Beranda Tiket Wisata

OHD MUSEUM Tiket Masuk & Koleksi Seni September 2022

0
Harga Tiket Masuk OHD Museum : Rp25.000 - Rp100.000Jam Buka: 10.00 WIB - 16.00 WIBNo Telp: 0293363420Alamat: Jl. Jenggolo No.14, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122, Magelang Tengah, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56122

Berminat mengunjungi sebuah museum pribadi milik kolektor seni? Ya, OHD Museum adalah salah satu museum yang kepemilikannya pribadi. Pemilik Museum bernama Dr. Oei Hong Djien. Dr. Oei mulai mengoleksi karya seni sejak tahun 1970-an.

Sampai saat ini, lebih dari 2.000 karya Dr. Oei hadir di OHD Museum. Mulai dari lukisan, patung, instalasi, hingga seni media baru. Seiring berjalannya waktu, Museum ini tak hanya memamerkan karya seni saja. Tapi juga sebagai sarana edukasi agar anak muda lebih menghargai karya seni.

Harga Tiket Masuk OHD Museum

Sebagai museum yang sudah puluhan tahun berdiri, harga tiket masuk OHD Museum sesuai dengan fasilitas yang tersedia. Harga tiket masuk lebih murah bagi pengunjung yang menunjukkan KTP Indonesia.

Harga Tiket Masuk
DewasaRp100.000
AnakRp50.000
KTP Indonesia
DewasaRp50.000
AnakRp25.000

Baca: CANDI BOROBUDUR Tiket & Aktivitas

Jam Buka OHD Museum

Museum memiliki jam buka kurang lebih selama 6 jam saja. Wisatawan sebaiknya berkunjung paling lambat pukul 15.00 WIB. Setelah jam tersebut museum tidak lagi menerima kunjungan karena akan tutup pukul 16.00 WIB.

Jam Operasional
Rabu – Senin (Selasa tutup)10.00 – 16.00 WIB

Menikmati Karya Seniman Indonesia

Karya Seni rupa patung yang dipamerkan di OHD Museum
Berbagai karya seni lukis hingga seni rupa bisa disaksikan di OHD Museum. Foto: Google Map/ Isa

Wisatawan pecinta karya seni pasti akan tertarik untuk mengunjungi OHD Museum. Dr. Oei sebagai kolektor sudah memiliki setidaknya 2.000 karya seni seniman Indonesia. Bahkan, banyak karya seni lawas dari seniman terkenal di Indonesia. Seniman lawas yang karyanya hadir di Museum ini misalnya karya Raden Saleh, Affandi, dan S. Sudjojono.

Selain itu Museum ini kerap menghadirkan pertunjukan seni. Museum ini juga sering menggelar acara-acara istimewa dengan beragam tema. Misalnya acara pameran bertajuk ‘Mata Air Bangsa: Persembahan untuk Gus Dur dan Buya Syafii Maarif’. Pameran ini berlangsung dari 31 Juli – 28 November 2022.

Baca: GUNUNG ANDONG Magelang Tiket & Jalur Pendakian Mudah

Mengenal Sosok di Balik OHD Museum

Sebelum mengenal OHD Museum, alangkah baiknya mengetahui terlebih dulu sosok di balik museum ini. Bernama Dr. Oei Hong Djien, lahir tahun 1939 di Magelang. Dr. Oei lulus sebagai dokter di tahun 1964. Selanjutnya, Dr. Oei meneruskan studi di Belanda tahun 1966-1968.

Usai menuntaskan studinya, Dr. Oei mulai mengumpulkan karya seni yang unik. Koleksinya beragam, mulai dari seni modern hingga kontemporer. Dr. Oei kerap meminjamkan koleksinya untuk pameran di dalam atau luar negeri.

Kecintaan Dr. Oei dengan seni mengantarkannya sebagai penasihat khusus. Dr. Oei ditunjuk sebagai penasihat National Art Gallery of Singapore untuk seni rupa Indonesia. Kini, Dr. Oei sibuk dengan OHD Museum yang resmi buka sejak 5 April 2012 lalu.

Baca: KETEP PASS Tiket & Ragam Pesona

Belajar Sekaligus Menilik Kreasi Seniman

Tur pelajar SD di OHD Museum. cr: Instagram @ohdmuseum_magelang
Pelajar bisa mengunjungi museum selain berwisata juga mengenal karya seni maestro Indonesia. Foto: Instagram/@ohdmuseum_magelang

Kehadiran karya seni para seniman maestro Indonesia di Museum ini dapat jadi sumber pembelajaran. Wisatawan yang ingin belajar tentang karya seni bisa langsung datang ke museum. Khususnya para pelajar yang ingin mengetahui lebih dalam tentang karya seni. Di sini, pelajar bisa mendapatkan beragam informasi terkait karya seni.

Selain pelajar, Museum juga kerap kedatangan wisatawan dari suatu komunitas atau instansi tertentu. Wisatawan dapat menikmati karya seni sekaligus mendapat pendampingan dari pihak museum. Dengan begitu, wisatawan tidak akan pulang dengan tangan kosong. Segudang ilmu bisa diperoleh selama berada di museum seni ini.

Baca: TAMAN KYAI LANGGENG Magelang Tiket & Wahana

Menghadiri Pameran Seni

Dekorasi dan ruang pamer unik di OHD Museum
Selain menyaksikan karya-karya seni baik lukis maupun rupa, pengunjung juga akan terkesan dengan desain ruang museum. Foto: Instagram/@ohdmuseum_magelang

OHD Museum sering memamerkan karya seni dari seniman andal Indonesia. Berbagai jenis pameran pernah berlangsung. Beberapa waktu lalu, sempat hadir pameran seni rupa dari Gunawan Mohamad.

Saat ini yang masih berlangsung, Museum menggelar pameran bertema ‘Mata Air Bangsa’. Wisatawan yang mengunjungi museum dapat menikmati suasana berbeda di setiap pameran. Dengan karakteristik yang khas, setiap pameran memberi suasana berbeda.

Baca: SILANCUR HIGHLAND Magelang Tiket & Ragam Aktivitas

Desain Ruangan Unik

Lorong di OHD Museum yang punya unsur estetika. cr: Instagram @ohdmuseum_magelang
Lorong dengan desain yang sarat unsur seni. Foto: Instagram/@ohdmuseum_magelang

Wisatawan yang berkunjung pasti akan terpukau dengan fasad bangunannya. Saat memasuki museum, terdapat lorong dengan penerangan cahaya dari celah kaca di atas dan sampingnya. Kondisi ini menambah kesan estetik museum yang memang sudah terkenal sebelumnya.

Selain menikmati karya seni di museum, wisatawan juga dapat memborong oleh-oleh. Lokasi pembelian oleh-oleh berada di gedung yang terpisah dari Museum.

Fasilitas OHD Museum

Fasilitas yang tersedia sudah memadai dan lengkap. Terdapat toilet hingga area parkir yang luas bagi wisatawan. Selain itu berbagai spot foto menarik juga dapat dinikmati oleh wisatawan.

Alamat OHD Museum

Museum seni ini terletak di pusat kota. Tepatnya berada di Jl. Jenggolo No.14, Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56122. Untuk informasi lebih lanjut, wisatawan dapat mengecek akun Instagram @ohdmuseum_magelang. Selain itu, ada pula kontak lainnya ke info@ohdmuseum.com atau 0293363420.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 33

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini