Beranda Tiket Wisata

PUNCAK WATU JENGGER Tiket Masuk & Aktivitas September 2022

0
Harga Tiket Masuk Puncak Watu Jengger : Rp11.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Nawangan, Jatirejo, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, 61373

Puncak Watu Jengger merupakan sebuah bukit di Mojokerto yang memiliki ketinggian 1100 Mdpl. Puncak ini memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu ekstrem sehingga cocok bagi para pendaki pemula. Banyak aktivitas alam yang bisa dilakukan selama berada di bukit ini.

Berkunjung ke puncak ini tidak akan mengecewakan. Pasalnya, dari sini tersaji pemandangan Gunung Anjasmoro serta deretan perbukitan hijau yang indah. Di sini, wisatawan bisa melihat keseluruhan pemandangan alam, mulai dari puncak bukit hingga lereng.

Harga Tiket Masuk Puncak Watu Jengger

Puncak Watu Jengger termasuk salah satu tempat pendakian. Untuk dapat berkunjung, wisatawan harus membuat Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi). Simaksi ini sama halnya dengan tiket masuk.

Harga Tiket Masuk Puncak Watu Jengger
Setiap HariRp11.000
Parkir MotorRp5.000 (tidak menginap)
Rp10.000 (menginap)

Baca: GUNUNG PENANGGUNGAN: Tiket & Info Pendakian

Jam Buka Puncak Watu Jengger

Kawasan wisata perbukitan ini buka setiap hari. Biasanya wisatawan mulai datang saat pagi hari atau sore hari jika ingin menginap di puncak.

Jam Buka
Setiap Hari24 jam

Aktivitas Di Puncak Watu Jengger

Puncak Watu Jengger merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Kabupaten Mojokerto. Puncak ini termasuk wisata alam yang wajib dikunjungi, terutama pemula yang ingin merasakan wisata gunung. Wisatawan bisa melakukan banyak hal di tempat ini. Tentunya beragam kegiatan yang berhubungan dengan alam.

Mendaki

Pendakian di Puncak Watu Jengger
Beberapa wisatawan perempuan mendaki menuju Puncak Watu Jengger. Foto: Gmaps/Susanti N.S

Sama halnya wisata gunung, Puncak Watu Jengger adalah salah satu tujuan wisata pendakian. Puncak ini memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu terjal. Bahkan, sangat jarang ditemukan tanjakan. Sehingga sangat cocok bagi pendaki pemula bahkan anak-anak.

Meskipun demikian, perjalanan mendaki menuju puncak dengan ketinggian 1100 mdpl ini cukup melelahkan. Untuk itu, Pendaki harus mempersiapkan peralatan untuk mendaki seperti air minum, peralatan camping jika ingin menginap hingga sandal atau sepatu gunung.

Waktu pendakian yang dibutuhkan hingga sampai ke puncak sekitar 1-2 jam. Namun, semua itu akan terbayar ketika sampai di puncak yang ditandai dengan adanya bendera merah putih dan tulisan ketinggian lokasi. Pendakian tidak disarankan saat siang hari karena akan sangat panas.

Baca: Taman Ghanjaran Tiket Terjangkau Puluhan Wahana Seru

Berkemah

Berkemah di Puncak Watu Jengger
Selain menikmati keindahan pemandangan wisatawan juga bisa mendirikan tenda dan berkemah. Foto: Gmaps/Hanim Permana

Puncak Watu Jengger menyediakan area untuk Camping Ground atau bumi perkemahan. Lokasi berada di Pos 2 dan puncak. Wisatawan bebas memilih lokasi terbaik. Namun harus izin di bagian loket pembelian tiket. Bagi yang ingin berkemah perlu membawa air yang cukup karena di sepanjang jalur hingga ke puncak tidak ada sumber mata air.

Area kemah yang disarankan di berada di pos 2 yang membutuhkan waktu  sekitar 1 jam perjalanan. Lokasi ini berada di area hutan dengan pepohonan yang tinggi yang di tandai dengan tempat duduk dari bambu. Wisatawan bisa  mendirikan tenda untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak.

Area perkemahan di pos 2 ini cukup luas. Bisa untuk mendirikan 5-6 tenda bahkan lebih. Namun, banyak juga pendaki yang berkemah di bagian puncak meskipun area itu sangat terbatas. Area puncak mungkin hanya bisa mendirikan sekitar 2 tenda saja.

Baca: Patung Budha Tidur Raksasa Mojokerto

Menikmati Keindahan Bentang Alam Puncak Bukit

Wisatawan bersantai dengan menggelar tikar di sekitar Puncak sambil menikmati pemandangan. Foto: Gmasp/ Joko Purwanto

Selain berkemah, Wisatawan bisa berkunjung ke Puncak Watu Jengger bersama keluarga atau teman hanya untuk sekadar bersantai. Wisatawan bisa datang di pagi hari, kemudian naik ke puncak untuk bersantai sejenak dan turun saat sore hari. Apalagi udaranya tidak terlalu dingin sehingga lebih nyaman.

Bersantai di sini juga akan mendapatkan bonus pemandangan Gunung Anjasmoro dan deretan perbukitan yang hijau dan rimbun. Bisa dibilang, area sekitar puncak hampir mirip dengan pemandangan Gunung Piramid di Bondowoso yang memiliki punggung bukit dengan jalan setapak untuk pendakian dan jurang di sisi kanan kiri.

Baca: WATERLAND MOJOKERTO Tiket & Wahana

Lokasi Foto Memukau

Berfoto di puncak watu jengger
Wisatawan berfoto di puncak utama Watu Jengger. Foto: Gmaps/ Yatik Hartini

Bagi pecinta fotografi alam sangat cocok berburu foto bentang alam di sini. Selain karena mudah ditempuh sajian pemandangan gunung dan perbukitan juga terlihat sangat cantik. Apalagi ketika kabut tipis menyelimuti panorama sekitar bukit terlihat lebih dramatis.

Saking cantiknya semua area bisa menjadi spot foto, terutama di bagian puncaknya. Bagian puncak dengan bendera merah putih dan papan tulisan ketinggian menjadi spot foto favorit wisatawan. Bahkan, di sepanjang jalan menuju puncak sekalipun. Dengan latar belakang perbukitan yang indah tentunya akan menghasilkan foto yang eksotis dan menarik.

Baca: DUYUNG TRAWAS HILL Tiket & Wahana

Bersepeda di Puncak Gunung

Bersepeda ke Puncak Watu Jengger
Jalur pendakian yang juga bisa dilewati sepeda gunung. Foto: Gmaps/Heru Budhi

Bersepeda di ketinggian sepertinya sangat tidak mungkin. Namun tidak di Puncak Watu Jengger yang bisa menjadi tujuan kegiatan bersepeda. Karena jalurnya yang relatif landai meskipun jalanan tidak rata. Namun tidak sembarang sepeda bisa dipakai. Bersepeda ke puncak ketinggian harus menggunakan sepeda gunung.

Bersepeda naik ke puncak bukit tentunya akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Selain membuat tubuh menjadi sehat, juga akan memanjakan mata dengan keindahan pemandangan bukit yang hijau.

Wisatawan yang ingin bersepeda sebaiknya saat musim kemarau. Hal itu di lakukan untuk keselamatan pengendara. Saat musim hujan, jalur menuju ke puncak akan sangat licin, apalagi banyak batu-batu tajam yang bisa merusak ban sepeda dan berisiko terpeleset.

Alamat

Puncak Watu Jengger terletak di kawasan Hutan Raya Raden Soeryo. Lokasi tepatnya di Desa Nawangan, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61373.

Pendakian untuk sampai ke puncak ada 2 akses yaitu melalui Desa Rejosari dan Desa Nawangan. Namun, akses jalan ke puncak tersebut tidak begitu baik sehingga di sarankan menggunakan motor atau sepeda gunung jika ingin sekalian dengan bersepeda.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 27

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini