Beranda Tiket Wisata

BUKIT PENGILON Yogya Tiket & Aktivitas - Mei 2020

Bukit Pengilon Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul, Area Hutan, Balong,Girisubo,Gunung Kidul,DI Yogyakarta,Indonesia,55883.

Pernah bermimpi mengunjungi Selandia Baru? Negara tetangga Australia itu memang dikenal karena keindahan alamnya yang hijau dan langit biru jernih. Namun, ternyata warga Indonesia tidak perlu jauh-jauh menyeberang lautan untuk menikmati ‘Selandia Baru’. Banyak kenampakan alam serupa yang ada di sini, salah satunya di Bukit Pengilon.

Bukit di Kabupaten Gunung Kidul ini menyajikan sejuknya perbukitan hijau. Selain itu, terhampar panorama laut pantai selatan yang tentu tak kalah menakjubkan.

Tiket Masuk Bukit Pangilon

Menikmati pemandangan alam di Bukit Pengilon tidak memerlukan biaya mahal. Dengan harga tiket yang sangat murah, wisatawan sudah bisa berkunjung kemari. Tidak ada biaya tambahan yang akan ditarik selain biaya parkir.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Rp5.000 per orang
Tiket Parkir Roda 2 Rp2.000
Tiket Parkir Roda 4 Rp5.000

Baca: 20 Tempat Wisata Pilihan di Gunung Kidul

Jam Buka

Karena merupakan objek wisata alam, Bukit Pengilon terbuka untuk 24 jam. Tempat ini juga tidak terbatas untuk kalangan tertentu dan bisa dikunjungi kalangan umum. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah ketika akhir musim kemarau atau awal musim penghujan. Saat itu, bukit sudah mulai ditutupi oleh hamparan rerumputan hijau.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Rekreasi di Bukit Pengilon

Bukit Pengilon
Bukit Pengilon menyajikan pemandangan laut dari atas bukit yang indah – Foto: Google Maps/Serafine Dwi Fani Lestari

Bukit Pengilon adalah destinasi wisata alam di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bukit ini merupakan bagian dari sisa-sia Gunung Api Purba Batur. Menghadap ke laut selatan, bukit hijau ini menghadirkan panorama pesisir dari dataran tinggi.

Nama ‘pengilon’ sendiri memiliki arti cermin dalam Bahasa Indonesia. Konon, di bukit ini terdapat batu yang menyerupai cermin. Tidak diketahui dengan jelas mengenai keberadaan maupun wujudnya. Namun, di kawasan ini memang terdapat bebatuan besar yang tersebar di beberapa titik.

Lokasinya memang tidak bisa dikatakan mudah dicapai. Bukit ini memiliki jalur trekking yang cukup memakan waktu dan tenaga. Tetapi, rasa lelah akan langsung terbayar oleh indahnya pemandangan yang didapat saat tiba di lokasi.

Baca: Bukit Bintang Yogyakarta Tiket & Pesona

Trekking Menuju Bukit Pengilon

Jalan setapak untuk trekking
Jalur trekking yang menyusuri sisi bukit – Foto: Google Maps/Novalita Kusuma Wardhana

Bukit Pengilon terletak di Dusun Ngelo, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk mencapai bukit ini, wisatawan harus menyiapkan kondisi stamina yang baik. Rute ke bukit ini merupakan jalan setapak yang menelusuri pinggiran bukit.

Jalan setapak ini hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki atau kendaraan roda dua. Itupun harus berhati-hati karena jalurnya sempit dan berbatu. Jalan ini bersisian langsung dengan pinggiran bukit yang cukup terjal. Meski dibatasi pagar bambu, wisatawan tetap harus berhati-hati ketika melaluinya.

Sepanjang jalan, wisatawan akan disuguhi berbagai pemandangan alam yang indah. Ada area persawahan, air terjun, hingga sedikit pemandangan laut yang terlihat di balik bukit. Trekking ini akan memakan waktu 40 menit hingga 1 jam. Sambil menghirup udara segar, trekking yang melelahkan jadi aktivitas rekreasi yang menyenangkan.

Baca: Bukit Paralayang Watugupit Tiket & Aktivitas Wisata

Camping

Mendirikan tenda di bukit
Lahan yang luas untuk berkemah – Foto: Google Maps/Luqman Fathoni S.

Tiba di area Bukit Pengilon, wisatawan akan disambut oleh panorama laut selatan yang cantik. Di hari cerah, sejauh mata memandang hanya terlihat laut, langit, dan bukit yang hijau. Udara laut yang berhembus membuat hawa panas menjadi sejuk. Di sisi barat tampak Air Terjun Banyu Tibo mengalir di dinding tebing.

Suasana alam yang menenangkan rasanya tidak cukup jika hanya dinikmati sebentar. Banyak lahan datar yang bisa dimanfaatkan untuk mendirikan tenda di sini. Bukit Pengilon memang salah satu tujuan populer untuk berkemah. Tidak sedikit wisatawan yang ingin menikmati langit malam dari kawasan bukit ini.

Baca: PANTAI TIMANG Tiket Wahana & Aktivitas

Piknik

Santai di bawah langit biru
Wisatawan bersantai dan menikmati suasana alam di Bukit Pengilon – Foto: Google Maps/lutfia syafaat

Tidak punya waktu untuk bermalam di sini? Menggelar kegiatan piknik sejenak pun tidak ada salahnya. Bawa bekal secukupnya dan alas tikar yang nyaman. Karena minim fasilitas kebersihan, jaga kebersihan dengan membawa pulang kembali sampahnya, ya.

Tidak bawa alas tikar? Tidak perlu khawatir, karena ada beberapa spot untuk duduk yang nyaman di sini. Hati-hati memilih tempat agar tidak terperosok ke area yang berbahaya.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Fotografi

Pemandangan sunrise
Pemandangan matahari terbit yang terlhat dari atas bukit – Foto: Google Maps/Naufal Ilham Sutianto

Destinasi wisata alam berarti lahan tak terbatas untuk berburu objek foto. Bagi penggemar fotografi, Bukit Pengilon akan jadi area berfoto yang menarik. Panorama 360 derajat yang terlihat dari bukit ini terlalu sayang jika tidak diabadikan. Tidak hanya sebagai objek foto, tetapi juga latar foto yang ‘Instagrammable’.

Berada di dataran tinggi, wisatawan juga bisa leluasa menyaksikan pemandangan sunrise maupun sunset. Perubahan warna langit dapat diobservasi dengan jelas di sini. Suasananya yang tenang dan sejuk menjadikan tempat ini juga populer sebagai lokasi foto pre-wedding.

Baca: PANTAI INDRAYANTI Surga di Tepi Laut Selatan

Memancing

Berfoto di Bukit Pengilon
Wisatawan berfoto dengan latar Air Terjun Banyu tubo dan area persawahan – Foto: Google Maps/yudha nugraha

Bukit Pengilon juga cocok bagi para penggemari aktivitas memancing. Area kaki bukit juga bisa jadi spot memancing yang menyenangkan. Untuk kemari, wisatawan harus berhati-hati ketika menuruni sisi bukit. Kemiringannya cukup terjal dan bisa berbahaya.

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat di objek wisata ini yaitu area parkir dan jalan setapak dengan pagar pengaman. Warung makanan atau kios dengan tempat peristirahatan tersedia di sini, namun tidak banyak. Warung-warung ini biasanya dilengkapi dengan toilet umum serta musholla sederhana.

Lokasi Bukit Pengilon

Bukit Pengilon berada di Dusun Ngelo, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya bisa dijangkau dari Pantai Siung atau Pantai Wedi Ombo. Kendaraan wajib diparkir di lahan yang tersedia, karena perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini