Beranda Tiket Wisata

Pantai Bunton Cilacap Tiket & Ragam Pesona - Mei 2022

0
Pantai BuntonHarga Tiket Masuk: Rp3.000Jam Buka: 06.00 WIB - 18.00 WIBNo Telp: -Alamat: Jln. Laut, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia, 53271

Pantai Bunton adalah satu dari sekian banyak wisata pantai yang ada di Cilacap. Meski begitu pantai ini menawarkan pesona yang berbeda dibanding lainnya. Letaknya yang berada di dekat PLTU Bunton menjadikannya memiliki keunikan tersendiri. Keindahan pantai berpasir putih dengan bangunan PLTU di sisi barat membuatnya tampak berbeda. Di samping itu lanskap perbukitan dan pohon cemara semakin menambah keindahan dari pantai ini. Hal itu juga yang membuatnya masih terlihat begitu alami.

Karakteristik dari Pantai ini terletak pada warna pasirnya yang hitam dengan sedikit biji besi di bibir pantainya. Garis pantainya cukup panjang dengan daratan yang landai. Meski namanya tak setenar Teluk Penyu atau Pantai Nusakambangan, namun pesona yang ditawarkan tempat wisata ini dijamin tidak akan membuat menyesal. Letaknya yang strategis dan tidak terlalu jauh dari pusat kota membuatnya bisa menjadi alternatif wisata di Cilacap.

Harga Tiket Masuk Pantai Bunton

Harga tiket masuk Pantai masih murah meriah. Dengan sekali bayar, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan pantai ini sepuasnya. Biasanya loket tiket hanya buka di akhir pekan atau hari libur saja. Sehingga jika datang di hari biasa sering kali tidak ada penarikan biaya tiket masuk. Akan ada juga tambahan biaya parkir yang justru lebih mahal dibanding biaya masuknya. Namun masih tetap terjangkau.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Rp3.000
Parkir
Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000

Baca: Pantai Cemara Sewu Cilacap Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Pantai Bunton

Wisatawan bisa berkunjung kapan saja ke pantai ini. Sebab obyek wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional yang panjang  dari pagi hingga petang. Waktu terbaik untuk berkunjung yaitu ketika pagi atau sore dan cuaca sedang cerah. Di waktu tersebut wisatawan bisa melihat keindahan secara maksimal.

Jam Buka
Setiap Hari 06.00 WIB – 18.00 WIB

Pantai Bunton Bersanding Dengan PLTU

Sesuai namanya, Pantai Ini terletak di Desa Buton yang berada di sebelah timur kota Cilacap. Yang menarik lokasi pantai bersebelahan dengan bangunan PLTU Bunton yang berdiri tepat di sebelah barat pantai. Bangunan besar dengan cerobong asap yang panjang tampak terlihat sangat jelas dari Pantai Bunton. Namun hal itu justru menjadi sisi menarik yang membuat tempat ini begitu unik dan berbeda.

Pasir hitam dengan barisan pohon cemara menjadi pesona lain pantai ini. Selain itu kawasan perbukitan hijau yang memagari pantai juga membuatnya semakin eksotis. Bukit itu bernama Bukit Selok dan Bukit Srandil. Obyek wisata ini sangat cocok dikunjungi ketika sore hari. Panaroma lautan biru yang tersorot langit sunset menjadi keindahan yang sangat sayang jika terlewat.

Baca: Pantai Widarapayung : Tiket & Ragam Aktivitas

Nikmati Deburan Ombak Khas Pantai Selatan

Pantai dengan pasir hitam dan ombak besar
dataran yang landai di bibir pantai membuatnya sangat cocok untuk aktivitas bermain air. Foto: Gmaps/Nur Wahyumiani

Dataran landai yang ada di sepanjang bibir pantai membuat Pantai Bunton ini sangat cocok untuk aktivitas bermain air. Karena masih merupakan rangkaian garis Pantai Selatan Jawa, ombak di pantai ini sangat besar.

Momen ketika ombak menghantam tubuh menjadi sensasi seru jika bermain air di pantai ini. Meski begitu jangan lupa untuk mematuhi rambu batas jarak aman. Jangan berenang terlalu ke tengah karena bisa sangat berbahaya.

Bagi yang mengajak si buah hati ada juga kolam renang khusus anak yang berada di tepi pantai. Ini bisa menjadi alteratif wahana bermain air yang lebih aman.

Baca: CURUG MANDALA Cilacap: Tiket & Ragam Pesona

Bersantai Menikmati Sajian Kuliner

Kuliner di Pantai Bunton
Tempe mendoan dan es kelapa muda menjadi sajian favorit di tempat wisata ini. Foto: Gmaps/Eka Aprilia Sari

Jika cuaca masih terik, wisatawan bisa bersantai di gubuk-gubuk yang berada di tepi pantai. Dari gubuk ini bisa menikmati keindahan pantai. Supaya lebih nikmat jangan lupa memesan aneka kudapan sebagai teman bersantai. Yang jadi primadona di sini adalah tempe mendoannya yang tersaji hangat dengan wadah daun pisang. Tersedia juga sambal kecap dengan irisan cabai rawit yang semakin menggugah selera.

Ada juga minuman khas di daerah pantai yaitu kelapa muda. Harga kelapa muda di obyek wisata Pantai Buton ini sangat murah karena langsung berasal dari kebun warga sekitar. Nikmati keindahan pantai dengan tempe mendoan dan kesegaran air kelapa muda tentu menjadi sebuah perpaduan yang pas.

Baca: Benteng Pendem Cilacap Wisata Sejarah Era Kolonial

Mencari Aneka Binatang Laut

Hewan laut yang bersemunyi di pasir pantai
Wisatawan bisa menemukan aneka hewan laut yang hidup di balik pasir pantai. Foto: Gmaps/Agusee Putra Bunton

Wisatawan juga bisa berburu dan mencari aneka binatang. Di bawah pasir pantai banyak binatang yang bisa ditemukan. Mulai dari kepiting, undur-undur, keong dan lain sebagainya. Bagi yang mengajak anak kecil, aktivitas ini pastinya sangat mengasikan dan memberikan pengalaman baru bagi si buah hati.

Spot Foto Unik

Bagi penggemar kegiatan foto, area sekitar pantai akan memberikan sesuatu yang berbeda dibandingkan tempat lain. Hamparan pasir pantai dengan bangunan PLTU di belakangnya menjadi latar belakang foto yang sangat unik. Selain itu di sisi sebelah timur pantai ada area bebatuan yang juga cocok sebagai spot berfoto.

Fasilitas Pantai Bunton

Obyek wisata Pantai Bunton ini juga sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai. di sini tersedia area parkir yang luas, toilet dan kamar mandi, warung kuliner, mushola, hingga gazebo. Dengan kelengkapan fasilitas yang dimiliki tentu bisa menunjang segala kebutuhan wisatawan.

Alamat Pantai Bunton

Pantai Bunton ini beralamat di  Jl Laut, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Letaknya sangat strategis karena berada di jalur antar kota. Dari pusat kota Cilacap, tempat ini berjarak sekitar 20 Km dan bisa ditempuh dalam waktu 30-45 menit.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 20

Berikan Rating