Beranda Tiket Wisata

PANTAI SANGLEN Gunungkidul Tiket & Ragam Aktivitas - Oktober 2020

Pantai Sanglen
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kemadang,Tanjung Sari,Gunung Kidul,DI Yogyakarta,Indonesia,55881.

Tidak salah jika menyebut Gunungkidul sebagai gudangnya pantai. Pantai wisata komersil hingga pantai sepi yang eksklusif bisa ditemui di sini. Tidak cukup satu kali masa berlibur untuk menikmati semua pantai di sini.Bagi yang ingin mencari ketenangan, ada beberapa pantai yang bisa dijadikan alternatif. Salah satunya adalah Pantai Sanglen di Desa Kemudang, Kecamatan Tanjungsari.

Pantai cantik ini dikenal sebagai tempat berkemah yang menyenangkan. Selain berkemah, masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan di sini.

Tiket Masuk Pantai Sanglen

Memasuki kawasan Pantai Sanglen, pengunjung dikenakan tarif tiket masuk dengan harga terjangkau. Bagi yang membawa kendaraan, dikenakan tarif parkir sesuai jenis transportasinya. Wisatawan juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam jika ingin berkemah di sini.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000
Parkir Roda 2Rp3.000 – Rp5.000 per malam
Parkir Roda 4Rp5.000 – Rp10.000 per malam
Camping GroundRp5.000 per orang

Baca: 26 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul

Jam Buka

Tidak perlu khawatir dengan jam operasional jika berkunjung ke pantai. Sebagai destinasi wisata alam, Pantai Sanglen selalu terbuka setiap hari selama 24 jam. Karena masih sepi peminat, pantai ini bahkan tidak terlalu ramai di musim liburan.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Menyepi di Pantai Sanglen

Pantai Sanglen
Panorama Pantai Sanglen dari atas bukit sisi timur – Foto: Google Maps/Dimas Priyantono

Pantai Sanglen tidaklah sulit untuk ditemukan. Pantai ini berada sejajar dengan pantai-pantai populer lainnya di selatan Gunungkidul. Meski diapit oleh Pantai Watu Kodok dan Sepanjang yang selalu ramai, belum banyak wisatawan yang meliriknya.

Ciri khas pantai-pantai di Gunungkidul adalah tersembunyi di balik perbukitan karang. Begitu juga dengan Pantai Sanglen yang berada di kaki bukit dan dibentengi dinding karang. Alih-alih pohon palem atau kelapa, wisatawan justru akan disambut oleh rimbunnya cemara dan pandan.

Keteduhan pepohonan ini menghiasi hamparan pasir putih berkilau di depannya. Lautnya biru dan jernih, ikan-ikan kecil di antara karang pun bisa terlihat. Lokasinya yang sepi justru jadi daya tarik terutama bagi para pelancong pecinta alam. Berwisata kemari akan membuat wisatawan seolah berlibur di pantai pribadi.

Baca: PANTAI POK TUNGGAL Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Relaksasi Pesisir

Selamat datang di Pantai Sanglen
Suasana sepi dan tenang yang menyambut di Pantai Sanglen – Foto: Google Maps/Arga N H

Pamornya sebagai pantai komersil memang kalah dari Watu Kodok atau Sepanjang. Sanglen memiliki lahan yang lebih sempit serta fasilitas yang terbatas. Namun, hal ini justru menarik minat wisatawan dari kalangan tersendiri.

Kegiatan yang bisa dinikmati di Pantai Sanglen di antaranya adalah bersantai dengan tenang. Minimnya pengunjung, terutama di hari biasa, jadi momen yang pas untuk relaksasi. Ketenangan yang dihadirkan deburan ombak adalah hal yang ditawarkan Sanglen. Pasir putihnya lembut, sehingga pengunjung dapat berjalan-jalan dengan nyaman.

Jika tidak mau berlama-lama di bawah terik matahari, segeralah menepi. Sanglen dihiasi barisan pohon pandan serta hutan cemara yang rindang. Pengunjung dapat berteduh sambil tetap menikmati suasana laut yang tenang. Lokasi yang sempurna untuk menghilangkan penat, bukan?

Baca: PANTAI NGRAWE Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Spot Foto Alami

Dinding akrang di bukit barat
Salah satu sisi bukit yang bisa disusuri wisatawan – Foto: Google Maps/Yogi Maryadi

Bagi yang suka berburu foto atau aktivitas fotografi, Sanglen bisa dijadikan alternatif. Pantainya yang bersih dan cantik tentu tidak akan bisa lepas dari jepretan kamera. Siapapun akan suka berfoto dengan latar langit dan laut yang biru.

Di sisi barat dan timur, terdapat bukit karang yang mengapit. Jika ingin melihat panorama yang lebih luas, pengunjung bisa naik ke atas. Meski mengeluarkan sedikit tenaga ekstra, rasa lelah akan terbayar saat sampai di atas. Wisatawan dapat menyaksikan kecantikan Pantai Sanglen ditemani hembusan kencang angin laut.

Tidak berani naik? Atau tidak mau terlalu lelah? Berfoto di kaki bukit pun tidak masalah. Gurat-gurat alami dinding karang bisa jadi latar foto yang tak kalah menarik.

Baca: PANTAI NGOBARAN Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Lokasi Berkemah di Pantai Sanglen

Tenda di pinggir pantai
Pantai Sanglen adalah salah satu lokasi favorit untuk berkemah di pantai – Foto: Google Maps/Rizka Liftia Devi

Pantai Sanglen banyak diminati sebagai tempat berkemah. Hal ini tidak lepas dari suasananya yang cenderung sepi dan tenang. Suasana ini sangat pas untuk mendirikan tenda dan tidur dikelilingi alam.

Untuk berkemah, pengunjung dikenakan biaya per orang yang sangat murah. Sayangnya, belum ada jasa penyewaan perlengkapan berkemah. Namun, fasilitas seperti sumber listrik dan toilet sudah tersedia di sini. Ada juga warung yang buka 24 jam.

Baca: PANTAI INDRAYANTI Surga di Tepi Laut Selatan

Area Memancing

pengunjung sedang memancing di sekitar pantai
Wisatawan bersantai sambil memancing di pesisir pantai – Foto: Google Maps/Arga N H

Rekreasi di laut tidak lepas dari kegiatan memancing. Laut di kawasan pantai ini terkenal sangat jernih dan bersih. Mungkin ini juga karena pengunjungnya tidak terlalu banyak.

Kebersihan lautnya membuat hewan-hewan laut betah di sekitar pantai. Wisatawan dapat membawa alat pancing dan memancing di sini. Ikan-ikan cantik terlihat berenang di antara formasi batu karang.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Berolahraga

Bermain bola di tepi pantai
Lahan pantai yang landai dan sepi membuat Sanglen nyaman sebagai tempat olahraga – Foto: Google Maps/Rizka Liftia Devi

Kegiatan rekreasi lainnya yang bisa dinikmati di Sanglen adalah aktivitas olahraga. Bermain voli pantai, sepak bola, hingga layangan bisa dilakukan dengan leluasa. Jika ingin suasana yang sepi, lebih baik hindari datang ketika musim liburan.

Fasilitas

Pantai indah nan sederhana ini sudah memiliki fasilitas penunjang yang lengkap. Meski jumlahnya tidak banyak, namun tetap bisa membuat wisatawan nyaman. Area parkir, toilet, kamar mandi bilas umum, musholla, serta beberapa warung bisa ditemukan dengan mudah di sini.

Lokasi Pantai Sanglen

Pantai Sanglen adalah pantai ‘tetangga’ dari Pantai Watu Kodok dan Pantai Sepanjang. Lokasinya tepatnya adalah Dusun Kelor, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Waktu tempuh dari Yogyakarta sekitar 2 – 2,5 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Jika berangkat dari Yogyakarta, arahkan kendaraan ke Wonosari. Kemudian, belokkan kendaraan ke Jalan Baron dan lurus hingga Kemadang. Ikuti jalan terus hingga mencapai titik pos retribusi Pantai Sepanjang. Di persimpangan, arahkan kendaraan ke Pantai Watu Kodok. Di pertigaan sebelum Watu Kodok, belok kanan dan ikuti jalan hingga mencapai Sanglen.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini