Taman Badaan Harga Tiket: Gratis - Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jalan Pahlawan No.190, Potrobangsan,Magelang,Magelang,Jawa Tengah,Indonesia,56116.

Ruang terbuka hijau dan taman menjadi elemen penting dalam sebuah daerah. Terlebih berada di tengah kota, yang mana dapat menjadi ikon dari kota tersebut. Seperti Taman Badaan yang ada di pusat Kota Magelang.

Keberadaan Taman Badaan menjadi bukti kecintaan lingkungan oleh Kota Magelang. Selain sebagai ruang terbuka hijau penyerap polusi, taman ini juga menjadi sarana rekreasi. Terlebih bagi anak dan keluarga.

Harga Tiket Masuk Taman Badaan Magelang

Untuk berekreasi di taman ini pengunjung tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Namun, ada beberapa wahana permainan yang disewakan dan dikenakan tarif. Namun tentu saja, tarifnya masih ramah di kantong.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Wahana permainanRp5.000 – Rp10.000

Baca: Ketep Pass Magelang Tiket & Pesona Alam

Jam Operasional

Selain gratis taman ini juga dibuka setiap hari. Ditambah lagi, tidak ada jam buka dan tutup, alias buka selama 24 jam. Jadi, pengunjung dapat menikmati suasana pagi, siang, sore, bahkan malam hari di sini. Namun untuk wahana permainan tidak buka selama 24 jam hanya sampai malam hari saja.

Jam Buka
Setiap hari24 jam

Rekreasi Asyik di Taman Badaan

taman badaan dari seberang jalan
Taman Badaan dari Jalan Raya. Foto: Gmap/Anak Magelang

Rekreasi tidak harus pergi ke tempat yang jauh dan mahal. Jika di dekat rumah ada tempat wisata dan gratis, kenapa tidak dicoba? Hal terpenting dari rekreasi adalah kembalinya fresh setelah berekreasi.

Taman Badaan hadir di tengah – tengah Kota Magelang. Lokasinya tidak jauh dari Alun – Alun Kota Magelang. Hanya berjarak kurang lebih 5 menit perjalanan saja.

Baca: Candi Borobudur Tiket & Aktivitas

Di taman ini, ditumbuhi dengan rumput hijau serta berbagai pohon peneduh. Tak lupa, bunga dan tanaman lain yang menghiasi setiap sudutnya. Ditambah lagi, patung binatang serta berbagai macam wahana permainan disuguhkan untuk pengunjung.

Sejarah Taman Badaan

Pada masa kolonial, daerah Taman merupakan kawasan taman di kompleks rumah jenderal. Bahkan, di sini terdapat bekas kediaman Jenderal Soedirman yang kini menjadi museum. Ditambah lagi, terdapat kediaman gubernur jenderal akademi militer dan jajarannya.

Dulunya, taman hanya lahan biasa yang ditumbuhi oleh rumput jepang. Kemudian baru direnovasi dan selesai pada November 2016. Dan hingga kini menjadi objek wisata yang menjadi tujuan banyak orang.

Baca: Punthuk Setumbu Magelang Tiket & Aktivitas

Meski begitu, nama Badaan yang menjadi nama taman ini tidak diketahui secara pasti. Namun dapat dipastikan, nama tersebut disematkan karena nama daerah berdirinya taman ini bernama Badaan.

Wahana Permainan di Taman Badaan

wahana permianan di taman badaan magelang
Mainan Kolam Pancing di Taman Badaan. Foto: Gmap/Astri Tantrina

Selain kawasan hijau dan aneka patung hewan, terdapat banyak wahana permainan di sini. Ada ayunan, perosotan angin, kereta – keretaan, jungkat – jungkit, dan komidi putar. Ada juga kolam pancing ikan untuk anak – anak.

Ada juga arena mobil – mobilan dan motor yang dapat dikendarai pada trek khusus. Kendaraan mini tersebut dikendarai di area edukasi lalu lintas buatan. Sehingga, anak – anak juga dapat belajar mengenai rambu lalu lintas.

Baca: Gereja Ayam Bukit Rhema Magelang Tiket & Aktivitas

Jika ingin berkeliling, ada becak dan odong – odong yang siap mengantar. Anak – anak tentu akan senang berkeliling naik di atas kendaraan tersebut.

Dari Wahana Permainan hingga Kuliner

Wahana permainan di sini dimiliki oleh penyedia wahana permainan. Jadi, bukan milik Taman Badaan atau perorangan saja. Melainkan beberapa penyedia jasa sewa mainan.

Oleh karena itu, beberapa permainan dikenakan tarif untuk dapat menikmatinya. Tarif yang dipatok yaitu kisaran Rp 5.000 – Rp 10.000. Tarif tersebut untuk satu kali permainan atau berdasarkan durasi waktu tertentu.

Baca: Hutan Pinus Kragilan Tiket & Spot Selfie

Di sekitar taman, pengunjung dapat menikmati berbagai makanan khas Magelang. Seperti bakso kerikil, wedang ronde, kacang rebus, hingga jajanan tradisional gulali. Semua harga sangat terjangkau dengan porsi yang cukup banyak.

Spot Berfoto

suasana sekitar area taman
Suasana sekitar area taman. Foto: Gmap/Robertus Yuliadi

Indahnya Taman selain asyik sebagai sarana rekreasi, juga asyik dijadikan spot berfoto. Taman yang tertata rapi serta asrinya lingkungan, menjadi objek yang indah dalam jepretan.

Ditambah lagi patung hewan yang berdiri dengan gagahnya di setiap sudut. Ada patung badak, gajah, jerapah, kuda nil, onta, hingga macan.

Pengunjung mencapai jumlah terbanyak kala sore hari. Bahkan, tidak hanya masyarakat Magelang yang menikmati, tapi juga luar kota. Seperti dari Jogja dan Solo.

Fasilitas di Taman Badaan

Selain taman yang indah, objek wisata ini juga menyediakan fasilitas yang mumpuni. Seperti toilet umum, halaman parkir yang luas, serta masjid. Tak terkecuali, penjaja makanan yang ada di pinggir taman.

Lokasi Taman Badaan

Taman kota ini berlokasi di Jalan Pahlawan No.190, Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here