Beranda Tiket Wisata

Air Terjun Sekar Langit Wisata Leganda Jaka Tarub - November 2019

Tgl. Update:Jumat, November 8, 2019
Air Terjun Sekarwangi Harga Tiket: Rp4.000 Jam Buka: No. Telepon: - Alamat: Temon, Tlogorejo,Kec. Grabag,Magelang,Jawa Tengah,Indonesia,56196.

Ingat legenda Jaka Tarub yang mencuri selendang seorang bidadari? Salah satu legenda populer di Indonesia itu konon mengambil lokasi di Air Terjun Sekar Langit yang berada di lereng Gunung Telomoyo, Magelang.

Air terjun berair jernih dan bersih ini ternyata populer juga sebagai destinasi wisata alam murah-meriah. Alamnya yang asri serta lokasi yang cukup mudah dijangkau membuat Air Terjun Sekar Langit tujuan yang tepat untuk penyegaran diri sejenak.

Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Sekar Langit, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pengunjung cukup membayar tiket parkir sesuai jenis kendaraan dan tiket masuk kawasan air terjun.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp4.000
Parkir motorRp2.000
Parkir mobilRp5.000

Baca: 12 Tempat Wisata di Malang Sayang Dilewatkan

Jam Operasional

Air Terjun Sekar Langit dibuka untuk umum setiap hari. Jika berkunjung ketika musim hujan, tempat ini perlu diwaspadai karena biasanya terjadi banjir kiriman dari Gunung Merbabu.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 18.00 WIB

Daya Tarik Air Terjun Sekar Langit

telaga air terjun sekar wangi
Kolam telaga di bawah air terjun yang diceritakan dalam leganda Jaka Tarub dimana para bidadari mandi. Foto: Google Maps/Hamim Noor Setiawan

Nama Sekar Langit memiliki makna “bunga dari langit” yang memang mendeskripsikan keindahannya. Jatuhan air terjun ini berkisar 25 meter dan mengalir sebagai Sungai Elo menuju Laut Selatan Jawa. Airnya memang masih jernih dan sejuk, sangat pantas menyandang predikat sebagai pemandian para bidadari seperti di Legenda Jaka Tarub. Selain itu, air terjun ini juga dipercaya memiliki khasiat tertentu, lho.

Baca: CANDI BOROBUDUR Tiket & Aktivitas

Trekking Menuju Lokasi

Jalur treking
Jalan setapak menuju air terjun yang diwarnai hutan bambu – Foto: Google Maps/Miss Tanti

Untuk menuju kawasan air terjun, pengunjung harus berjalan melewati jalan setapak. Jaraknya dari gerbang masuk sekitar 500 meter atau membutuh waktu kurang-lebih 15 menit dengan berjalan kaki. Jalan setapak ini sudah dalam kondisi sangat baik, jadi tidak perlu khawatir dengan kondisi alas kaki. Namun, pengunjung perlu waspada jika berjalan ketika jalanan basah setelah atau ketika hujan.

Sepanjang perjalanan menyusuri jalan setapak ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang asri dan apik. Terdapat beberapa titik yang ditumbuhi pohon bambu tinggi menjulang. Sebelah kiri jalan merupakan jurang yang di bawahnya merupakan kebun kopi. Setiap langkah akan diiringi oleh suara serangga dan kicauan burung yang menenangkan hati.

Baca: TAMAN KYAI LANGGENG Magelang Tiket & Wahana

Jalurnya memang tidak terlalu panjang dan menantang, namun sangat cocok bagi para pecinta treking atau para hikers pemula. Jalannya yang mulus juga bisa dilalui oleh pengendara sepeda. Sambil menerobos hutan bambu, paku-pakuan, dan pepohonan rindang, pengunjung akan diselimuti udara sejuk dan ditemani suara-suara hewan.

Jembatan Pelangi

Jembatan pelangi
Jembatan Pelangi yang cocok sebagai tempat selfie – Foto: Google Maps/Fahmi Amhar

Mendekati kawasan air terjun, akan terdengar suara deburan serta aliran air yang semakin deras. Kedalaman jurang di pinggir jalan setapak pun akan semakin berkurang. Itu tandanya, sebentar lagi akan tiba di lokasi air terjun.

Untuk menuju air terjun, pengunjung harus menyeberangi sungai yang cukup lebar. Terdapat sebuah jembatan kayu yang berwarna-warni dan menarik dipandang mata. Dulunya, jembatan ini hanya berupa jembatan bambu sederhana. Namun, sekarang sudah direnovasi dan dihias sehingga cocok menjadi salah satu lokasi swafoto wajib jika berkunjung ke objek wisata ini.

Baca: Ketep Pass Tiket & Pesona Alam

Air Terjun Legenda

Air terjun Sekar Langit
Panorama air terjun Sekar Langit – Foto: Google Maps/TYO Project

Air Terjun Sekar Langit adalah air terjun dengan ketinggian mencapai 25 meter. Lokasinya dilingkupi oleh tebing batu dengan dihiasi tumbuhan liar. Di bawahnya, terdapat sungai dangkal dengan beberapa batu hitam besar yang bertebaran. Air yang mengalir di sela-sela batu tampak sangat bersih, jernih, dan sejuk.

Pengunjung boleh menikmati kesegaran air terjun ini dengan bermain atau berendam. Semakin mendekati lokasi jatuhnya air, kedalaman sungai pun bertambah. Jika musim hujan tiba, pengunjung harus waspada dan menjauhi air terjun karena ancaman banjir kiriman dari Gunung Merbabu.

Baca: WISATA POSONG Magelang Tiket & Aktivitas

Pertapaan Jaka Tarub

Lokasi Pertapaan Jaka Tarub
Pertapaan Jaka Tarub dengan latar Air Terjun Sekar Langit- Foto: Google Maps/Jeffri Valens

Di sisi sebelah kiri kawasan air terjun, terdapat sebuah tanah lapang yang kecil. Di sinilah konon katanya Jaka Tarub  melihat para bidadari dari kahyangan yang tengah mandi. Ia juga mencuri kain salah satu bidadari, Nawangwulan, di sini.

Terkait legenda ini, terdapat kepercayaan seputar Air Terjun Sekar Langit. Lelaki yang bertapa di tempat pertapaan Jaka Tarub katanya akan dipermudah dalam urusan mencari jodoh. Selain itu, air yang mengalir dari air terjun juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Terlepas dari mitos-mitos tersebut, keasrian alam di Air Terjun memang sayang untuk dilewatkan jika berlibur di Magelang.

Baca: Gereja Ayam Bukit Rhema Magelang Tiket & Aktivitas

Fasilitas Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun ini dilengkapi fasilitas umum yang baik. Fasilitas tersebut ialah area parkir yang luas, akses jalan setapak yang baik menuju air terjun, toilet, mushola, serta kios-kios makanan di area parkir.

Akses Air Terjun Sekar Langit

Jalan raya menuju kawasan wisata ini sudah sangat baik dan bisa dilalui kendaraan roda dua, roda empat, maupun bus. Dari area parkir, pengunjung harus menyusuri jalan setapak selebar 1 meter agar sampai ke lokasi air terjun. Jarak tempuhnya sekitar 500 meter atau 15 menit dengan berjalan kaki. Jalan setapak ini sudah dilapis semen, namun akan terasa agak licin jika dilalui ketika basah atau musim hujan.

Lokasi Air Terjun Sekar Langit

Air terjun Sekar Langit berada di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Air terjun ini terletak di Gunung Telomoyo yang berbatasan dengan Kabupaten Semarang da Kota Salatiga. Untuk menuju kemari, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Jika datang dari arah Magelang, Temanggung, dan sektarnya, arahkan kendaraan ke Secang untuk menuju Grabag. Ikuti jalan melewati Pasar Grabag, belok kanan ke Terminal Baru, dan belok kanan ke arah Ngablak. Gerbang masuknya berada di sebelah kiri jalan raya. Sedangkan bagi yang datang dari arah Salatiga, Kopeng, dan sekitarnya, arahkan kendaraan menuju Desa Getasan. Ambil jalan kanan dan lurus terus hingga sampai di gerbang masuk.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here