Beranda Tiket Wisata

Pantai Sedahan Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas - Desember 2019

Tgl. Update:Selasa, November 19, 2019
Pantai Sedahan Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Pendowo, Jepitu,Girisubo,Gunung Kidul,DI Yogyakarta,Indonesia,55883.

Pantai di Gunung Kidul memiliki pesona yang luar biasa indahnya. Berpasir putih, lautan berwarna biru, serta batu karang yang tinggi menjulang. Ciri khas ini pun dimiliki oleh Pantai Sedahan, yang berada di Gunung Kidul.

Pantai Sedahan termasuk pantai yang masih perawan. Tidak banyak pengunjung yang datang ke sini. Bahkan, sesekali pengunjung akan bertemu hewan liar di sekitar pantai. Pasti sangat seru, bukan?

Harga Tiket Masuk Pantai Sedahan Gunung Kidul

Untuk menikmati objek wisata ini, pengunjung dikenakan tarif yang sangat murah. Karena memang, tempat ini belum dikelola secara baik. Baik oleh pemerintah maupun masyarakat sekitar.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp5.000

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Gunung Kidul Tiket & Wahana Unik

Jam Operasional

Objek wisata ini tidak menerapkan jam operasional khusus. Wisatawan dapat berkunjung kapan saja. Namun sebaiknya, berkunjunglah ketika hari terang. Karena jalanan untuk menuju pantai sangat gelap dan memungkinkan tersesat karena tidak adanya penunjuk jalan.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Eksotisme Pantai Sedahan Gunung Kidul

Para Pengunjung sedang Bermain di Pantai Sedahan
Para Pengunjung sedang Bermain di Pantai Sedahan. Foto: Gmap/Muhamad Faisol

Begitu memasuki Pantai Sedahan, pengunjung akan disambut dengan suara deburan ombak besar mengiringi bak musik. Bergulung – gulung diantara birunya air laut. Ditambah lagi angin sepoi yang seolah menyambut kedatangan pengunjung. Membawa aroma lautan yang begitu menenangkan.

Pantai ini memiliki pasir putih yang begitu lembut. Nyaman kaki menginjakkannya di atas pasir ini. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan batuan karang, karena di sepanjang pantai tidak terdapat batuan karang. Namun, yang perlu diwaspadai di sini adalah ombak lautnya yang begitu besar, bukan batuan karangnya.

Baca: Pantai Ngrumput Gunung Kidul Area Berkemah Paling Asik

Di kedua sisi pantai, terdapat tebing karang besar yang tertutupi oleh tanaman, sehingga permukaannya hijau. Tebing karang ini menjorok ke arah pantai, yang membuatnya seolah tampak mengapit pantai. Di sekitar pantai pun banyak terdapat pepohonan hijau. Warna hijau pepohonan dengan birunya laut dan pasir pantai putih menciptakan kombinasi warna yang menawan.

Menikmati Pemandangan Pantai dari atas Bukit Karang

Pemandangan dari Atas Bukit
Pemandangan dari Atas Bukit Pantai Sedahan. Foto: Gmap/Shidqi Irbah

Di sekitar pantai terdapat bukit – bukit karang yang begitu indah. Mudah dinaiki dan dijadikan tempat untuk bersantai. Selain itu, dua batu karang yang mengapit juga dapat dinaiki. Karena permukaannya yang cukup landai dan luas.

Dari atas bukit, pengunjung dapat menikmati indahnya bentang alam pantai. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman berbeda ketika berada di atas bukit ini. Melihat ombak bergulung – gulung yang tampak lebih kecil. Ditambah lagi lambaian pepohonan yang tertiup angin, seolah menari – nari mengikuti irama ombak.

Baca: Pantai KRAKAL Gunung Kidul Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas

Dari atas batu karang, pengunjung juga dapat menikmati indahnya mentari terbenam. Tidak ada penghalang, hanya lautan lepas yang menjadi terhampar. Pengunjung dapat leluasa memandang dan mengiringi pulangnya mentari ke peraduan.

Memancing di Pantai Sedahan

Bagi pengunjung yang gemar memancing, pantai ini merupakan lokasi yang tepat. Banyak ikan – ikan yang dapat dipancing di sini. Bahkan, beberapa pengunjung yang datang khusus hanya untuk memancing.

Pengunjung dapat mencari spot yang tepat dan cukup tenang, dimana di sana terdapat banyak ikan. Yang terpenting, pengunjung harus membawa sendiri peralatan pancing. Karena di sini tidak ada persewaan pancing.

Baca: Pantai Drini Gunung Kidul Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Tempat Bertelurnya para Penyu

Tidak hanya memiliki pemandangan yang begitu indah, tapi juga nyaman. Kenyamanan Pantai Sedahan membuatnya istimewa, karena menjadi tempat bertelurnya para penyu. Beberapa penyu langka bertelur juga kabarnya bertelur di pantai ini.

Jika beruntung, pengunjung dapat melihat anak – anak penyu berjalan menuju ke lautan. Yang terpenting, jangan mengusik tempat bertelur para penyu ini. Supaya keberadaannya tetap lestari.

Berkemah di Pantai Sedahan

berkemah di pantai sedahan
Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan berkemah di pantai ini. Foto: Google Maps/MUHAMMAD FATKHUR RIDWAN

Bagi pengunjung yang ingin menikmati malam hari di Pantai Sedahan, dapat mendirikan tenda perkemahan. Tapi sebaiknya, jangan mendirikan tenda sendirian, ajaklah teman atau keluarga. Karena lokasinya yang sepi, dikhawatirkan tidak ada pengunjung lain yang berkemah.

Di malam hari, pengunjung dapat merasakan ketenangan susana pantai. Hanya deburan ombak dan suara hewan liar menemani. Penerangan pun tidak tersedia di sini.

Baca: PANTAI TIMANG Gunung Kidul Tiket Wahana & Aktivitas

Karena tidak ada persewaan peralatan kemah, pengunjung harus membawa sendiri semua perlengkapan. Termasuk juga tenda, sleeping bag, bahan makanan, serta peralatan memasak. Yang terpenting, jangan mengotori area pantai. Bawa kembali sampah untuk dibuang ke tempat sampah.

Medan Terjal Menuju Pantai Sedahan

pasir putih di pantai
Pantai Sedahan Gunung Kidul. Foto: Gmap/Adam Zfp

Pantai Sedahan berada berdekatan dengan pantai indah lainnya, diantaranya Pantai Greweng. Lokasi pantai berada di sebelah timur Pantai Greweng. Pantai yang masih alami ini terletak cukup tersembunyi.

Pengunjung dapat menitipkan kendaraan di rumah penduduk, yang jaraknya cukup jauh dengan pantai. Untuk menuju pantainya sendiri, harus dilakukan dengan berjalan kaki. Jalan yang dilalui berupa perbukitan karang yang berbatu dan cukup terjal.

Ladang – ladang penduduk, hutan batu, dan semak belukar menjadi medan yang harus dilalui pengunjung. Di perjalanan, pengunjung juga akan bertemu dengan mata air dan goa alami. Jika dihitung dari lokasi memarkirkan kendaraan, jarak tempuhnya sekitar 45 hingga 60 menit berjalan kaki.

Fasilitas di Pantai Sedahan Gunung Kidul

Menjadi objek wisata yang tersembunyi membuat pantai ini belum dikelola secara maksimal. Tidak ada warung yang menjajakan makanan, bahkan toilet pun tidak tersedia. Namun positifnya, objek wisata ini masih terjaga keasrian dan alaminya.

Lokasi Pantai Sedahan Gunung Kidul

Objek wisata ini berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Dari pusat kota Yogyakarta pantai ini berjarak kurang lebih 75 Kilometer. Dapat ditempuh dalam waktu 2,5 Jam bekendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here