Beranda Tiket Wisata

PANTAI JOGAN Keindahan Penuh Tantangan - November 2020

Pantai Jogan
Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Pantai, Purwodadi,Tepus,Gunung Kidul,DI Yogyakarta,Indonesia,55881.

Sebuah pantai kerap kali dikenal dengan keindahan ombak dan juga pasirnya. Tak jarang pantai dengan pasir berwarna-warni menjadi modal tersendiri untuk menarik perhatian wisatawan. Hal-hal tersebut mungkin tidak menjadi unggulan di Pantai Jogan, Yogyakarta.

Salah satu pantai yang terletak di Gunung Kidul itu lebih menonjolkan wisata pantai lengkap dengan kolaborasi air terjunnya. Keindahan pantai Jogan tidak hanya terletak pada air terjunnya saja, namun juga tebing-tebing yang kerap dijadikan obyek foto wisatawan.

Arti nama Jogan adalah lantai, yang sering dikaitkan dengan aliran air di pantai tersebut. Bukan hanya air asin saja, namun juga dilewati air sungai yang mengalir deras bak air terjun. Mungkin ide nama Jogan muncul dari sana, karena airnya mengalir dari atas hingga ke dasar atau bibir pantai secara langsung.

Perpaduan air terjun, tebing-tebing dan laut lepas Samudera Hindia ini pertama kali dinikmati wisatawan pada tahun 2010. Sebelumnya pantai ini dianggap masih perawan karena tak banyak diketahui orang. Kemudian di tahun 2011, wisatawan mulai berduyun-duyun datang untuk mengobati rasa penasaran keindahan kawasan pantai ini.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk kawasan pantai sangat terjangkau. Jadi, bisa disimpulkan jika Pantai Jogan benar-benar merupakan surga yang tersembunyi.

Harga Tiket
Senin – MingguRp5.000
Tiket RappellingRp50.000 – Rp75.000

Baca: Pantai-pantai Asik Di Yogyakarta

Ragam Aktivitas Wisata Di Pantai Jogan

Tiap perjalanan akan selalu ada rintangan, seperti halnya untuk menuju lokasi Pantai Jogan. Berhubung belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas, pihak pengelola kurang memerhatikan mengenai jalan menuju rute wisata. Namun perjalanan selama dua jam yang penuh perjuangan itu akan terbayarkan dengan berbagai keindahan yang disajikan.

Ditambah lagi berbagai aktivitas menantang yang bisa dilakukan di pantai ini. Berikut beberapa kegiatan yang patut dicoba wisatawan.

Rappelling Ekstrem yang Digandrungi

kegiatan Rappelling
Olahraga menantang seperti Rappelling menjadi daya tarik bagi para wisatawan domestik maupun asing Foto: Google Maps/Ana

Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia mengenai hal-hal berbau ekstrem yang malah menjadi daya pikat. Seperti halnya olahraga rappelling yang turut menjadi salah satu sajian wisata di Pantai Jogan. Para wisatawan mengaku, olahraga tersebut lebih menantang karena selain beradu dengan ketinggian juga derasnya aliran terjun.

Tak jarang air terjun Pantai Jogan menerpa wajah wisatawan, dan hal tersebut malah menjadi sebuah penyemangat. Tergolong menjadi salah satu olahraga ekstrem, pengelola telah menyiapkan banyak instruktur untuk memberikan panduan. Selain itu wisatawan juga dilengkapi dengan berbagai alat kemanan seperti helm yang berstandart internasional.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Tebing yang selalu dialiri air tentunya menimbulkan banyak lumut dan licin. Hal tersebut rupanya sudah diantisipasi oleh pihak pengelola, sehingga mereka rajin membersihkannya. Alasan selain untuk kebersihan, juga demi keselamatan wisatawan.

Saat wisatawan beraksi, dua instruktur terlatih dan telah memiliki sertifikat akan mengawasi dari atas. Sedangkan di bawah ada satu orang, jadi keselamatan wisatawan benar-benar menjadi prioritas utama. Untuk yang penasaran dengan destinasi wisata ini, tidak perlu merogoh kocek dalam.

Menikmati Sunset di Tebing Tersembunyi

sunset di pantai jogan
Menikmati keindahan sunset diantara karang-karang pantai tepi pantai. Foto: Google Maps/Tommi Rosandy

Berwisata ke pantai tak lengkap rasanya jika tidak menikmati momen saat matahari terbit maupun tenggelam. Momen paling romantis yang sering dipilih oleh wisatawan adalah saat matahari terbenam.

Salah satu tempat di Pantai Jogan yang dinamakan Tebing Tersembunyi ini kerap digunakan untuk menikmati sunset. Dinamakan Tebing Tersembunyi karena akses menuju lokasi tersebut sangat sulit bahkan harus melewati batuan terjal ditemani oleh pemandu wisata.

Baca: Pantai Parangtritis Tiket & Ragam Aktivitas

Selain menawarkan keindahan matahari tenggelam, tebing yang dinamakan Widangan ini juga menyimpan pesona lainnya. Salah satunya pemandangan laut dengan ombaknya yang deras. Serta wisatawan juga bisa menyaksikan dua pulau yang letaknya tidak jauh dari tebing Widangan. Dua pulau tersebut adalah Pulau Ngondo dan Pulau Tima.

WIsatawan tak perlu risau krena pemandu siap memberikan waktu dan pelayanannya. Salah satunya menemani perjalanan dari Pantai Jogan ke Tebing Widangan yang jaraknya sekitar 500 meter saja.

Spot Foto Menawan Untuk Pecinta Selfie

Spot foto cantik
Tangga kecil sebagai fasilitator ke mulut tebing sebagai air terjun utama Foto: Instagram/jogjajateng

Selain menikmati keindahan alam yang dijadikan di tempat wisata, pengunjung juga memiliki motivasi untuk mengabadikan momen. Mulai dari pose seorang diri ataupun beramai-ramai sebagai bukti jika pernah mendatangi tempat tersebut. Tanpa banyak kata, pengelola segera menciptakan spot-spot cantik itu.

Salah satunya yang kerap dipakai adalah tangga kecil yang arahnya menuju ke bibir pantai. Selain itu letaknya juga pas di bawah aliran air terjun, sehingga wisatawan bisa merasakan langsung perpaduan rasa antara air sungai dan juga pantai.

Baca: Gumuk Pasir Parangkusumo Tiket & Aktivitas

Selain spot foto yang memang telah disediakan oleh alam, di pantai ini juga menyediakan yang merupakan hasil perbuatan manusia. Terbuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa kemudian dilengkapi dengan tulisan.

Bersebelahan dengan Pantai Nglambor

Memancing di pantai Nglambor
Kegiatan memancing di pantai Nglambor selain snorkeling Foto: Instagram/berandajogja

Berada di kawasan pantai gunung Kidul, Pantai Jogan memiliki jarak yang dekat dengan Pantai lainnya yaitu Nglambor. Jika di pantai Jogan, wisatawan bisa Rappelling di Pantai Nglambor bisa melakukan hal berbeda, yakni snorkeling.

Airnya yang jernih serta bentukan alam pantai Nglambor yang layaknya sebuah kolam, sudah menjadi nilai unggulan bagi wisatawan. Selain snorkeling, biasanya tempat ini juga dimanfaatkan untuk memancing. Jarak yang harus ditempuh wisatawan dari Pantai Jogan ke Pantai Nglambor cukup singkat.

Baca: PANTAI TIMANG Tiket Wahana & Aktivitas

Bahkan rutenya pun bisa ditempuh menggunakan jalan kaki karena dinilai lebih dekat. Dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi terutama mobil, terpaksa harus putar balik dengan jaraknya yang sangat jauh.

Lokasi Pantai Jogan

Seperti yang telah dibahas di awal jika Pantai Jogan ini tebilang perawan dan masih diketahui sedikit wisatawan. Sehingga berpengaruh pada pengelolaan lingkungannya. Untuk menuju salah satu surga pantai di daerah Gunung Kidul wisatawan harus menempuh kurang lebih dua jam dari kota Jogjakarta.

Untuk rutenya sendiri bisa melalui Jalan Wonosari menuju kota Wonosari. Sebelum kantor Polres ikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Pantai Siung, Pantai Nglambor, dan Pantai Jogan. Ambil rute yang mengarahkan ke Pantai Jogan.

Lengkapnya pantai ini berada di Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

1 KOMENTAR

  1. Akses jalan masuk ke lokasi kurang diperhatikan oleh pengelola..jalan masuk rusak berat ..saya dg keluarga bulan juni 2020 wisata ke jogan akhirnya memutuskan balik arah ( untung ada tempat untuk balik arah mobil kita di kanan kiri pohon jati ) untuk kemudian menuju pantai.Wedi Ombo..pr untuk pengelola..atau ini.bisnis pemilik jeep yg biarkan jalan rusak seperti track off road..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini