Beranda Tiket Wisata

PANTAI NGRAWAH Tiket & Aktivitas Menarik September 2021

Pantai NgrawahHarga Tiket: Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Kanigoro, Sapto Sari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55871

Pantai Ngrawah adalah pantai kecil yang tersembunyi di Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini terapit dua buah pantai lainnya, yaitu Ngrenehan dan Midodaren. Jika dibandingkan, Pantai Ngrawah menyajikan suasana yang jauh berbeda dari keduanya.

Pantai ini terhitung baru terkenal karena belum lama mencuat sebagai destinasi wisata. Kondisinya masih sangat bersih dan nyaris perawan. Suasananya pun sangat tenang karena relatif sepi pengunjung. Sehingga, Ngrawah layak menjadi tujuan ‘pelarian’ dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Tiket Masuk Pantai Ngrawah

Tiket masuk Pantai Ngrawah sama dengan tiket ke Pantai Ngrenehan dan Midodaren. Ketiga pantai ini berada lokasinya berdekatan. Sehingga pengunjung hanya perlu membayar satu kali untuk mengunjungi semuanya. Harga tiket ini belum termasuk biaya parkir atau inap kendaraan pribadi.

Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp5.000

Baca Juga: 40 Pantai Terbaik di Yogyakarta

Jam Buka

Pantai Ngrawah tidak memiliki jam operasional khusus. Pantai ini bisa dikunjungi kapan saja. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada saat pagi atau sore hari. Tidak disarankan berkunjung pada malam hari karena jalan setapak yang minim penerangan.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Ngrawah, Mutiara Pesisir Tersembunyi

Pengunjung Pantai Ngrawah bermain ombak
Pantai Ngrawah bukan tipikal pantai wisata komersial yang selalu ramai oleh kegiatan pariwisata. Pantai ini justru menjadi buruan karena ketenangannya – Foto: Google Maps/Jeffri Cahyono

Di masa sekarang, kepadatan rutinitas membuat banyak orang semakin membutuhkan rehat. Wisata alam seperti pantai pun tak jarang jadi tujuan. Di pesisir selatan Gunungkidul, ada banyak sekali destinasi wisata pantai yang memesona. Saking banyaknya, tidak terhitung pantai yang masih belum banyak terjamah wisatawan. Pantai Ngrawah yang berada di Desa Kanigoro adalah salah satunya.

Bisa dikatakan pantai ini tujuan paling tepat bagi para pencari vitamin sea. Pantai ini tidak menawarkan fasilitas ‘wah’ yang neko-neko. Hanya ada hamparan pasir putih lembut yang bersih dan bentangan laut biru. Jika mencari ketenangan di akhir pekan, Pantai Ngrawah bisa jadi jawaban terbaik.

Baca Juga: PANTAI NGRENEHAN Tiket & Ragam Aktivitas

Minim Akses Jalan

Petunjuk arah menuju Pantai
Jalan menuju pantai berupa jalan setapak yang sederhana dan membutuhkan tenaga ekstra untuk dilewati – Foto: Google Maps/Dani Retno Rianti

Siapkan sedikit tenaga lebih untuk berkunjung ke pantai ini. Pasalnya, Pantai Ngrawah bukanlah pantai wisata komersial yang ramai. Keberadaannya masih terhitung cukup tersembunyi. Sehingga, akses jalan pun belumlah memadai.

Untuk menuju pantai ini, tidak ada akses jalan langsung. Wisatawan hanya bisa menyambanginya dengan mampir ke pantai tetangga terlebih dahulu. Bisa melalui Pantai Ngrenehan atau Pantai Midodaren yang lebih dekat. Memang lebih direkomendasikan untuk memulai perjalanan dari Midodaren.

Tidak ada jalan raya apalagi angkutan umum yang melintasi area pantai ini. Pengunjung wajib membawa kendaraan sendiri. Sedangkan untuk parkir kendaraan terdapat di sekitar Midodaren. Selanjutnya, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 100 meter.

Akses jalan yang tersedia berupa jalan setapak kecil. Lebarnya cukup untuk satu orang. Lebih cocok disebut pematang karena melintasi perkebunan warga sekitar. Hati-hati karena medannya tanah dan bisa saja becek saat musim hujan.

Baca Juga: PANTAI NGOBARAN Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Lelah Terbayar Lunas

Pintu menuju Pantai Ngrawah
Area pantai di antara Pantai Ngrenehan dan Midodaren. Lokasinya sedikit tersembunyi karena berada di balik bukit – Foto: Google Maps/rikza afa aditya

Perjalanan hingga lokasi Pantai Ngrawah memang tidak jauh. Namun, cukup menguras keringat karena konturnya naik-turun. Sisi kanan-kiri jalan penuh dengan tumbuhan pandan laut yang durinya perlu diwaspadai.

Jangan khawatir karena pemandangan indah selalu mendampingi sepanjang jalan. Bentangan laut luas serta sepoi angin sangat memanjakan mata. Rasa lelah pun tidak akan terlalu terasa.

Kelelahan itu bahkan terbayar tuntas ketika tiba di lokasi. Setelah menuruni jalan yang terjal, wisatawan akhirnya bisa menginjakkan kaki di Ngrawah. Hamparan pasir putih nan lembut siap menyambut.

Lautnya memang merupakan laut selatan yang ganas. Tetapi, karena posisinya yang agak tersembunyi, ombak pun tidak terlalu besar. Hanya saja, bibir pantainya berisi banyak batu karang. Wisatawan perlu berhati-hati saat bermain ombak di pantai ini.

Baca Juga: Pantai Baron Tiket & 5 Daya Tarik

Camping Di Pantai Ngrawah

Pengunjung bersantai di depan tenda tepi pantai
Pantai ini menawarkan suasana sepi nan tenang yang cocok untuk dijadikan lokasi kemah tepi pantai – Foto: Google Maps/tri sugianto

Pantai ini berupa area yang menjorok di antara dua bukit. Jarak dari bibir pantainya cukup jauh dan luas. Banyak area landai yang berisi pandan laut dan rerumputan. Ada juga bagian yang teduh terlindungi bayangan bukit.

Bagi para pecinta kegiatan berkemah, Ngrawah mungkin merupakan surga. Jauh dari keramaian, bersih, dan menyajikan pemandangan laut nan cantik. Sehingga, seringkali pantai ini menjadi incaran wisatawan yang sengaja ingin berkemah.

Baca Juga: PANTAI WOHKUDU Pesona Bukit Hijau & Karang

Sayangnya, Pantai Ngrawah belum memiliki sarana pendukung yang memadai. Toilet maupun warung makan terdekat hanya ada di area Pantai Midodaren. Jika ingin bermalam di sini, wisatawan harus mempersiapkan bekal ekstra.

Terlepas dari itu, Pantai Ngrawah sangat kayak sebagai destinasi berkemah. Wisatawan bahkan bisa memancing ikan untuk santapan berkemah. Pemandangan menakjubkan lainnya ketika malam hari. Langitnya bertabur jutaan bintang, jauh dari bising dan cahaya lampu kota.

Baca Juga: PANTAI KUKUP Tiket & Ragam Keindahan

Eksplorasi Alam

Gua Pantai Ngrawah
Keindahan alami yang menarik untuk dieksplorasi, salah satunya gua karang yang bisa dijumpai di bukit sebelah barat – Foto: Google Maps/Fatika Nur Isnaini

Kecuali penggemar petualangan, wisata di Ngrawah memang agak merepotkan. Hal ini mengingat tidak adanya fasilitas yang memadai. Namun, siapa saja tetap bisa bersenang-senang di sini. Salah satunya dengan melakukan eksplorasi alam sekitar.

Kondisi Pantai Ngrawah masih sangat alami. Berbagai kenampakan alam sangat mudah dijumpai di sini. Salah satunya yaitu goa yang berada di bagian barat.

Wisatawan mungkin akan menemukan perkakas aneh di dalamnya. Goa ini memang digunakan oleh warga lokal yang biasa mencari lobster atau rumput laut. Jika sedang musimnya, pengunjung juga bisa mendapatkan rumput laut di sekitar pantai. Siapa tahu bisa jadi buah tangan spesial dari Pantai Ngrawah.

Baca Juga: Pantai Sedahan Pesona Pasir Putih Memukau

Fasilitas Pantai Ngrawah

Belum ada fasilitas pendukung pariwisata di Pantai Ngrawah. Fasilitas terdekat seperti warung, lahan parkir, musala, dan toilet hanya bisa didapatkan dari area Pantai Midodaren. Karenanya, wisatawan perlu membawa sendiri perlengkapan yang dibutuhkan kemari.

Lokasi Pantai Ngrawah

Lokasi Pantai Ngrawah ada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini hanya bisa diakses dari Pantai Ngrenehan dan Pantai Midodaren. Dari kedua pantai tersebut, wisatawan perlu berjalan kaki. Disarankan untuk berjalan kaki dari Midodaren karena jaraknya hanya sekitar 100 meter.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 4 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini