Beranda Tiket Wisata

PULAU OAR Biaya Terjangkau Beragam Pesona - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pulau Oar : Rp250.000 - Rp500.000Jam Buka: 08.00 WIB - 17.00 WIBNo Telp: -Alamat: Kertajaya, Sumur, Pandeglang, Banten, Indonesia, 42283

Taman Nasional Ujung Kulon mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Kawasan yang sudah jadi warisan dunia ini memiliki beragam pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dari sekian banyak pulau ada satu yang unik dan menarik yaitu Pulau Oar. Berlokasi di sebelah barat TN Ujung Kulon dan tak jauh dari Pulau Umang. Karena yang hanya seluas lapangan sepakbola sering kali disebut dengan Pulau Mini.

Hanya berjarak 20 menit perjalanan dari pelabuhan Sumur, pulau ini tawarkan suasana asri dan alami. Dengan ciri khas pasir putih lembut dan penuh dengan pepohonan rindang. Selain itu deburan ombaknya relatif kecil menjadikan tempat ini cocok untuk berbagai kegiatan air. Kondisi airnya pun masih sangat bersih dan bebas sampah menjadi keunggulan tersendiri.

Harga Tiket Masuk Pulau Oar

Untuk kunjungan ke Pulau Oar berlaku sistem paket. Wisatawan cukup membayar sekali untuk tarif pulang-pergi menggunakan kapal, biaya masuk pulau dan perizinan untuk berkemah. Biayanya pun masih terjangkau. Karena satu perahu bisa menampung hingga 10 orang.

Harga Tiket Masuk
Perahu Pulang-Pergi, biaya masuk, izin berkemahRp500.000
Perahu untuk menyeberang ke pulau saja, biaya masukRp250.000
SnorkelingRp45.000

Baca: PULAU PEUCANG Pandeglang Biaya & Ragam Aktivitas

Jam Buka Pulau Oar

Untuk jam operasionalnya sendiri di Pulau Oar buka dari pagi hingga sore hari. Sebab hanya di waktu tersebut kapal-kapal yang mengantar beroperasi. Ketika malam tidak ada penyeberangan karena tidak ideal dan berbahaya.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 WIB – 17.00 WIB

Pulau Mini Yang Masih Alami

Kawasan pulau yang masih alami yang sangat bersih
Keindahan pantai alami yang masih ditumbuhi banyak pepohonan. Foto: Gmaps/ Aditya Budiman

Membayangkan pulau kecil dan bebas sampah, hal itu ternyata benar-benar bisa ditemui di Pulau Oar. Hanya berukuran kurang lebih sebesar lapangan sepakbola, kawasannya terasa seperti sebuah pulau pribadi. Pasir putih yang lembut berpadu dengan air biru yang jernih merupakan sajian utama. Kemudian di area tengah pulau terdapat area hutan yang masih lebat. Bahkan di dalam hutan masih terdapat hewan liar.

Beberapa satwa yang menghuni hutan Pulau Ora misalnya monyet, kadal-kadal kecil hingga aneka burung. Namun spesiesnya tinggal sedikit sekali karena tsunami yang terjadi di tahun 2018.

Bagi yang mencari ketenangan pulau ini memang tujuan yang cocok. Tempatnya relatif masih sepi dan jarang kunjungan wisatawan. Selain itu bibir pantai yang bebas karang dengan ombak relatif kecil sehingga memudahkan jika ingin beraktivitas di area perairannya. Wisatawan bisa berenang ataupun snorkeling melihat keindahan bawah laut.

Baca: PANTAI ANYER: Tiket, Aktivitas & Wahana

Perjalanan Menuju ke Pulau Oar

Keindahan lautan Pulau Oar
Di sepanjang perjalanan menuju pulau wisatawan akan disuguhi pemandangan laut yang menakjubkan. Foto: Gmaps/Syahriyal Ahmad

Untuk bisa sampai ke Pulau Oar, wisatawan harus menyeberang dengan perahu dari Pelabuhan Sumur. Perahunya masih tradisional yang biasa dipakai nelayan untuk mencari ikan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk sampai ke pulau.

Selama menyeberang pemandangan lautan Banten yang cantik akan menemani perjalanan. Di sepanjang perjalanan akan terlihat gugusan bukit-bukit yang memanjang. Lautan biru yang tenang juga membuat perjalanan terasa menyenangkan.

Baca: PANTAI SAMBOLO Anyer Tiket & Aktivitas

Keindahan Bibir Pantai Pulau Oar

Pulau yang sangat bersih dan cantik
Pasir putih dengan lautan yang bersih menjadi keistimewaan dari pulau ini. Foto: Gmaps/Fidz Distorsi

Sesampainya di Pulau Oar, wisatawan akan langsung terpukau dengan pesona bentang alamnya. Bibir pantai yang landai dengan pasir putihnya seakan menyihir untuk segera turun dari perahu dan bermain-main. Pasinya pantainya sangat halus dan bebas dari bebatuan karang. Airnya pun sangat bersih dan jernih tanpa sampah. Terdapaat banyak batang-batang kayu yang menambah kesan alami dari tempat ini.

Berenang di Air Yang Jernih

Ombak di Pulau Oar ini relatif aman dan tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk beragam aktivitas air. Wisatawan bisa berenang di area tepiannya.

Areanya perairannya bebas karang sehingga aman untuk bergerak bebas di dalam air tanpa khawatir kaki terluka. Airnya yang sangat jernih dan menyegarkan membuat siapa saja tentu betah berenang di pulau ini. Waktu terbaik untuk bermain air adalah ketika pagi atau sore hari.

Snorkeling

Pulau dengan keindahan bawah laut
Dengan snorkeling wisatawan bisa melihat keindahan terumbu karang di bawah laut. Foto: Gmaps/Hirland Maulana

Jika ingin sesuatu yang berbeda, wisatawan bisa mencoba kegiatan snorkeling. Sudah tersedia tempat penyewaan alat-alat snorkeling di sekitar pulau. Bagi yang belum biasa jangan khawatir karena akan mendapat pendamping.

Selama snorkeling wisatawan bisa menikmati keindahan bawah laut yang memukau. Hamparan terumbu karang dengan ikan warna-warni yang memanjakan mata. Tak hanya itu, aneka spesies laut akan mudah ditemui. Mulai dari kuda laut, ubur-ubur, bintang laut dan masih banyak lagi.

Berkemah di Pulau Oar

Karena kawasannya yang masih alami, pulau ini sangat ideal untuk kegiatan berkemah. Wisatawan dapat mendirikan tenda di area tepi pantai di bawah pepohonan. ketika malam hari suasana begitu syahdu. Alam yang tenang berpadu dengan deburan ombak dan gemeresik daun menciptakan momen yang menenangkan. Wisatawan pun bisa membuat api unggun.

Fasilitas Pulau Oar

Sebagai pulau yang masih sangat alami, fasilitas yang ada pun masih sangat minim. Namun sudah ada beberapa fasilitas penunjang yang sangat berguna bagi wisatawan. tersedia toilet dan kamar mandi dan juga gazebo untuk bersantai.

Lokasi Pulau Oar

Secara administratif pulau ini beralamat di Kertajaya, Kec. Sumur, Kabupaten Pandeglang. Tempatnya bersebelahan dengan Pulau Umang yang sudah lebih dikenal. Berjarak sekitar 15-20 menit penyeberang dari Pelabuhan Sumur.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 23

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini