Beranda Tiket Wisata

PANTAI NGRENEHAN Tiket & Ragam Aktivitas Desember 2021

Pantai NgrenehanHarga Tiket: Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Kanigoro, Sapto Sari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55871

Pantai Ngrenehan termasuk salah satu pantai wisata di Gunung Kidul. Berjarak kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Jogja. Memang area pantainya tidak terlalu luas namun kealamiannya masih sangat terasa. Wisatawan pun dapat menyaksikan kearifan lokal dan kehidupan para nelayan di sini.

Pemandangan pantai begitu memikat dan mempesona. Banyak daya tarik di pantai ini, selain pemandangan dan kehidupan masyarakatnya. Di antaranya kuliner laut yang begitu nikmat, karena hasil tangkapan asli nelayan. Karena letaknya yang cukup jauh, jadi wisatawan belum terlalu memadati tempat ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Objek wisata pantai ini begitu terjangkau biaya masuknya. Bahkan, tidak ada perbedaan biaya saat akhir pekan ataupun hari biasa.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 5.000

Baca Juga: 30+ Destinasi Wisata Terbaik di Gunung Kidul

Jam Buka Pantai

Objek wisata ini sebaiknya dikunjungi antara pagi hingga sore hari. Karena di malam hari, penerangan kurang. Selain itu, jalanan untuk kembali ke Jogja kurang penerangan.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Pantai Ngrenehan yang Mungil namun Eksotis

Indahnya sekitar pantai yang penuh Batuan Karang
Indahnya Pantai Ngrenehan yang penuh Batuan Karang. Foto: Gmap/Atif Andrian

Pantai Ngrenehan menawarkan pesona alam indah, meskipun pantainya cukup mungil. Betapa tidak, luas pantai ini hanya sekitar 100 meter persegi. Serta terapit bukit karang tinggi yang berselimut tanaman di sisi kanan dan kirinya. Bukit ini menjadi penghalang ombak, sehingga ombak yang menuju pantai tidak terlalu tinggi.

Air laut pantai ini pun tak kalah indah bergradasi, mulai dari warna jernih, tosca, dan semakin biru ke tengah lautan. Pasirnya yang putih dan bersih, serta lembut ketika tersentuh telapak kaki. Perpaduan warna birunya lautan, putihnya pasir, dan hijaunya bukit karang menyatu tersaji begitu menawan. Seperti harmoni alam yang tertuang dalam lukisan.

Berjalan-jalan di pantai ini tentu tidak melelahkan, karena tidak terlalu luas. Namun, wisatawan justru dapat menikmati semua daya tarik yang ada di pantai ini. Berfoto, berenang, berjalan-jalan, bermain pasir, atau kuliner santai di tepi pantai. Wisatawan juga dapat berkeliling pantai dengan menyewa perahu milik nelayan setempat.

Baca Juga: Pantai Drini Tiket & 10 Aktivitas

Pantai Kampung Nelayan yang Menarik

Perahu yang Terparkir di Tepian Pantai
Perahu yang Terparkir di Tepian Pantai. Foto: Gmap/James Adhitthana

Salah satu keunikan dari Pantai Ngrenehan yaitu keberadaan kampung nelayan. Dengan warga sekitarnya yang banyak berprofesi sebagai nelayan. Begitu sampai di sini, wisatawan akan langsung mendapat sambutan jejeran perahu yang terparkir rapi di pantai. Layaknya mobil yang sedang terparkir di parkiran.

Keberadaan perahu-perahu ini menambah keindahan pemandangan pantai. Jika wisatawan datang saat siang hari, maka wisatawan akan melihat para nelayan yang baru pulang melaut. Karena nelayan di sini berangkat melaut pukul empat pagi dan kembali pada siang hari. Hasil tangkapan para nelayan ini biasanya langsung dijual, selain segar hasil tangkapannya, juga lebih murah.

Hasil tangkapan para nelayan ini bermacam-macam, seperti ikan, cumi-cumi, bahkan lobster. Bedanya, lobster dapat ditangkap kapan saja tanpa menunggu waktu fajar hingga siang hari. Uniknya lagi, para nelayan di sini masih memegang teguh kearifan lokal. Di mana mereka tidak akan melaut pada malam atau hari Selasa dan Jumat Kliwon, karena terdapat pantangan.

Baca Juga: PANTAI INDRAYANTI: Tiket & Ragam Pesona

Menyelami Kearifan Lokal melalui Upacara Adat

Pantai Ngrenehan merupakan salah satu pantai tempat dilaksanakannya upacara adat. Saat berkunjung ke objek wisata ini disarankan datang pada saat yang tepat. Salah satu waktu yang tepat berkunjung ke pantai ini adalah menjelang bulan purnama. Di waktu ini, umat Hindu yang bermukim di kawasan sekitar pantai akan melakukan upacara melasti.

Selain bulan purnama, saat hari raya Nyepi juga terdapat upacara adat yang dapat disaksikan wisatawan. Pantai ini hanya berjarak satu kilometer dengan Pantai Ngobaran. Dimana di pantai tersebut terdapat pura yang masih digunakan untuk beribadah umat Hindu. Dan memang, di sini hidup masyarakat beragam agama.

Masyarakat di sini hidup berdampingan dengan damai. Di mana, upacara-upacara adat yang berlangsung pun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Baca Juga: PANTAI NGLAMBOR Tiket & 4 Aktivitas Seru

Menikmati Kuliner Laut yang masih Segar

Kuliner Khas di sekitar pantai
Kuliner Khas Pantai Ngrenehan. Foto: Gmap/Endah Tri

Karena nelayan setempat menangkap sendiri ikan-ikan di laut. Tentunya, berburu kuliner berupa olahan ikan laut adalah pilihan yang tepat. Beragam jenis ikan terseida di sini, termasuk juga kerang, udang, kepiting, serta rajungan. Harga makanan pun masih sangat terjangkau, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 100.000 per kilo.

Wisatawan dapat memilih jenis masakan. Bisa digoreng, dibakar, bubum asam manis, atau masakan lainnya. Sembari menunggu pesanan siap, biasanya pembeli perlu menunggu beberapa saat. Tempat tunggunya pun unik, yaitu sebuah rumah khas perkampungan Jawa yang ada di sekitar pantai.

Dari lokasi ini, pemandangan pantai dapat terlihat dengan jelas. Wisatawan dapat menyantap kuliner sambil menyaksikan indahnya pemandangan pantai. Tentu suasana akan lebih menyenangkan dan menggugah selera makan. Apalagi tiupan angin semilir yang menyejukkan turut menyertai acara santap siang itu.

Menjelajah Surga Perairan Pantai Ngrenehan

Wisatawan dapat Bermain Air di Pesisir Pantai
Wisatawan dapat Bermain Air di Pesisir Pantai. Foto: Gmap/Cahyanto

Objek wisata ini memiliki air laut yang jernih serta ombak yang tidak besar. Wisatawan dapat berenang atau bermain-main air di pesisir pantainya. Sejauh ini ombak masih tertahan oleh karang sehingga berenang di sini terbilang aman. Namun tetap harus dalam pengawasan atau harus sudah mahir berenang.

Selain itu, wisatawan juga dapat berkeliling area laut dengan perahu nelayan. Beberapa nelayan menyewakan perahunya untuk berkeliling perairan sekitar pantai. Tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dapat berkeliling laut dengan perahu.

Lokasi Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Objek wisata pantai ini berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk mengunjungi tempat ini, sebaiknya wisatawan menggunakan kendaraan pribadi.

Tanggapan:

5 / 5. dari 4

Kasi Bintang