Beranda Tiket Wisata

Ragam Aktivitas di Pantai Kedung Tumpang - Februari 2020

Tgl. Update:Rabu, Januari 22, 2020
Pantai Kedung Tumpang Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Area Perkebunan Dan P, Pucanglaban,Pucang Laban,Tulungagung,Jawa Timur,Indonesia,66284.

Wisata pantai idaman tidak selalu harus memiliki pasir putih dan ombak yang tenang. Tanpa pasir putih pun, pantai juga memiliki keindahan yang menarik, bahkan spesial. Salah satunya adalah Pantai Kedung Tumpang yang ada di Tulungagung, Jawa Timur. Pantai ini dikatakan sangat spesial karena berbeda dari pantai yang lain.

Tidak berlebihan jika mengatakan Pantai Kedung Tumpangkan  ini sebagai secuil surga di Pulau Jawa. Bukan pasir putih dan ombak tenang yang ditawarkan. Melainkan jacuzzi alami yang terbentuk diantara batu karang. Tentu sangat spesial dan terbayang keindahannya.

Harga Tiket Masuk Pantai Kedung Tumpang

Untuk menikmati kolam alam di Pantai ini, tidak perlu memikirkan biaya. Pengunjung yang masuk tidak dikenakan tarif khusus. Hanya saja, membayar tarif untuk penitipan kendaraan saja.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukGratis
ParkirRp5.000

Baca: 14 Pantai Paling Menarik di Jawa Timur

Jam Operasional

Tidak ada patokan waktu untuk berkunjung ke area Pantai. Yang terpenting, datanglah ketika cuaca cerah di hari yang terang. Karena objek wisata ini berada di dalam pedesaan yang jauh dari kota. Jadi, pastikan untuk tidak datang dan pulang lewat dari senja.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Eksotisme Jacuzzi Alam Pantai Kedung Tumpang

Tebing di Pantai Kedung Tumpang
Tebing di Pantai Kedung Tumpang. Foto: Gmap/Taufik Hidayat

Wisata Terdekat: Jambooland Waterpark Tulungagung Tiket & Wahana

Tebing alami yang ada di tepi lautan menjadi pemandangan yang siap menyambut wisatawan. Batuan karang ini membentuk kolam – kolam alam sehingga mirip seperti jacuzzi. Dari atas, pengunjung dapat melihat betapa jernihnya air laut yang masuk di kolam – kolam ini. Hingga dasarnya terlihat biru kehijauan dan tampak sangat eksotis.

Batuan karang di sekitarnya seolah menjadi benteng ombak besar yang akan memasuki kolam. Sehingga tidak banyak air laut yang masuk ke dalam kolam. Pengunjung pun diperbolehkan untuk berenang di dalam jacuzzi alam ini dengan tenang. Kolamnya pun tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk berenang.

Batuan sekitar kolam tampak begitu kokoh, berwarna cokelat khas batuan dengan struktur yang kuat. Batuan di dekat kolam tampak hijau karena lumut, yang justru memperkaya indahnya pemandangan jacuzzi. Tak hanya itu, di bagian tebing yang berada di belakang jacuzzi pun tampak asri. Karena ditutupi oleh pepohonan dan semak belukar yang begitu hijau.

Berenang Santai di Jacuzzi Alam Kedung Tumpang

Jacuzzi Alami Pantai Kedung Tumpang
Jacuzzi Alami Pantai Kedung Tumpang. Foto: Gmap/Anita Purnama

Baca: PANTAI BALEKAMBANG Malang Tiket & Ragam Aktivitas

Pantai Kedung Tumpang menjadi salah satu pantai yang tepat untuk berenang. Tentunya di bagian jacuzzi atau kolam alam dari batuan ini. Aliran air yang tenang membuat pengunjung seolah – olah berenang di dalam kolam. Airnya pun jernih dan menyegarkan, bahkan tidak keruh ketika dimasuki.

Tidak ada hewan laut atau batu karang yang mengganggu ketika berenang. Hanya air tenang yang sesekali bertambah karena hempasan ombak. Banyak dari pengunjung yang sengaja datang ke Pantai Kedung Tumpang dengan tujuan berenang. Karena memang, sangat menyenangkan dan memberi kesan serta keseruan tersendiri.

Perlu diingat, waktu yang tepat untuk berenang adalah di pagi hari ketika air laut surut. Tepatnya sebelum pukul 10 pagi, sehingga jika ingin berenang datanglah di waktu tersebut. Karena jika lebih dari pukul 10 pagi, air laut akan mengalami pasang. Di saat pasang inilah sangat berbahaya jika berenang di Pantai Kedung Tumpang.

Berfoto dengan Pemandangan yang Memukau

Berenang Santai di Jacuzzi.
Berenang Santai di Jacuzzi. Foto: Gmap/Mokhamad Saroni

Baca: PANTAI GOA CINA Malang Tiket & Ragam Aktivitas

Jika sampai di Pantai Kedung Tumpang lewat dari pukul 10 pagi, jangan khawatir. Wisatawan tetap dapat menikmati keindahan Pantai dengan berfoto. Pemandangan alam di sini begitu indah untuk diabadikan.

Wisatawan dapat naik di atas batuan karang. Kemudian mencari spot yang tepat untuk berfoto. Posisi yang tepat adalah membelakangi lautan. Sehingga akan mendapatkan latar foto berupa lautan luas yang berwarna biru.

Ombak yang menghempas karang juga dapat menjadi objek foto yang indah. Wisatawan dapat mencari spot untuk mendapatkan pemandangan dari ombak lautan. Ombak yang menghempas karang akan menjadi objek foto yang menawan.

Jeruk Dilarang Masuk di Pantai Kedung Tumpang

Eksotisme Pantai Kedung Tumpang Tulungagung
Eksotisme Pantai Kedung Tumpang Tulungagung. Foto: Gmap/Nor Khakim

Baca: Pantai Klayar Pacitan Tiket & Ragam Aktivitas

Sebagai pendatang, wisatawan harus mentaati aturan yang sudah ditetapkan oleh masyarakat sekitar. Bahwa, tidak diperbolehkan membawa buah jeruk di Pantai Kedung Tumpang. Hal ini dikarenakan, masyarakat percaya bahwa buah jeruk dapat mendatangkan mara bahaya. Yaitu mendatangkan ombak besar di Pantai Kedung Tumpang.

Oleh karena itu, sebagai wisatawan yang baik hendaknya mematuhi peraturan tersebut. Terlepas dari percaya atau tidak, atau teori ilmiah dari hal tersebut. Yang terpenting, menghormati dan mematuhi adat setempat merupakan cara yang bijak berkunjung di tempat baru.

Trekking Menuju Pantai Kedung Tumpang

Untuk menuju Pantai, pengunjung harus menyiapkan fisik yang kuat. Karena, objek wisata ini tidak berada di dekat jalan raya. Pengunjung harus berjalan kurang lebih sejauh 3 kilometer.

Jalanan yang dilalui pun belum sepenuhnya rata. Bahkan, di sana sini masih terdapat lubang dan batuan yang cukup terjal. Kendaraan yang baik digunakan di sini adalah sepeda motor. Supaya dapat melalui jalanan menuju Pantai Kedung Tumpang.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah alas kaki saat berada di pantai. Sebaiknya, pengunjung menggunakan alas kaki anti selip, seperti sandal gunung. Jangan menggunakan sandal jepit, karena pengunjung akan melewati batuan karang. Yang mana dengan sandal jepit akan membuat kaki sakit dan terluka.

Lokasi Pantai Kedung Tumpang

Objek wisata pantai ini berada di Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Berjarak 40 Kilometer dari pusat kota Tulungagung, dapat ditempuh dalam waktu 1,5 Jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here