaitu Puncak Widosari. Objek wisata yang menawarkan keindahan pemandangan alam sekitar Kulon Progo. Seperti namanya, tempat wisata ini memang terletak di kawasan perbukitan Menoreh.

Berada di ketinggian 900 Mdpl pemandangan gunung dan perbukitan yang hijau merupakan panorama utama. Selain itu, pemandangan kota Yogyakarta dan pantai selatan juga terlihat dari sini. Ditambah dengan hamparan kebun teh yang mengelilingi puncaknya.

Harga Tiket Masuk Puncak Widosari Yogyakarta

Wisata alam ini menawarkan harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Dengan harga tiket tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dan berbagai spot foto. Namun, harga tiket masuk belum termasuk biaya parkir untuk kendaraan pribadi. Untuk menuju ke area wisata pengunjung harus berjalan dari tempat parkir ke puncaknya.

Harga Tiket Masuk
Anak-Anak/DewasaRp6.000
Tarif Parkir
MotorRp3.000
MobilRp5.000

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Menarik di Kulon Progo

Jam Buka Puncak Widosari

Objek Wisata ini buka dari pagi hingga sore hari. Sebagian besar pengunjung memilih datang di pagi ataupun sore hari. Karena udara pada pagi dan sore hari masih terasa sejuk dan tidak panas. Walaupun letaknya di ketinggian, tetapi tempat ini tetap terasa panas saat siang hari. Terutama, jika sedang musim kemarau.

Jam Buka
Senin – Minggu06.00 – 18.00

Aktivitas Di Puncak Widosari Yogyakarta

Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kulon Progo. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keindahan alam di sini. Swafoto dengan latar belakang bukit dan kebun teh salah satu yang paling menjadi incaran. Selain itu, masih banyak aktivitas menarik lainnya di sini, berikut beberapa diantaranya:

Pemandangan Alam, Sunset dan Sunrise

Pemandangan Alam Perbukitan Menoreh Yogyakarta
Pengunjung Tampak Menikmati Keindahan Alam Dari Atas Objek Wisata Puncak ini. Foto: Google Maps/Fauzi Ahmad

Perjalanan untuk mencapai lokasi puncak ini memang terbilang cukup melelahkan. Karena pengunjung harus melewati jalan yang menanjak dan tangga-tangga yang banyak. Tetapi, rasa lelah tersebut terbayar dengan keindahan pemandangan alam yang 360 derajat. Dari ketinggian 900 mdpl dapat terlihat area perbukitan yang didominasi dengan warna hijau.

Hijaunya bentang alam tersebut didominasi pepohonan dan hamparan kebun teh. Bahkan dari puncak ini, pengunjung dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Di samping itu, pemandangan Kota Yogyakarta, Magelang, dan Purworejo juga terlihat samar-samar. Jika tidak ada kabut, pesona pantai selatan juga menjadi tambahan pemandangan dari bukit ini.

Tidak hanya pemandangan alam, pengunjung juga dapat melihat sunrise dan sunset dari sini. Agar mendapatkan momen sunrise yang tepat, pengunjung bisa datang di pagi hari. Tetapi, jika ingin melihat momen sunset, sebaiknya datang lebih awal di sore hari. Untuk melihat sunset tanpa terhalang pemandangan bukit, sisi barat merupakan spot yang tepat.

Spot Foto Keren

Spot Foto Puncak Widosari Yogyakarta
Pengunjung yang Tampak Berfoto dengan Latar Belakang Puncak Batu Besar Pada Tempat Wisata ini. Foto: Google Maps/Zulistya Adi

Spot foto yang ada di tempat wisata ini cukup banyak dan menarik. Sebagian besar berlatar belakang pemandangan alam, seperti bukit dan pepohonan hijau. Gardu pandang yang terletak di ujung puncaknya menjadi spot foto favorit. Karena spot tersebut dekat dengan pemandangan puncak batu yang besar dan terlihat dramatis.

Kemudian, tulisan di pintu masuk Puncak Widosari juga sering menjadi arena foto lainnya. Selanjutnya ada juga spot foto di area tangga yang menuju ke wisata. Biasanya pada saat pagi hari berswafoto di sini akan lebih eksotis dengan pemandangan alam yang berbalut kabut. Berswafoto sambil duduk di bangku-bangku juga dapat menjadi pilihan.

Olahraga dan Bersepeda

Pesepeda Di Wisata Widosari Kulon Progo
Pesepeda yang Terlihat Mengambil Foto Pada Spot Foto Favorit Di Puncak ini. Foto: Google Maps/Arif Sulistiyo

Kendaraan pribadi seperti motor dan mobil hanya bisa sampai area parkir saja. Sehingga, pengunjung harus menyusuri jalan dan tangga yang cukup banyak untuk mencapai puncak. Terdapat sekitar 200 anak tangga yang harus dinaiki. Tak heran jika banyak yang datang ke sini selain untuk berekreasi juga berolahraga.

Bagi yang menyukai aktivitas bersepeda juga bisa memanfaatkan area wisata ini. Karena jalan yang dilalui cukup menantang dengan medan tanjakan. Untuk pesepeda hanya dapat mengendarai sepeda di beberapa jalur saja. Kemudian, pesepeda harus membopong sepedanya saat menaiki tangga.

Fasilitas

Gazebo Di Tempat Wisata Widosari Yogyakarta
Pengunjung Tampak Bersantai Di Fasilitas Gazebo yang Telah Disediakan. Foto: Google Maps/Zulistya Adi

Harga tiketnya yang sangat terjangkau tidak mempengaruhi fasilitas yang tersedia. Untuk fasilitas umum yang tersedia tergolong cukup lengkap. Beberapa diantaranya seperti tempat parkir, toilet, gazebo, bangku, hingga warung makan. Selain itu tempat wisata ini pun memiliki kebersihan yang baik.

Rute dan Lokasi

Puncak Widosari terletak di dataran tinggi Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasinya cukup dekat dari Kota Yogyakarta. Namun, akses jalan menuju lokasi masih cukup sulit karena harus melewati jalan menanjak. Tetapi, jalan ini masih dapat diakses dengan menggunakan motor ataupun mobil.

Jarak yang tempuh dari Kota Yogyakarta menuju tempat wisata ini sekitar 36 kilometer. Dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit. Untuk lokasi wisatanya sendiri cukup mudah ditemukan karena searah dengan Kebun Teh Nglinggo. Jika memulai perjalanan dari Kota Yogyakarta dapat mengambil arah menuju Samigaluh.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini