Beranda Tiket Wisata

PANTAI SIUNG Gunung Kidul Tiket & Ragam Aktivitas September 2021

Pantai SiungHarga Tiket: Rp5.000Jam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, -

Pantai Siung merupakan objek wisata pantai yang populer di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan lautnya yang biru. Di samping itu, pantai ini memiliki pemandangan tebing yang tinggi di kanan-kirinya. Tak heran jika kawasan wisata ini juga sering digunakan untuk panjat tebing bagi pengunjung.

Selain itu, tempat wisata ini juga terkenal dengan spot foto jembatan gantungnya. Jembatan gantung tersebut terletak di atas tebing yang berada disekitar pantai. Kemudian, pantai ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit yang juga mempercantik pemandangan sekitarnya. Beberapa wisata bukit yang dimaksud adalah Bukit Pengilon dan Bukit Ragil.

Harga Tiket Masuk Pantai Siung Yogyakarta

Pantai ini termasuk destinasi wisata yang murah meriah, karena harga tiketnya yang terjangkau. Tidak ada perbedaan harga tiket bagi pengunjung anak-anak dan dewasa. Namun, pengunjung harus menyiapkan bujet lebih untuk menyewa beberapa fasilitas yang tersedia. Harga tiket masuk ke pantai ini tidak termasuk dengan wisata bukit sekitarnya.

Harga Tiket Masuk
Anak-Anak/DewasaRp5.000
Tarif Parkir
MotorRp3.000
MobilRp5.000
Sewa Fasilitas & Wisata Bukit
TikarRp20.000
Tenda PayungRp25.000
Panjat TebingRp200.000 – Rp300.000
Wisata Bukit PengilonRp2.000

Baca Juga: 14 Pantai Terbaik di Gunung Kidul

Jam Buka Pantai Siung Yogyakarta

Pengunjung dapat mengunjungi pantai ini sepuasnya, karena tidak ada batasan jam operasionalnya. Namun, pengunjung lebih memilih berkunjung ke pantai ini pada pagi atau sore hari. Karena pada siang hari udara terasa sangat panas di sekitar pantai ini. Untuk menghindari suasana yang ramai, pengunjung dapat berkunjung pada saat hari biasa.

Jam Buka
Senin – Minggu24 jam

Aktivitas Di Pantai Siung Gunung Kidul

Umumnya, objek wisata ini sering menjadi tujuan pengunjung untuk swafoto dan panjat tebing. Di pantai ini, terdapat berbagai spot foto yang menarik sehingga pengunjung dapat berswafoto sepuasnya. Pengunjung juga dapat menikmati momen sunrise dan sunset di atas tebing pantai. Berbagai aktivitas tersebut dapat bisa dilakukan dari pagi hingga malamĀ  hari.

Spot Foto

Spot Foto Jembatan Gantung Gunung Kidul
Pemandangan Spot Foto Jembatan Gantung yang Menjadi Favorit. Foto: Google Maps/Nur H

Sebagian besar pengunjung datang ke sini untuk berswafoto. Jembatan gantung merupakan spot foto sering menjadi incaran. Untuk mencapai jembatan gantung ini, pengunjung harus menaiki tebing melalui tangga yang tersedia. Karena lokasinya yang ekstrem jembatan gantung ini dapat memberikan sensasi uji nyali.

Di atas tebing yang terhubung dengan jembatan juga terdapat spot foto lainnya. Pemandangan laut, karang dan perbukitan hijau di sekitar pantai merupakan latar utama. Selain itu, bisa juga mengambil foto dari ketinggian Bukit Pengilon. Bagi yang takut ketinggian, spot foto di pinggir pantai dapat menjadi pilihan.

Pemandangan Sunrise, Sunset, dan Bukit

Bukit Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta
Pemandangan Bukit yang Hijau dan Indah yang Memanjakan Mata Pengunjung. Foto: Google Maps/Toni Ambarukmo

Selanjutnya, menikmati momen sunrise dan sunset merupakan aktivitas wajib lainnya di pantai ini. Untuk mendapatkan momen sunrise datanglah lebih awal di pagi hari. Sedangkan, untuk mendapatkan momen sunset bisa datang pada saat sore hari.

Pemandangan sunrise dan sunset dapat terlihat melalui pinggir pantai. Ditambah dengan area perbukitan hijau di sekitar pantai menambah cantik momen sunset & sunrise. Namun area terbaik untuk menikmati momen matahari terbit dan terbenam ini berada di atas puncak bukit yang langsung menghadap ke laut.

Panjat Tebing dan Berkemah

Berkemah Di Pinggir Pantai Gunung Kidul
Pengunjung yang Tampak Berkemah Di Pinggir Pantai. Foto: Google Maps/Kardun Bewok

Pantai Siung juga sangat terkenal dengan aktivitas panjat tebingnya. Hal ini Karena di sekitar pantai berkeliling area perbukitan yang cukup tinggi. Setidaknya ada 250 jalur panjat tebing yang berstandar internasional. Tak heran bukit-bukit sekitar pantai ini sering menjadi incaran para penggemar olah raga panjat tebing. Bukan saja pemanjat yang sudah berpengalaman yang pemula pun bisa menjajal bukit-bukit di pantai ini.

Sebagai informasi tambahan, pengunjung harus menyiapkan bujet lebih untuk melakukan panjat tebing tersebut. Setelah mendaki bukit, pengunjung bisa berkemah di bukit.

Area yang sering menjadi pilihan berkemah adalah Bukit Panglion. Karena bentang alam laut sekitar pantai lebih jelas terlihat. Sedangkan bagi yang tidak ingin mendaki bukit bisa berkemah di pinggir pantai.

Berenang dan Wisata Kuliner

Berenang Di Pantai Gunung Kidul
Pengunjung yang Menikmati Aktivitas Berenang dengan Ombak yang Tampak Tenang. Foto: Google Maps/David Tanjung

Selama berada di pantai jangan lewatkan aktivitas berenang. Air lautnya yang bersih serta Ombaknya yang tidak terlalu besar memang sangat cocok sebagai area berenang. Tidak hanya untuk dewasa, anak-anak pun cukup aman bermain dan berenang di tepi pantai. Namun anak-anak harus tetap berada dibawah pengawasan orang tuanya.

Setelah melakukan berbagai aktivitas, pengunjung dapat menikmati kuliner di sini. Terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai menu masakan. Lokasinya berada di sekitar area parkir. Berbagai menu makanan yang tersedia, antara lain hidangan laut, mie ayam, dan lain sebagainya.

Fasilitas

Walaupun tiket masuknya terjangkau, tetapi pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas yang tersedia yaitu tempat parkir yang luas, toilet, dan mushola. Di samping itu, pantai ini menawarkan fasilitas penginapan dan area perkemahan. Tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas panjat tebing dengan jalur yang aman.

Rute dan Lokasi Ke Pantai Saung

Objek wisata ini tepatnya berada di Dusun Duwet, Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya memang cukup jauh dari Kota Yogyakarta berjarak sekitar 75 kilometer. Namun, akses jalan menuju lokasi ini cukup baik dengan jalan yang sudah beraspal. Pengunjung dapat menggunakan motor ataupun mobil untuk mencapai wisata pantai ini.

Walaupun jalannya sudah beraspal, tetapi medan jalannya berkelok-kelok. Di sepanjang jalan menuju lokasi bukit dengan pohon jati merupakan pemandangan utama. Pengunjung dapat melalui jalur Wonosari jika berangkat dari pusat Kota Yogyakarta.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini