Puncak Sekawan Harga Tiket Masuk, Menu dan Lokasi Maret 2024

PUNCAK SEKAWAN

  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000 - Rp20.000
  • Jam Buka: 09.00 - 19.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Desa Wisata, Semen, Gandusari, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, 66187

Wisata Puncak Sekawan menawarkan area rekreasi di puncak bukit. Berada di atas ketinggian 711 mdpl, membuat pengunjung dapat menikmati pemandangan yang memanjakan mata.

Sekelilingnya merupakan pemandangan pegunungan yang indah dan panorama hijau. Banyak pula yang menjadikan puncaknya sebagai tempat sempurna untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Kawasan wisata ini merupakan destinasi wisata unggulan masyarakat Desa Semen, Blitar. Pihak pengelolanya pun sudah menyediakan berbagai fasilitas rekreasi, misalnya penyewaan tenda.

Suasana pedesaannya masih terasa asri dan alami. Udara sejuk dan segar seolah menyapa pengunjung dan sangat cocok menjadi tempat healing.

Harga Tiket Masuk Puncak Sekawan

Bila ingin berkunjung ke sini wisatawan perlu membeli tiket masuk sebesar Rp10.000. Selain tiket masuk, pengunjung juga wajib membayar biaya parkir kendaraan. Namun bila ingin camping, maka tarif masuk dan tarif parkirnya berbeda.

Jenis Tiket Harga
Tiket Masuk Wisata Rp10.000
Tiket CampingRp20.000
Parkir Motor / Mobil Reguler Rp5.000 / Rp10.000
Parkir Motor / Mobil CampingRp8.000 / Rp15.000
Harga Tiket Masuk Puncak Sekawan

Baca: BLITAR PARK Tiket Masuk & Wahana Seru

Jam Buka Puncak Sekawan

Pada hari Senin tempat wisata ini akan tutup, terkecuali jika hari besar.

AreaJam Buka
Camping24 Jam
CafeJam Buka
SeninTUTUP
Selasa – Jumat11.00 – 19.00
Sabtu – Minggu 09.00 – 19.00
Jam Buka Puncak Sekawan

Daya Tarik Wisata Puncak Sekawan

Puncak Sekawan
Area wisata dengan latar perbukitan hijau. Foto: google maps/Fachry Letter

Bagi para pecinta wisata alam, puncak sekawan teramat keren untuk diabadikan dalam memori kamera. Menawarkan keindahan panorama alam dengan nuansa pegunungan. Keasrian serta bentang alam eksotis menjadi magnet yang mengundang rasa penasaran wisatawan untuk berkunjung.

Hutan Pinus

Jalan menuju lokasi wisata memang masih agak masuk ke dalam dan sebagian jalan belum beraspal. Akan tetapi pemandangan sepanjang perjalanan sangat menarik.

Karena wisatawan dapat menikmati hutan pinus yang asri dan produktif. Getah pohon pinus di area hutan tersebut masih sering disadap oleh masyarakat setempat.

Jalan yang dikelilingi hijaunya hutan pinus, tidak akan terasa membosankan. Justru pepohonan tersebut memberikan udara yang segar bagi wisatawan. Jejeran pohon pinus yang cenderung tegak lurus terlihat estetis dan bagus untuk spot foto.

Baca: KAMPUNG COKLAT Blitar Tiket & Aktivitas

Panorama Pegunungan

Wisata Puncak Sekawan bertema alam Blitar yang memukau pengunjung. Di sebelah timur ada pemandangan Gunung Gogoniti. Sementara jika melihat ke sebelah timur, akan terlihat pemandangan Gunung Kawi. Bila melihat ke arah barat akan tampak Gunung Kelud yang gagah.

Melihat Sunset

Melihat sunset di Puncak Sekawan
Melihat sunset dari area puncak. Foto: google maps/Aziz Muhaimin

Wisatawan bisa merasakan sensasi menikmati sunset di ketinggian 711 mdpl. Sunset di Desa Semen, Blitar umumnya berlangsung sekitar jam 17.20.

Maka bila ingin menyaksikan panorama matahari yang mulai tenggelam harus datang sebelum jam tersebut. Keindahan matahari terbenam dari puncak bukit ini tidak kalah indahnya dengan sunset di pantai.

Baca: PANTAI SERANG Blitar Tiket & Pesona

Camping Ground

Area Camping Puncak Sekawan
Area Camping di puncak bukit. Foto: google maps/Wisata Puncak Sekawan (Camping Ground dan Cafe Gunung)

Jika ingin berkemah tersedia sewa tenda lengkap dengan matrasnya. Penyewaan tersebut disediakan langsung oleh pihak pengelola Wisata Puncak Sekawan.

Sehingga wisatawan tidak perlu repot mencari rental tenda di luar obyek wisata ini. Harga sewa tenda cukup terjangkau mulai dari Rp25.000 – Rp50.000 tergantung besar tendanya.

Selain tenda tersedia pula matras, kompor, peralatan makan, hammock, lampu, meja, dan kursi. Semua perlengkapan kemah bisa pengunjung sewa dengan tambahan biaya.

Sebagai jaminan dalam penyewaan maka pengunjung wajib memberikan identitas diri berupa KTP atau SIM.

Cafe Dengan Beragam Menu Puncak Sekawan

Wisata kuliner berbagai menu sambil menikmati keindahan bentang alam perbukitan
Wisata kuliner berbagai menu sambil menikmati pemandangan alam perbukitan. Foto: google maps/Arif Usman

Tempat wisata ini tidak memperkenankan pengunjungnya membawa makanan dan minuman dari luar. Alasannya karena pengelola sudah menyediakan cafe dengan berbagai pilihan menu. Jam buka cafe ini mengikuti jam operasional dari tempat wisata.

Sementara untuk menunya tersedia ayam geprek, nasi pecel, mie, bakso, tahu, nugget, dan kentang. Harga makanan pun terjangkau mulai dari Rp10.000 sampai Rp18.000. Sedangkan untuk minumannya ada wedang jahe, teh, kopi, squash, mocktail, dan signature drink. Harga minumannya mulai dari Rp5.000 hingga Rp18.000.

Permainan Anak-Anak

Sebagai tempat rekreasi yang seru, di kawasan ini juga memiliki wahana permainan anak. Sehingga wisatawan yang berekreasi bersama anak-anak, bisa memanfaatkan wahana permainan. Tersedia berbagai wahana permainan misalnya ayunan, jungkat-jungkit, dan permainan jembatan anak-anak.

Tata Tertib di Wisata Puncak Sekawan

Pihak pengelola telah memasang papan himbauan bagi semua pengunjung. Hal utama adalah pengunjung tidak boleh membuang sampah sembarangan.

Dilarang membawa miras, narkoba, datang dalam keadaan mabuk, serta dilarang mengganggu kenyamanan pengunjung lain. Pengunjung juga tidak boleh membawa makanan dan minuman dalam bentuk apa pun dari luar.

Fasilitas

Fasilitas pendukung cukup lengkap yakni area parkir, toilet, wifi, cafe, spot foto. Supaya pengunjung bisa melakukan ibadah, telah tersedia musala. Kemudian bagi yang ingin berkemah, pengelola bisa menyewakan tenda. Ada juga permainan untuk anak dan kursi-kursi taman untuk pengunjung

Akses Jalan Ke Puncak Sewakan

Akses mudah karena sudah terdapat petunjuk jalan untuk menuju ke lokasi wisata. Namun untuk jalurnya beberapa masih berupa bebatuan makadam sehingga harus hati-hati kalau musim hujan. Mobil bisa sampai lokasi meskipun jalannya tidak terlalu luas. Dari lokasi parkir, pengunjung harus menaiki sekitar 225 anak tangga.

Lokasi Puncak Sekawan

Wisata alam pegunungan ini berlokasi di Desa Wisata, Semen, Kec. Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Dari Kota Blitar menuju ke Wisata Puncak Sekawan berjarak 31,6 Kilometer. Bila menempuhnya dengan berkendara akan menghabiskan waktu selama 54 menit.

Berikan Rating

4.5 - 26 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: