Beranda Tiket Wisata

Pantai Widarapayung : Tiket & Ragam Aktivitas - Mei 2022

0
Pantai WidarapayungHarga Tiket Masuk: Rp7.500Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Widarapayung, Binangun, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia, 53281

Kabupaten Cilacap yang berada di ujung barat pesisir selatan Jawa Tengah sudah sejak dulu terkenal dengan keindahan alam pantainya. Beragam pantai menarik ada di daerah yang terkenal dengan Nusakambangan ini. Salah satu yang jadi primadona adalah Pantai Widarapayung. Pantai dengan pasir putih yang landai dan berpagar pohon kelapa menjadi daya tarik utama. Keunikan lainnya pantai ini sering menjadi pilihan peselancar.

Karena hal itulah Pantai Widarapayung juga kerap kali menggelar acara lomba selancar tingkat daerah ataupun nasional. Berjarak sekitar 35km dari pusat kota, pantai ini bisa menjadi alternatif kunjungan selain Pantai Teluk Penyu yang jadi ikon Cilacap. Meski tidak sebesar Pantai Teluk Penyu, namun keindahannya tidak kalah cantiknya. Ombak besar khas pantai selatan dengan pasirnya yang lembut dan bersih menjadi perpaduan istimewa yang memanjakan mata.

Harga Tiket Masuk Pantai Widarapayung

Untuk bisa menikmati keindahan di Pantai Widarapayung setiap wisatawan akan dikenai biaya masuk. Tidak perlu khawatir karena harga tiket di tempat ini sangatlah murah. Dengan tiket yang terjangkau, wisatawan sudah bisa sepuasnya menikmati keindahan pantai selatan Jawa yang memesona.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp7.500
Parkir
MotorRp3.000
MobilRp5.000

Baca: Pantai Cemara Sewu Cilacap Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Pantai Widarapayung

Obyek wisata ini bisa dikunjungi kapan saja. Karena kawasannya selalu buka selama 24 jam. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah saat kondisi cuaca sedang cerah. Di saat tersebut wisatawan bisa melihat pesona terbaik area sekitar pantai

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Pesona Khas Laut Selatan di Pantai Widarapayung

Berada di pesisir selatan Cilacap, pantai ini memiliki pesona layaknya pantai-pantai selatan pada umumnya. Ombak besar yang bergulung-gulung dan hamparan pasir putih halus menjadi pemandangan khas dari tempat ini.

Sementara area pantainya banyak pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang tepi pantai. Hal tersebut membuatnya tampak rindang dan lebih asri. Barisan tempat duduk berpayung jerami yang berada di tepi pantai memberikan keeksotisan layaknya pantai di Hawaii.

Hal unik lainnya dari pantai ini adalah adanya bangunan tugu yang terletak tidak jauh dari pantai. Bangunan tersebut adalah tugu peringatan. Sebagai pengingat kejadian Tsunami di tahun 2006 yang melanda pantai selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan di obyek wisata ini. Mulai dari bermain air, naik kuda, berselancar ataupun mencicipi kuliner khas pesisir selatan Cilacap.

Baca: PANTAI SODONG Tiket & Aktivitas

Bermain Air di Pantai Widarapayung

Pantai dengan ombak besar
Area bibir pantai yang landai membuat aktivitas bermain relatif aman di tempat ini. Foto: Gmaps/Warih Wibowo

Ombak besar khas pantai selatan memang selalu bisa menggoda wisatawan, termasuk di Pantai Widarapayung ini. Merasakan keseruan bermain air di bibir pantai menjadi aktivitas yang mengasyikkan. Terlebih lagi daratan yang ada di bibir pantai ini landai sehingga relatif aman untuk kegiatan bermain air. Meski begitu tetap taati rambu batas aman yang ada, karena ombak pantai selatan bisa tiba-tiba menjadi besar dan berbahaya.

Bermain Pasir dan Mencari Kepiting

Kepiting pantai yang merupakan hewan khas di pantai selatan
Di pantai ini banyak sekali kepiting laut yang bersembunyi di balik pasir pantai. Foto: Gmaps/Farhant Aprianto

Selain air lautnya, bermain pasir pantainya pun juga tak kalah mengasyikkan. Apalagi jika wisatawan datang bersama dengan si kecil. Pasir yang lembut dan bersih pastinya membuat anak-anak akan senang dan betah bermain di tempat ini. Yang menarik adalah wisatawan juga bisa mencari kepiting di tempat ini. Pantai Widarapayung ini terkenal sebagai habitat kepiting kecil yang biasa bersembunyi di bawah pasir.

Cara mencarinya pun sangat mudah, yaitu cukup dengan mengeruk pasir. Kepiting ini oleh warga sekitar disebut dengan jingking. Hewan ini pun memiliki rasa yang lezat. Jika penasaran ingin mencicipinya, wisatawan bisa membelinya di warung-warung yang tersedia di obyek wisata Pantai Widarapayung.

Menikmati Kuliner khas

kuliner khas pesisir selatan
Jika berkunjung ke tempat ini sempatkan untuk mencicipi undur-undur goreng yang sangat khas. Foto: Gmaps/Lutfi Retno Wahyudyanti.

Di pantai ini tersedia warung-warung yang menyediakan camilan khas daerah pantai. Makanan itu terbuat dari bahan-bahan yang banyak ditemukan di area pantai. Salah satunya adalah jingking goreng yang merupakan kepiting kecil yang hidup di area pasir pantai. Selain itu ada juga undur-undur goreng. Meski kelihatannya tidak lazim dan cukup ekstrem namun rasanya sangat lezat.

Keliling Naik Kuda

Wahana kuda untuk berkeliling pantai
Di tempat wisata ini wisatawan bisa berkeliling area pantai dengan naik kuda. Foto: Gmaps/Adit Baen.

Area sekitar pantai memang cukup luas karena berada di tiga desa. Maka dari itu tentu sangat melelahkan jika ingin berjalan kaki menyusuri pantai ini. Beruntungnya wisatawan bisa memanfaatkan wahana naik kuda yang tersedia. Wisatawan akan diajak berkeliling dan menikmati keindahan di sepanjang garis pantai.

Bersantai Menikmati Momen Sunset

Bersantai di bawah barisan pohon kelapa dan menikmati panorama keindahan pantai  juga bisa menjadi pilihan. Ketika sore hari dan cuaca sedang cerah pemandangan yang ditawarkan pun kian indah. Pantai Widarapayung ini menjadi salah satu rekomendasi spot untuk menikmati momen sunset. Laut biru dan pasir putih yang berselimut langit jingga kala senja akan memberikan momen romantis yang tidak akan bisa dilupakan.

Berkemah di Pantai Widarapayung

Bagi yang suka dengan kegiatan berkemah, Pantai Widarapayung ini bisa menjadi pilihan. Di obyek wisata ini tersedia area camping ground yang bisa dimanfaatkan untuk mendirikan tenda. Menikmati suasana pantai di malam hari yang hening bersama sahabat tentu akan memberikan pengalaman yang berharga.

Selain mendirikan tenda, wisatawan juga bisa menyewa penginapan yang banyak tersedia. Berada tidak jauh dari area pantai, suasana pantai di malam hari dengan suara ombak yang bergulung-gulung tetap bisa terasa.

Fasilitas di Pantai Widarapayung

Obyek wisata pantai ini memiliki fasilitas yang sudah sangat lengkap. Di sini tersedia area parkir yang luas, toilet dan kamar mandi, mushola, gubuk pantai, gazebo, warung kuliner dan oleh-oleh, penginapan hingga camping ground.

Lokasi Pantai Widarapayung

Pantai ini beralamat di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dari pusat kota Cilacap, obyek wisata ini berjarak sekitar 35km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam. Akses menuju ke tempat ini sudah sangat baik dan bisa dilalui motor, mobil hingga bus pariwisata.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 16

Berikan Rating