Beranda Tiket Wisata

PUNTHUK MONGKRONG Tiket & Pesona - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Punthuk Mongkrong : Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Giritengah, Olgung, Giripurno, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56553

Kecamatan Borobudur sudah sejak lama terkenal dengan adanya bangunan warisan dunia Candi Borobudur. Tak jauh dari peninggalan sejarah ini terdapat tempat wisata yang juga menarik yaitu Punthuk Mongkrong. Hanya berjarak sekitar 8 Km dari lokasi candi, lokasinya menawarkan pemandangan perbukitan yang tak kalah indahnya.

Memiliki ketinggian sekitar 624 Mdpl, Punthuk Mongkrong merupakan satu dari lima bukit yang terkenal di Magelang. Dari sini wisatawan bisa menikmati panorama indah alam perbukitan hijau dan asri. Gunung-gunung tinggi yang mengelilingi Kota Magelang pun juga terlihat jelas dari puncak bukit ini. Misalnya Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing berdiri gagah dan memberikan pesona yang luar biasa.

Harga Tiket Masuk Punthuk Mongkrong

Untuk menikmati keindahan dari puncak Puthuk Mongkrong wisatawan perlu membayar tiket masuk. Tarif masuk di tempat ini sangat terjangkau dan tergolong murah meriah. Tidak ada perbedaan harga antara hari biasa dengan akhir pekan/hari libur nasional. Harga tiket itu pun sudah termasuk dengan spot foto yang ada di puncak bukit.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp10.000
Tarif Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: CANDI BOROBUDUR Tiket & Aktivitas

Jam Buka Punthuk Mongkrong

Wisatawan bisa berkunjung kapan saja ke obyek wisata yang satu ini. Sebab Punthuk Mongkrong selalu buka selama 24 jam. Namun sebelum berkunjung, sangat penting untuk mempertimbangkan faktor cuaca. Disarankan datang ketika cuaca cerah dan tidak hujan. Karena akses menuju ke puncak jalurnya cukup menanjak dan ekstrem. Sehingga sangat berbahaya ketika atau setelah hujan.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Spot Menikmati Sunrise dan Sunset di Kota Magelang

bukit dengan gunung Merapi dan Merbabu di depannya
Dari puncak bukit ini bisa terlihat pemandangan gunung Merapi dan Merbabu dari kejauhan. Foto: Gmaps/Lady Itsnia Ulinna”mah

Punthuk Mongkrong salah satu obyek wisata yang sangat pas untuk menikmati panorama sunrise maupun sunset. Memiliki ketinggian 624 Mdpl membuat tempat ini menjadi bukit tertinggi yang ada di Magelang. Bahkan lebih tinggi dari Gunung Tidar yang hanya 503 Mdpl. Obyek wisata ini menjanjikan pemandangan yang luar biasa indahnya. Barisan perbukitan dan gunung-gunung tinggi di belakangnya menjadi sajian megah yang memanjakan mata.

Berada di kawasan pedesaan membuat udara di tempat ini sangat sejuk dan bebas dari polusi. Letaknya cukup jauh dari pusat kota Magelang dan berbatasan dengan Provinsi Jogjakarta. Sehingga sangat cocok untuk menjadi tempat pelarian sejenak dari rutinitas harian yang melelahkan. Selain itu lokasinya juga sangat cocok bagi penggemar wisata petualangan. Karena untuk menuju ke puncak wisatawan harus mendaki terlebih dahulu.

Baca: KETEP PASS Tiket & Pesona

Trekking Menuju ke Puncak Punthuk Mongkrong

Untuk bisa mencapai puncak dan menikmati pemandangan memang perlu sedikit perjuangan. Wisatawan harus mendaki selama kurang lebih 30menit untuk bisa menggapai puncak Punthuk Mongkrong. Tidak perlu khawatir karena sudah tersedia akses berupa jalan setapak untuk menuju ke puncak.

Meski begitu harus tetap memperhatikan kondisi fisik dan stamina yang ada. Jangan lupa juga untuk membawa perbekalan secukupnya. Karena fasilitas warung hanya ada di bawah saja. Sementara di atas tidak ada.

Selama perjalanan menuju ke puncak tidak akan terasa membosankan. Sebab sepanjang perjalanan wisatawan akan bisa menikmati pemandangan kawasan hutan dan perbukitan yang sangat asri. Udara di sekitar tempat ini pun juga terasa sejuk dan menyegarkan.

Baca: TAMAN KYAI LANGGENG Tiket & Wahana

Keindahan Luar Bisa dari Puncak Punthuk Mongkrong

Pemandangan perbukitan hijau yang cantik
Barisan perbukitan hijau menjadi pesona dari tempat wisata ini. Foto: Gmaps/Fiorentina Retno Parwiyati

Sesampainya di puncak rasa lelah akan terbayar. Wisatawan bisa melihat dengan jelas keindahan bentang alam kecamatan Borobudur dari atas. Tersedia beberapa gazebo dan bangku untuk wisatawan bersantai. Dari sini pesona empat gunung besar yang mengelilingi Magelang akan terlihat sangat jelas.

Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro terlihat sangat gagah. Bahkan jika cuaca sangat cerah gunung kecil seperti Gunung Prau, Kembang hingga Andong pun juga bisa terlihat.

Baca: SILANCUR HIGHLAND Magelang Tiket & Ragam Aktivitas

Pesona Sunrise dan Sunset

Bukit dengan pemandangan sunrise yang cantik
Ketika momen matahari terbit tempat ini menawarkan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Foto: Gmaps/Otentik Farm

Waktu favorit untuk menuju ke puncak Punthuk Mongkrong adalah ketika momen sunrise ataupun sunset. Tak heran banyak yang datang sekitar jam 2 – 3 pagi, apalagi ketika akhir pekan. Ketika momen sunrise tiba suguhan pesona luar biasa akan terlihat.

Sinar matahari keemasan yang menyinari area hutan dan perbukitan di bawahnya terlihat sangat cantik terlihat dari atas bukit. Kabut-kabut tipis yang masih menyelimuti area puncak menambah kesan menenangkan.

Jika sulit untuk datang di pagi buta, datanglah pada saat sore hari untuk menikmati pesona sunset. Ketika cuaca cerah, Punthuk Mongkrong memberikan pemandangan yang sangat romantis ketika senja. Bahkan setelah matahari telang bersembunyi, suguhan keindahan pun belum berhenti. Ketika malam akan terlihat indahnya kerlap-kerlip lampu kota dari puncak bukit ini.

Baca: SVARGABUMI BOROBUDUR Tiket & Spot Cantik

Spot Foto Menarik

Ciri khas yang ada di puncak Punthuk Mongkrang yaitu aneka spot fotonya. Di area puncaknya tersedia beragam bangunan unik agar hasil foto lebih instragramable. Beberapa wahana favorit di antaranya seperti jembatan berbentuk huruf ‘V” atau “Pintu ke mana saja” ala Doraemon.

Fasilitas di Punthuk Mongkrong

Fasilitas yang ada di obyek wisata ini belum terlalu banyak namun sudah bisa memenuhi kebutuhan wisatawan. Di tempat ini tersedia area parkir, toilet, mushola, gazebo hingga warung kuliner.

Alamat Punthuk Mongkrong

Obyek wisata ini beralamat di Desa Giritengah, Olgung, Giripurno, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 24 Km dari pusat kota Magelang dan bisa ditempuh dalam waktu satu jam. Akses menuju ke area wisata cukup ekstrem dan menanjak. Pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 18

Berikan Rating